Guide
for SEO
Guide

Guide Ling Mobile Legends 2022, Hero Jungler yang Laris di MPL

1 May 2022Hans Thio

“One’s sword reflects one’s thought.” - Ling

Ling memang menjadi hero paling laris di MPL. Namun bagaimana memaksimalkannya? Kita akan bahas lengkap di guide Ling Mobile Legends 2022 kali ini.

Sebagai assassin yang dapat menyaingi kelincahan Fanny, Ling termasuk hero META karena mobilitas dan damage-nya yang tinggi di mid game sampai late game. Karena hal tersebut, Ling menjadi salah satu pick prioritas di MPL. Ling adalah hero yang sulit untuk dikuasai karena skill set-nya yang membutuhkan akurasi serta kecepatan yang tinggi.

Untuk menguasai hero Ling di 2022, Anda harus memahami skill dan item yang dapat meningkatkan efektivitas skill Ling. Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara untuk mengatasi beberapa kelemahan maupun counter hero Ling. Di guide Ling Mobile Legends 2022, kita akan membahas semua hal tersebut.

Guide Ling Mobile Legends 2022

Penjelasan Skill Ling

Tidak menggunakan mana sebagai skill cost-nya, Ling menjadi satu-satunya hero yang memiliki Lightness Point. Ling memiliki satu skill pasif dan tiga skill aktif. Berikut penjelasan semua skill yang dimiliki Ling.

Pasif: Cloud Walker

Cloud Walker merupakan skill pasif Ling yang membuatnya memperoleh empat Lightness Point tambahan setiap detik ketika dia berada di atas dinding dan lima Lightness Point tambahan setiap kali dia memberikan damage. Skill pasif ini juga meningkatkan critical chance sebanyak dua kali dari semua sumber seperti item dan emblem. Sebagai gantinya, Ling hanya memiliki 140% critical damage.

Skill 1: Finch Poise

Finch Poise adalah skill yang membuat Ling dapat mengelilingi map dengan mudah. Skill ini membuat Ling melompat ke atas dinding yang ditentukan. Ketika berada di atas dinding, Ling akan mendapatkan Lightness Point dengan lebih cepat dan memperoleh 30% movement speed tambahan. Namun, skill ini memiliki cooldown yang lama.

Finch Poise bisa digunakan untuk mengejar lawan, melarikan diri, mempercepat rotasi, gank, ataupun split push.

Skill 2: Defiant Sword

Merupakan damage utama dari hero Ling, Defiant Sword adalah skill yang membuat Ling lincah di teamfight. Skill ini membuat Ling melakukan dash ke arah yang ditentukan dan memberikan physical damage kepada lawan di sekitarnya. Defiant Sword juga dapat memulihkan sedikit HP Ling ketika serangannya mengenai target.

Ketika Ling berada di dinding, Defiant Sword akan melakukan dash ke lokasi target di tanah, memberikan physical damage, dan efek CC Slow sebesar 30% kepada lawan di area tersebut. Jika serangan ini menjadi critical damage, lawan akan terkena efek CC Slow sebesar 45% tambahan selama 0.75 detik.

Perlu diingat, Defiant Sword dianggap sebagai basic attack. Karena itu, skill ini dapat mengaktifkan pasif unik dari beberapa item yang memerlukan basic attack.

Ultimate: Tempest of Blades

Ling melompat ke udara, menjadi invincible dan memperoleh 10% movement speed tambahan selama 1.5 detik. Saat Ling invincible, lawan tidak bisa mengenai Ling dengan basic attack ataupun skill-nya. Setelah itu, Ling akan mendarat di tanah, memberikan physical damage kepada lawan di area, menyebabkan efek CC Airborne kepada lawan yang berada di tengah selama satu detik, dan` mengeluarkan Sword Field selama delapan detik. Empat pedang akan muncul di tepi Sword Field. Ling dapat mengambil pedang tersebut untuk mengurangi cooldown dari Finch Poise sebesar empat detik, mereset cooldown dari Defiant Sword, dan memperoleh 25 Lightness Point.

