Gaming News
for SEO
Gaming News

Konten Video Minecraft Tembus 1 Triliun View di YouTube

16 December 2021Glenn Kaonang

Menariknya, video-video Minecraft yang viral di YouTube tidak selamanya harus diambil dari permainan Minecraft itu sendiri

Apa game yang paling populer di YouTube? Grand Theft Auto? Fortnite? Roblox? Jawaban yang benar adalah Minecraft. YouTube baru saja mengumumkan bahwa, sejak pertama kali konten video Minecraft muncul di platformnya pada tahun 2009, kalau ditotal semuanya sudah ditonton sebanyak 1 triliun kali. Ya, selama sekitar 12 tahun, Minecraft rupanya telah menyumbang 1.000.000.000.000 view buat YouTube.

Dengan sekitar 140 juta pemain, Minecraft sendiri sebenarnya sudah tergolong sebagai salah satu game terpopuler sejagat. Di YouTube, ada lebih dari 35.000 channel yang tersebar di 150 negara yang aktif membuat konten video Minecraft.

“Alasan mengapa Minecraft bisa begitu sukses di YouTube adalah karena video YouTube merupakan sebuah medium untuk bercerita,” ucap Lydia Winters, Chief Storyteller Mojang Studios seperti dikutip oleh The Verge. “Jadi ketika Anda punya Minecraft, dan Anda bisa menceritakan apapun yang Anda mau di dunia Minecraft, ini menjadi alasan besar mengapa ada banyak sekali orang yang membuat konten Minecraft,” imbuhnya.

Minecraft memang sangat mengedepankan aspek kreasi, dan YouTube sendiri merupakan tempat berlabuhnya kreator dari seluruh dunia. Keduanya seperti diciptakan untuk saling melengkapi satu sama lain. Di ajang The Game Awards 2021 baru-baru ini, sosok yang memenangkan gelar Content Creator of the Year adalah Dream, yang channel-nya dipenuhi video-video Minecraft.

Menariknya, video-video Minecraft yang viral tidak selalu menampilkan gameplay dari permainan Minecraft itu sendiri. Tidak sedikit video Minecraft populer yang sebenarnya merupakan animasi komputer (CGI), tapi yang art style-nya sengaja dibuat menyerupai estetika kotak-kotak Minecraft. Contohnya seperti koleksi 100 video pendek “Minecraft RTX” yang dibuat oleh kreator Jake Fellman.

Tren konten video Minecraft di YouTube terus berkembang setiap tahunnya. Di tahun 2010 misalnya, konten-konten yang populer kebanyakan adalah tutorial cara bermain Minecraft. Namun seiring waktu, berbagai ‘genre’ video Minecraft mulai bermunculan, termasuk salah satunya genre animasi itu tadi.

Buat yang masih ingin tahu lebih jauh lagi, silakan kunjungi minisite YouTube yang menjabarkan sejarah Minecraft di YouTube secara merinci. Di situ, Anda juga bisa melihat berapa banyak view yang Anda sumbang dari total 1 triliun view itu tadi.

Sumber: CNET dan The Verge.

Play video

28 May 2022

Platform Game Streaming di Indonesia: Mereka yang Gagal Menjual Mimpi

Kenapa banyak platform game streaming di Indonesia itu tutup? Mungkin, ini jawabannya. Untuk penjelasan versi lengkapnya, ...

Others from #HybridTV