15 November 2022

by Glenn Kaonang

Nike Luncurkan Platform NFT-nya Sendiri, .SWOOSH

.SWOOSH akan menjadi rumah bagi semua NFT besutan Nike ke depannya, yang kebanyakan bakal hadir dalam bentuk pakaian virtual untuk dipakai di game Web3

Nike memulai debutnya di ranah Web3 dengan mengakuisi RTFKT, studio di balik koleksi PFP NFT populer CloneX, menjelang akhir tahun 2021 lalu. Belum satu tahun berselang, Nike sekarang sudah punya platform Web3-nya sendiri yang diberi nama .SWOOSH.

Lewat sebuah posting blog, Nike menjabarkan visi dan misi yang hendak dicapainya melalui .SWOOSH. Platform ini bakal menjadi rumah bagi semua kreasi virtual besutan Nike. Menurut Nike sendiri, kreasi-kreasi virtual tersebut umumnya hadir dalam bentuk objek digital yang interaktif (bisa jersey atau sneakers virtual), yang "dapat dipakai sebagai wearable item di dalam video game maupun pengalaman immersive lainnya."

Seiring waktu, .SWOOSH disebut bakal berevolusi menjadi wadah bagi komunitas Nike untuk saling memperdagangkan produk-produk virtual. Bukan cuma itu, Nike bahkan bakal memberi kesempatan pengguna untuk terlibat dalam pembuatan produk virtualnya itu sendiri, yang nantinya bisa mereka nikmati dalam video game. Tentu saja, ada pembagian royalti yang dijanjikan bagi mereka yang tergabung sebagai kreator, khususnya yang berhasil memenangkan sejumlah tantangan.

Selain dapat digunakan di video game, aset-aset NFT yang .SWOOSH hadirkan nantinya juga bisa mendatangkan sejumlah keuntungan fisik bagi pemiliknya, seperti misalnya kesempatan untuk membeli produk Nike edisi khusus, atau sesi ngobrol bersama atlet profesional. Model benefit seperti ini memang bukan sesuatu yang baru di dunia NFT, tapi jika melihat status Nike sebagai salah satu brand fashion terbesar, tentunya ada nilai lebih yang bisa pengguna dapatkan.

CryptoKicks / Nike

Berdasarkan informasi di situs resminya, .SWOOSH saat ini masih dalam fase beta. Nike berencana untuk mempersilakan publik mengakses .SWOOSH secara bertahap mendekati akhir tahun nanti, sebelum peluncuran NFT perdananya yang dijadwalkan berlangsung di bulan Januari 2023, menurut laporan Vogue Business. Pendaftaran penggunanya sendiri kabarnya akan dibuka mulai minggu ini.

Blockchain yang menjadi pilihan adalah Polygon, bukan lagi Ethereum seperti yang digunakan Nike CryptoKicks maupun koleksi NFT lain besutan RTFKT. Kabarnya, NFT sneakers di .SWOOSH akan dijual dengan harga kurang dari $50, berdasarkan laporan Fast Company.

.SWOOSH merupakan inisiatif Web3 orisinal dari Nike dan bukan yang dibantu pengerjaannya oleh RTFKT, seperti dijelaskan oleh perwakilan RTFKT lewat Twitter. Kendati demikian, Nike sendiri sudah punya rencana untuk merilis pakaian virtual buat NFT CloneX besutan RTFKT, yang kemudian dapat dipakai oleh pemiliknya dalam game Web3 maupun platform metaverse yang mendukung.

Sumber: Decrypt.