Prioritas Level Skill: Tempest of Blades-> Defiant Sword-> Finch Poise

Untuk penjelasan skill Ling yang lebih detail, Anda bisa menemukannya di game atau laman resmi MLBB.

Combo Skill Ling

Image Credit: Moonton

Tempest of Blades->Defiant Sword ->Finch Poise

Sebelum memulai combo, Ling harus mendekati lawan yang ingin diserang. Ling dapat menggunakan Finch Poise atau Defiant Sword untuk memperdekat jarak sekaligus memberikan damage terhadap lawan.

Kemudian, Ling dapat menggunakan Tempest of Blades untuk memberikan efek CC kepada lawan dan melancarkan combo dengan Sword Field. Berkat empat pedang yang muncul di tepi Sword Field, Ling dapat menggunakan Defiant Sword sebanyak lima kali tanpa cooldown dan memberikan burst damage yang besar kepada lawan. Pergerakan Ling yang cepat juga membuat lawan susah untuk menghindar dari serangan tersebut.

Setelah combo berakhir, Ling dapat melarikan diri dengan Finch Poise yang cooldown-nya dikurangi empat pedang tersebut.

Combo ini adalah combo dasar yang dipelajari pengguna Ling pemula. Jika sudah menguasai hero Ling, Anda dapat mengubah urutan skill combo ini dan menggunakan combo yang berbeda sesuai situasi.

Emblem Ling

Jungle Emblem – Mage Killer

Mage Killer menjadi talent emblem yang wajib untuk mendapatkan objektif seperti Lord dan Turtle. Sebagai jungler, Ling akan memiliki damageRetribution yang lebih tinggi saat memakai talent ini. Selain itu, atribut dari emblem jungle juga memiliki attack speed tambahan dan damage ekstra terhadap creep untuk menambah kecepatan farming Ling. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan emblem assassin, emblem jungle memiliki damage yang rendah terhadap hero lawan.

Assassin Emblem – Killing Spree

Jika Anda lebih memilih playstyle yang berfokus kepada kill dan teamfight, emblem assassin serta talent Killing Spree merupakan pilihan yang optimal. Dengan atribut physical PEN yang tidak dimiliki emblem jungle, Ling dapat memberikan damage yang lebih tinggi kepada lawan.

Build Item Ling

Image Credit: Moonton

Ling mempunyai skill pasif yang dapat meningkatkan critical chance. Oleh karena itu, Ling akan mencapai damage yang maksimal saat memakai item yang memiliki atribut critical chance dan critical damage. Ling juga bisa menggunakan item yang menambah attack speed untuk meningkatkan DPS-nya. Berikut beberapa item yang cocok untuk Ling di META sekarang.

1. Warrior Boots/Tough Boots

Karena atribut defense-nya yang rendah, Ling harus menggunakan sepatu yang memiliki atribut defense. Beberapa hero META seperti Hilda, Masha, Selena, dan Grock mempunyai damage yang tinggi di early game. Salah satu cara untuk memperkecil damage tersebut adalah Warrior Boots dan Tough Boots. Warrior Boots memiliki physical defense, sedangkan Tough Boots mempunyai magic defense.

Untuk Jungle Blessing Equipment, Anda dapat memilih IceFlame, atau Bloody Retribution sesuai playstyle.

2. Windtalker

Windtalker dapat menambah movement speed, critical chance, dan juga attack speed. Item ini berfungsi untuk meningkatkan mobilitas, DPS, serta kecepatan farming Ling. Karena itu, Windtalker cocok untuk menjadi item pertama untuk Ling.

3. Berserker Fury

Berserker Fury merupakan satu-satunya item yang memiliki atribut critical damage. Item ini dapat menambah 40% critical damage, 25% critical chance, dan 65 physical attack. Dengan Berserker Fury, Ling dapat meningkatkan critical damage-nya menjadi 180%.

