Dark
Light

Bing Chat Kini Bisa Bercakap-cakap Secara Lisan di Perangkat Desktop

1 min read
June 13, 2023
Bing Chat versi desktop kini dilengkapi dukungan voice chat

Microsoft terus memperbarui AI Bing Chat sebagai upaya untuk mendongkrak popularitas mesin pencarinya. Yang terbaru, Microsoft menghadirkan dukungan voice chat pada AI Bing via perangkat desktop.

Seperti diberitakan The Verge, cara kerja fitur voice chat ini sama persis seperti yang ada di perangkat mobile. Jadi ketika mengakses Bing Chat via browser Microsoft Edge, pengguna bisa mengklik tombol mikrofon dan langsung berbicara. Selain bahasa Inggris, Bing Chat sejauh ini sudah bisa memahami bahasa Jerman, Prancis, Jepang, dan Mandarin. Dukungan atas bahasa lain disebut akan menyusul ke depannya.

Di samping memahami percakapan lisan pengguna, Bing Chat pun juga dapat memberikan respons secara lisan. Dalam pengumumannya, Microsoft bahkan cukup percaya diri dengan kemampuan Bing Chat dan menantang pengguna untuk menanyainya tentang tongue twister.

“Menggunakan input suara, tanyakan pada Bing Chat, “Apa tongue twister tersulit yang kamu ketahui?'”

via GIPHY

Kehadiran dukungan voice chat pada AI Bing di perangkat desktop ini sejalan dengan rencana Microsoft untuk memensiunkan Cortana. Sebelumnya, Windows Central sempat melaporkan bahwa mulai akhir 2023 nanti, Microsoft akan berhenti memberi dukungan terhadap Cortana di Windows 10 dan Windows 11.

Keputusan untuk membebastugaskan Cortana itu sangat masuk akal mengingat Microsoft sudah menyiapkan penggantinya yang lebih kapabel, yaitu Windows Copilot yang berotakkan GPT-4. Dalam beberapa bulan ke depan, Windows Copilot ini akan menjadi asisten AI default pada sistem operasi Windows 11, menggantikan aplikasi Cortana sepenuhnya.

Pengguna perangkat Windows 10 sejatinya tidak perlu berkecil hati, sebab dengan adanya dukungan voice chat pada AI Bing sekarang, mereka sejatinya bisa mendapatkan pengalaman yang hampir sama. Bedanya, kalau Windows Copilot terintegrasi langsung pada sistem dan bisa dipanggil selagi membuka aplikasi apa pun, Bing Chat harus diakses via Microsoft Edge. Secara fungsi, itu berarti Bing Chat juga bakal lebih terbatas karena tidak bisa mengutak-atik sistem secara langsung.

Selebihnya, Bing Chat masih merupakan salah satu opsi chatbot AI yang sangat kapabel. Tak hanya untuk menjawab pertanyaan maupun membuat karya-karya berbasis teks, Bing Chat juga dilengkapi fitur image generator bawaan yang sangat mudah untuk digunakan.

Meta generative AI
Previous Story

Meta Siap Integrasikan Generative AI ke WhatsApp, Messenger, dan Instagram

Starfield Direct
Next Story

Starfield Direct Unjuk Gameplay Lengkap di Semesta Starfield

Latest from Blog

Don't Miss

92% Pekerja di Indonesia Sudah Menggunakan GenAI dan Temuan Lain dari Work Trend Index 2024

Microsoft dan LinkedIn merilis laporan Work Trend Index 2024. Di

Western Digital Luncurkan Siklus Data AI: Optimalisasi Penyimpanan untuk Inovasi AI Masa Depan

Western Digital (NASDAQ: WDC) meluncurkan inovasi terbaru mereka, Siklus Data