23 September 2022

by Lukman Azis

Gimbal Smartphone Baru DJI Osmo Mobile 6 Punya Roda Kontrol Baru Untuk Zoom Dan Manual Fokus

Berkat roda kontrol baru di gimbal smartphone DJI Osmo Mobile 6, bikin konten bisa lebih kreatif dan bervariatif

Saat ini ada banyak para content creator yang mengandalkan kamera smartphone dan gimbal mobile dalam pembuatan konten. Kemampuan perekaman video di smartphone memang telah meningkat signifikan dan bentuk gimbal smartphone semakin ringkas.

Salah satu seri gimbal smartphone paling populer adalah Osmo Mobile dari DJI yang baru saja diperbarui ke generasi keenam lewat Osmo Mobile 6 (OM 6). Dibanding pendahulunya, DJI OM 6 menawarkan peningkatan ergonomi, kompabilitas dengan smartphone yang lebih besar, dilengkapi roda kontrol, quick launch, dan ActiveTrack 5.0.

Dari segi bentuk, desain DJI OM 6 ini mirip sepertinya pendahulunya, tetapi pegangannya dibuat lebih ergonomis. Ia dilengkapi penjepit yang lebih besar, yang memungkinnya menampung smartphone dengan layar lebih besar.

DJI Osmo Mobile 6 masih memiliki extension rod bawaan yang bisa ditarik memanjang seperti tongsis. Namun yang paling menarik adalah keberadaan roda kontrol (wheel) baru di samping kiri yang dapat digunakan untuk mengontrol zoom atau fokus dengan memutarnya.

Untuk beralih antara zoom dan manual fokus, cukup tekan tombol tersebut. Fitur ini sangat membantu dalam produksi konten yang lebih kreatif dan juga variatif. DJI juga telah menambakan fitur pelacakan subjek ActiveTrack 5.0 untuk mengunci titik fokus pada subjek. Memastikan bahwa subjek berada di dalam frame meski bergerak kesana kemari.

Ada juga quick launch baru, fitur ini tersedia untuk iPhone yang secara otomatis akan membuka aplikasi Mimo dan memusatkan kamera saat iPhone terpasang ke OM 6. DJI mengklaim bahwa mode ini tiga kali lebih cepat daripada mengatur semuanya secara manual.

Panel status baru dan tombol mode terintegrasi memungkinkan pengguna dengan cepat memeriksa level baterai OM 6 dan menampilkan mode yang aktif. Klik tombol M untuk berpindah dengan cepat ke empat mode seperti follow, tilt lock, FPV, dan SpinShot.

Mode pemotretan tambahan lainnya termasuk timelapse, DynamicZoom, gesture control, panorama, dan story mode. Harga gimbal smartphone terbaru DJI Osmo Mobile 6 ini adalah US$159 atau sekitar Rp2,3 jutaan termasuk gimbalnya, penjepit magnet, tripod, kabel daya, dan kantong penyimpanan.

Sumber: DPreview