23 November 2022

by Glenn Kaonang

Usai Ethereum, Magic Eden Kini Bersiap Integrasikan Polygon

Polygon dipilih karena kemampuannya menarik perhatian banyak perusahaan besar dan proyek-proyek gaming kelas kakap

Sejak diluncurkan pada September tahun lalu, Magic Eden telah menjadi nama yang begitu dominan di ekosistem NFT Solana. Namun per Agustus kemarin, Magic Eden telah resmi berekspansi ke Ethereum, dan itu rupanya bukan blockchain terakhir yang bakal mereka tambahkan ke platformnya. Yang terbaru, Magic Eden baru saja mengumumkan rencana untuk mengintegrasikan blockchain Polygon.

Nama Polygon tentunya sudah tidak asing lagi di telinga para pegiat NFT. Ini merupakan sidechain Ethereum yang sangat populer, terutama berkat kemampuannya menangani transaksi secara cepat dengan gas fee yang relatif kecil. Hal itu membuat Polygon sangat ideal untuk proyek-proyek yang melibatkan aset NFT dalam jumlah masif.

Lewat sebuah posting blog, Magic Eden menjelaskan apa yang menjadi motivasinya memilih Polygon. Sederhananya, pertimbangannya terpusat pada dua faktor: 1) Polygon banyak dipercaya brand besar yang ingin merambah Web3, dan 2) Polygon adalah rumah dari banyak proyek game Web3.

Terkait faktor yang pertama, Polygon memang selama ini kerap menjadi pilihan perusahaan-perusahaan ternama yang melebarkan sayapnya ke dunia Web3. Salah satu contohnya adalah Reddit, yang pada bulan Juli lalu meluncurkan koleksi NFT di Polygon, dan berhasil mendatangkan sekitar 3 juta akun crypto wallet Polygon baru.

Contoh lainnya adalah Starbucks, yang tengah membangun loyalty program berbasis NFT di Polygon. Kemudian ada pula Nike, yang juga memercayakan Polygon untuk platform Web3 besutannya sendiri, .SWOOSH. Bahkan Meta pun baru-baru ini juga mengizinkan pengguna Instagram minting NFT di blockchain Polygon.

Lanjut ke faktor yang kedua, Polygon saat ini memang sudah dipercaya oleh proyek-proyek game Web3 kelas kakap. Bahkan proyek metaverse sekelas The Sandbox dan Decentraland pun juga menggunakan Polygon untuk beberapa aset NFT-nya. Magic Eden percaya tahun depan bakal ada banyak game Web3 berkualitas yang meluncur tahun depan, dan mereka pun siap untuk memfasilitasi ritme perdagangannya yang agresif.

Integrasi Polygon di Magic Eden ini rencananya akan terwujud mendekati akhir 2022 nanti. Bukan cuma itu, Magic Eden juga bakal meluncurkan launchpad khusus Polygon. Magic Eden juga telah menggandeng sejumlah developer untuk merilis NFT lewat platformnya, di antaranya BORA, Intella X, nWay, Shatterpoint, Boomland, Planet Mojo, dan Taunt Battleworld.

Sumber: Decrypt.