4. Endless Battle/Demon Hunter Sword

Karena skill Defiant Sword dianggap sebagai basic attack, Ling dapat menggunakan itemEndless Battle untuk memperkuat burst damage-nya. Endless Battle memiliki pasif unik yang memberikan efek tambahan kepada basic attack. Berikut penjelasan pasif unik tersebut.

Dalam waktu tiga detik setelah menggunakan skill, basic attack berikutnya akan memberikan true damage tambahan sebesar 60% dari physical attack. Pasif unik ini memiliki cooldown sebesar 1.5 detik. Ketika pasif unik ini aktif, movement speed hero akan meningkat sebesar 10%.

Item ini juga memiliki banyak atribut lain seperti 10% physical lifesteal, 10% cooldown reduction, 5% movement speed, dan 250 HP tambahan. Karena itu, Endless Battle menjadi item yang memiliki banyak fungsi dan cocok digunakan Ling.

Jika tim lawan memiliki banyak hero tank yang mempunyai HP tinggi, Ling dapat menggunakan Demon Hunter Sword untuk menggantikan Endless Battle. Dengan attack speed tambahan dan pasif unik Demon Hunter Sword, Ling akan mempunyai DPS yang lebih tinggi.

5. Malefic Roar

Malefic Roar merupakan satu-satunya item yang ampuh untuk menembus physical defense.Item ini wajib dibeli jika lawan mempunyai physical defense yang tinggi. Malefic Roar memiliki 35% physical PEN serta pasif unik yang dapat meningkatkan physical PEN berdasarkan physical defense lawan.

6. Immortality/Thunder Belt

Setelah mendapatkan semua item damage yang dibutuhkan, Ling dapat membeli sebuah item defense. Ling dapat menggunakan Immortality atau Thunder Belt. Kedua item ini memiliki tambahan HP, physical defense, serta pasif unik yang cocok untuk Ling.

Kelebihan dan Kekurangan Ling

Image Credit: Moonton

Skill Set yang Memiliki Mobilitas Tinggi

Ling mempunyai banyak skill blink seperti Finch Poise dan Defiant Sword. Karena skill-skill tersebut, Ling dapat melakukan rotasi, gank, ataupun menghabisi creep jungle dengan cepat. Tidak hanya itu, skill ultimate-nya, Tempest of Blades dapat mengurangi cooldown dari Finch Poise dan Defiant Sword.

Akan tetapi, karena atribut defense dan HP-nya yang rendah, Ling dapat di-counter oleh hero yang memiliki burst damage tinggi dan efek CC seperti Eudora, Kagura, dan Kadita. Namun, hal ini dapat di-counter Ling dengan timing penggunaan skill yang pas. Saat Ling menggunakan Tempest of Blades, ia dapat menghindari semua serangan. Ling dapat memanfaatkan itu untuk menghindari burst damage ataupun efek CC yang mematikan.

Terlalu Bergantung pada Buff Biru

Ling merupakan salah satu hero yang memiliki penggunaan energy yang boros. Tanpa buff biru, Ling akan kesusahan untuk memakai skill-nya dengan efektif. Bagi yang belum tahu, buff biru yang didapat dari Thunder Fenrir memiliki efek pengurangan cooldown, mana, dan energy cost. Tentu saja, efek ini juga berpengaruh terhadap Ling karena LIghtness Point-nya dianggap sebagai energy.

Penutup

Itulah tadi guide Ling Mobile Legends 2022. Seperti assassin pada umumnya, untuk menguasai Ling, Anda membutuhkan kecepatan tangan serta pengertian skill yang tinggi. Jika Anda tertarik untuk mempelari hero assassin lain, kami juga memiliki guide hero Fanny dan Selena.

Play video

23 June 2022

Daftar Adaptasi Animasi dari Game #hybridhighlight Eps. 6

HybridHighlight kali ini akan membahas tentang daftar animasi yang merupakan adaptasi dari game. Apa saja animasi itu?

Others from #HybridTV