20 February 2022

by Galih

Jumlah Pemain Harian Roblox Ternyata Lampaui Jumlah Penduduk Kanada

Jumlah pemain harian Roblox juga kalahkan game-game online populer lainnya.

Eksistensi Roblox mungkin tidak terlalu dipedulikan oleh banyak gamer yang sudah sibuk dengan game-game pilihannya masing-masing. Namun ternyata bagi anak-anak yang berada di rentang umur 9 hingga 12 tahun Roblox merupakan game penting bagi mereka.

Bagaimana tidak, dalam laporan fiskal tahun 2021 yang baru dipublikasikan, Roblox menunjukkan bahwa selama tahun lalu mereka berhasil meningkatkan pendapatan hingga 108% menjadi $1,9 miliar atau sekitar Rp 2,7 triliun.

Tidak hanya itu, Roblox Corporation bahkan berani menyombongkan dirinya lewat jumlah pengguna harian yang berhasil menembus 45,5 juta pengguna setiap harinya. Angka tersebut menunjukkan peningkatan sebanyak 40% dari tahun sebelumnya.

Image Credit: Roblox Corporation

Sebagai perbandingan, mayoritas game-game lain melaporkan jumlah pemain mereka dalam rentang waktu bulanan atau bahkan tahunan. Minecraft melaporkan bahwa mereka memiliki 140 juta pengguna bulanan. Sedangkan Fortnite hanya mampu mencapai 10-15 juta pemain bulanan ketika ada event besar di dalam game-nya.

Bahkan jumlah pemain bulanan yang aktif di platform Steam secara keseluruhan hanya mencapai angka sekitar 120 juta pemain. Yang bila dibagi ke dalam jumlah pemain per hari, maka Steam hanya memiliki sekitar 4 juta pemain saja.

Namun, rekor dari Roblox tidak berhenti sampai di situ saja. Karena pada bulan Januari 2022 lalu, mereka berhasil menembus jumlah pemain aktif harian hingga 54,7 juta pemain. Yang bila dibandingkan dengan jumlah populasi suatu negara, maka angka tersebut lebih besar daripada populasi Kanda, Spanyol, Australia, dan Kolombia.

Image Credit: Roblox

Puluhan juta pengguna harian tersebut disebut telah menghabiskan 41,4 miliar jam di dalam platform Roblox, yang meningkat sebanyak 35% dari tahun sebelumnya. Membuat Roblox mendapatkan pendapatan rata-rata per pemain $59,85 atau sekitar Rp 858.934 setiap harinya.

Meskipun memiliki jumlah pemain yang sangat masif dengan pendapatan yang tidak kalah menakjubkan, Roblox Corporation tidak menunjukkan tanda-tanda berhenti di tahun 2022 ini. Malah mereka menyebut akan semakin berfokus untuk mengembangkan teknologi untuk Roblox.

"Bila kami melihat ke masa depan, kami akan terus mengembangkan teknologi kami untuk memungkinkan berbagai bentuk komunikasi, pengalaman imersif, dan juga ekspresi yang lebih dalam di platform kami." ujar Sang CEO David Baszucki.