22 June 2022

by Glenn Kaonang

Marketplace NFT Magic Eden Amankan Pendanaan $130 Juta dengan Valuasi $1,6 Miliar

Pendanaan anyar ini semakin memantapkan posisi Magic Eden sebagai marketplace NFT nomor satu untuk blockchain Solana

Magic Eden terus memantapkan posisinya sebagai marketplace NFT paling top untuk blockchain Solana. Baru-baru ini, Magic Eden mengumumkan bahwa mereka telah mengamankan pendanaan Seri B senilai $130 juta dari sejumlah investor kenamaan seperti Electric Capital dan Greylock.

Pendanaan ini menetapkan valuasi perusahaan Magic Eden di angka $1,6 miliar, setara dengan angka yang dicapai OpenSea ($1,5 miliar) ketika menerima pendanaan Seri B setahun yang lalu. OpenSea sendiri telah meningkatkan valuasi bisnisnya menjadi $13,3 miliar pasca pendanaan Seri C yang diterimanya pada Januari 2022.

OpenSea boleh merajai pasar NFT di blockchain Ethereum, namun Magic Eden adalah marketplace nomor satu untuk NFT yang di-mint di blockchain Solana. Berdasarkan data dari Magic Eden sendiri, platformnya menerima rata-rata 22 juta sesi unik setiap bulannya, dengan lebih dari 40.000 NFT yang diperdagangkan setiap harinya.

Selain kuat dalam hal primary market, Magic Eden juga menjadi salah satu pilihan utama komunitas secondary marketNFT Solana. Sejauh ini tercatat ada lebih dari 7.000 koleksi NFT yang terdaftar di secondary market Magic Eden, dengan jumlah transaksi setara dengan 92% dari total volume NFT di Solana. Mei lalu, jumlah transaksi dan volume perdagangan NFT di Magic Eden malah sempat melampaui OpenSea, seperti dilaporkan oleh CoinDesk.

Spesifik untuk ranah gaming, Magic Eden juga telah membantu meluncurkan lebih dari 50 game dan proyek metaverse, dengan 90% dari seluruh volume perdagangan gaming NFT di Solana berlangsung di Magic Eden.

Dalam siaran persnya, Magic Eden mengatakan bahwa dana segar ini akan mereka gunakan untuk ekspansi primary dan secondary market, sekaligus untuk mengeksplorasi wacana multi-chain. Timing pendanaannya mungkin agak kurang sesuai jika melihat lesunya pasar crypto dan NFT secara umum, akan tetapi Magic Eden percaya ini merupakan rencana jangka panjang bagi mereka.

Sumber: CoinDesk.