8 July 2022

by Glenn Kaonang

Reddit Luncurkan NFT, Tidak Perlu Crypto untuk Beli

Dinamai Collectible Avatars, koleksi NFT milik Reddit ini unik karena dapat dikustomisasi seperti fitur avatar tradisionalnya

Satu demi satu platform sosial menceburkan kakinya ke kolam NFT. Setelah Twitter dan Facebook, sekarang giliran Reddit yang menghadirkan integrasi NFT ke platformnya lewat fitur bernama Collectible Avatars.

Dalam sebuah posting blog, Reddit menjelaskan bahwa Collectible Avatars pada dasarnya merupakan kelanjutan dari fitur customizable avatar yang sejatinya sudah eksis sejak 2015. Melihat tren NFT yang sedang naik daun, Reddit pun tergerak untuk mengembangkan fitur avatar ini lebih jauh hingga menjadi aset yang benar-benar sepenuhnya milik pengguna, serta yang dapat memberikan insentif bagi masing-masing kreator di baliknya.

Satu hal yang menarik dari Collectible Avatars adalah, pengguna bebas melakukan kustomisasi lebih lanjut jika mau. Jadi usai membeli suatu NFT Collectible Avatar, pengguna dapat mendandaninya dengan beragam aksesori seperti ketika menciptakan avatar standar menggunakan fitur Avatar Builder. Lalu bagaimana caranya orang lain mengetahui bahwa avatar tersebut sebenarnya merupakan sebuah NFT? Well, ada kilauan spesial yang kelihatan pada foto profil pengguna di kolom komentar.

Reddit memilih Polygon sebagai infrastruktur blockchain dari koleksi NFT Collectible Avatar-nya. Di awal peluncurannya ini, Reddit menggandeng sejumlah artis independen untuk menciptakan lusinan desain Collectible Avatar. Berdasarkan laporan The Verge, Reddit mengambil komisi sebesar 5% dari penjualan setiap Collectible Avatar, dan sisanya akan sepenuhnya masuk ke kantong masing-masing artis.

Setiap varian desain Collectible Avatar akan tersedia dalam banyak kuantitas, jadi tidak perlu heran kalau Anda mendapati ada pengguna lain yang menggunakan Collectible Avatar yang sama persis dengan punya Anda (hanya beda nomor serinya saja). Setiap NFT Collectible Avatar juga bebas diperjual-belikan di secondary marketplace pada platform seperti OpenSea maupun SuperRare.

Poin terakhir yang membuat Collectible Avatars unik adalah, tiap-tiap aset NFT-nya dapat dibeli menggunakan mata uang tradisional, tidak perlu mata uang crypto sama sekali. Semua aset NFT Collectible Avatar akan disimpan di Vault, crypto wallet besutan Reddit sendiri yang kompatibel dengan ekosistem blockchain Ethereum.

Untuk sekarang, NFT Collectible Avatar baru bisa dibeli oleh mereka yang bergabung di subreddit r/CollectibleAvatars. Dalam beberapa minggu ke depan, Reddit akan membuka penjualan Collectible Avatars secara luas, dan pengguna dapat membelinya dengan mengakses menu avatar dari profil masing-masing.