14 June 2023

by Daniel Hamiaz

Starfield Direct Unjuk Gameplay Lengkap di Semesta Starfield

Pemain akan dibebaskan menjelajahi lebih dari 1.000 planet, serta kustomisasi karakter hingga pesawat luar angkasa yang digunakan

Salah satu game eksklusif Xbox yaitu Starfield, kembali memamerkan gameplay-nya secara lebih lengkap dan mendetail. Presentasinya dibawakan langsung oleh Todd Howard selaku Game Director.

Starfield merupakan IP terbaru yang dihasilkan Bethesda dalam 25 tahun terakhir, sehingga dengan waktu pengembangan selama lebih dari dua dekade tersebut, ekspektasi pemain terhadap game ini sangatlah tinggi.

Starfield merupakan sebuah RPG yang bertemakan penjelajahan luar angkasa. Pemain diceritakan tergabung menjadi salah seorang anggota dari Constellation, sebuah kelompok penjelajah luar angkasa terakhir yang mencari artefak langka dari seluruh penjuru galaksi. Tujuan dari pencarian artefak ini masih menjadi misteri dan akan pemain pecahkan saat menjalani cerita.

Setiap anggota dari Constellation nantinya bisa diajak menjadi awak kapal pemain atau untuk membuka misi unik yang membutuhkan keahlian dari anggota tersebut.

Dalam presentasinya, Bethesda ingin menekankan kebebasan yang diberikan kepada pemain dalam berkreasi, mulai dari penampilan karakter, hingga kemampuan dari pesawat luar angkasa yang akan digunakan. Bethesda bahkan sampai melakukan pemindaian wajah manusia asli dari berbagai kelompok usia dan etnis untuk memastikan karakter yang terbentuk nantinya bisa tampak serealistis mungkin.

Tak hanya penampilan, pemain juga bisa menentukan kemampuan dan latar belakang dari karakter mereka, misalnya saja sebagai seorang juru masak atau teknisi. Kemampuan unik ini nantinya akan berpengaruh terhadap alur cerita yang akan dijalankan.

Dalam proses pembuatan Starfield, developer terus mengejar sisi realistis di dalam game mereka. Untuk mencapainya, pengembang mendesain setiap planet yang unik dan berbeda dari satu dengan yang lainnya. Berbagai faktor alami  seperti gravitasi, atmosfer, hingga pencahayaan yang akan menyesuaikan letak orbit planet tersebut dari matahari benar-benar diperhatikan secara detail. Sebelumnya, Bethesda memang sudah menjanjikan akan terdapat lebih dari seribu planet yang bisa dijelajahi oleh pemain.

Karena bertemakan luar angkasa, Bethesda juga telah memoles pengalaman perjalanan dan pertempuran luar angkasa. Misalnya ketika dalam perjalanan menuju ke sebuah planet, pemain bisa saja mendapatkan konflik secara tiba-tiba. Dalam sistem pertempurannya, Bethesda meracik sebuah pertempuran yang kompleks, dan tidak terpaku hanya dengan tembak-menembak saja.

Misalnya saja, pemain harus menyeimbangkan segi penyerangan dan pertahanan untuk bisa memenangkan pertempuran. Pemain mungkin harus berpindah-pindah kabin atau mengatur awak kapal untuk mengoperasikan persenjataan dan pertahanan pesawat. Dan ketika pemain berhasil mengalahkan pesawat tempur lawan, pemain bisa menjarah pesawat tersebut untuk memperkuat pesawat pemain.

Maka dari itu, kemampuan pesawat terbang akan menjadi aspek penting sebagai jaminan keselamatan dan kemudahan dalam perjalanan luar angkasa di dalam game Starfield.

Mengingat game ini sudah beberapa kali ditunda, Starfield harus bisa memuaskan basis pemainnya. Dalam pernyataan terakhir Bethesda, Starfield dijanjikan akan dirilis pada tahun ini, tepatnya pada 6 September 2023.