1 September 2022

by Galih

Bentuk Konsol Genggam Logitech x Tencent Bocor di Internet

Akankah konsol ini menjadi pesaing baru di pasar konsol genggam?

Di awal bulan Agustus lalu, divisi gaming Logitech G mengumumkan secara resmi bahwa mereka bekerja sama dengan Tencent. Kerja sama dua perusahaan ini bertujuan untuk mengembangkan konsol genggam atau handheld untuk bermain game berbasis cloud.

Meskipun kolaborasi kedua perusahaan tersebut baru saja diumumkan, namun bocoran tentang tampilan handheld Logitech sudah bocor ke dunia maya. Bocoran tersebut datang dari salah satu leaker teknologi terpercaya,

">Evan Blass.

Melalui cuitannya, Evan membagikan tiga buah foto dengan caption "Logitech G Gaming Handled". Tidak bertahan lama, foto tersebut langsung dihapus oleh pihak Twitter. Namun cuitan aslinya masih tetap ada hingga sekarang.

Penghapusan foto-foto tersebut membuat banyak orang berspekulasi bahwa foto yang menyebar tersebut adalah tampilan asli dari konsol genggam baru Logitech yang harusnya masih jadi rahasia. Untungnya, situs 9to5google berhasil mengamankan foto-foto tersebut.

Secara desain, konsol Logitech G Gaming Handled ini memiliki bentuk yang sangat mirip dengan konsol genggam lain seperti Nintendo Switch atau Steam Deck. Bodinya memiliki warna putih dengan aksen hijau terang.

Image Credit: Evan Blass

Tata letak tombol pada konsol ini sangat mirip dengan yang ada pada Nintendo Switch. Dengan analog kiri berada di atas, sedangkan analog kanan berada di bawah deretan tombol. Konsol ini juga memiliki empat tombol trigger di bagian atasnya.

Berbeda dengan Nintendo Switch, bagian bawah dari konsol Logitech ini dibuat sedikit melebar dan membulat yang membuatnya lebih nyaman digenggam. Sedangkan di bagian bawahnya tampil bersih dengan logo embos dari Logitech G.

Dari foto bocoran yang ada juga terlihat bahwa tampilan antarmuka dari konsol Logitech G Gaming Handled ini mirip dengan Nintendo Switch dengan berbagai aplikasi yang berderet ke samping.

Image Credit: Evan Blass

Yang menarik adalah konsol ini mengusung berbagai aplikasi mulai dari Google Play, Xbox, Steam, hingga Nvidia (kemungkinan aplikasi GeForce Now). Namun kehadiran Google Play di pilihan pertama menaikkan spekulasi bahwa konsol ini akan menggunakan sistem operasi berbasis Android.

Spekulasi tersebut sebenarnya diperkuat oleh bocoran spesifikasinya yang menyebutkan bahwa Logitech G Gaming Handled ini memiliki kode nama GR0006. Konsol ini akan ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 720G (SM7125) dan berjalan menggunakan sistem operasi Android 11.

Mengingat bahwa konsol genggam ini memang berfokus pada cloud gaming, maka kemungkinan Logitech G Gaming Handled memang tidak memerlukan prosesor tertinggi. Apalagi dari tampilan antar mukanya terlihat adanya aplikasi GeForce Now dan juga Xbox Cloud Gaming.

Karena masih sebatas bocoran, tentunya kita harus menanti informasi resmi, apakah tampilan yang jadi rumor hangat ini memang seperti aslinya atau hanya render. Simak terus info tentang handheld Logitech di Hybrid.co.id.