8 Game PC Offline Ringan Terbaik Rilisan Februari 2022

Beberapa game di bawah ini dapat Anda jalankan di PC low-end sekalipun.

Merakit PC gaming dengan spek rupawan di tengah kelangkaan chip seperti saat ini memang memiliki banyak rintangan. Pasalnya, tidak hanya stok komponen PC yang masih tipis, Anda juga harus mengeluarkan uang ekstra akibat harganya yang masih berkali-kali lipat di atas MSRP. Nah, sembari menunggu GPU dan komponen lain turun harga, kami telah merangkum beberapa game PC offline ringan terbaik rilisan Februari 2022 kemarin.

Sejumlah game PC offline ringan terbaik di bawah ini juga dapat menemani Anda saat tidak bisa mengakses internet seperti saat listrik padam, Wi-Fi mati, kuota habis, dan sebagainya. Tentu saja, Anda juga dapat memainkan game-game berikut ini untuk mengisi waktu senggang. Tanpa basa-basi lebih lanjut, berikut adalah 8 game PC offline ringan terbaik yang rilis pada bulan Februari 2022.

Daftar Game PC Offline Ringan Terbaik Februari 2022

1. Gods of Sand

Image Credit: Odd Giant - Steam

Harga: Rp69.999

Game besutan Achenar Studios dan Odd Giant ini merupakan game strategi 2D yang mengajak Anda mengelola sebuah sekolah gladiator warisan keluarga. Tentu saja, Anda ditugaskan untuk membuat sekolah tersebut menjadi sukses dalam hal materi maupun popularitas. Untuk mencapai kedua hal tersebut, Anda harus melatih para murid gladiator dan ikut serta dalam pertandingan-pertandingan demi mendapatkan uang.

Gods of Sand menyuguhkan gameplay turn-based combat yang terinspirasi dari serial game Swords and Sandals, membuatnya sangat asyik dimainkan secara tenang tanpa harus geregetan.

Spesifikasi Minimum:

OS: Windows 7 Processor: 2.8 Ghz Memory: 4 GB RAM Graphics: 3D Accelerated Card Storage: 300 MB available space

Laman Steam Gods of Sand

2. Grapple Dog

Image Credit: Super Rare Originals - Steam

Harga: Rp95.999

Familiar dengan Super Mario Bros? Nah, Grapple Dog memiliki gameplay yang senada dengan game legendaris besutan Nintendo itu namun dengan sejumlah twist. Di Grapple Dog, Anda akan bermain sebagai Pablo, seekor anjing imut yang memiliki grappling hook, membuatnya dapat bergantung dan mengayun layaknya Spiderman (atau, lebih tepatnya, Dogman? Hehe...).

Grapple Dog memiliki 6 dunia berbeda dengan 33 level yang dapat dinikmati. Nah, Anda dapat mengikuti petualangan Pablo sembari mengoleksi barang-barang tersembunyi, dan bertemu dengan sejumlah karakter menarik.

Spesifikasi Minimum:

OS: Windows XP, Vista, 7, 8, or 10 Processor: 2.0 Ghz Memory: 2 GB RAM Graphics: 128MB Storage: 44 MB available space

Laman Steam Grapple Dog

3. Chevalier Historie

Image Credit: Kagura Games - Steam

Harga: Rp108.999

Chevalier Historie mengusung gameplay RPG klasik mirip dengan game-game Pokemon lawas di Nintendo DS atau Game Boy. Game PC offline ringan satu ini ngajak Anda mengikuti petualangan satu-satunya pendekar perempuan di kerajaan Berde bernama Jeanne. Jeanne ditugaskan untuk menyelamatkan sang princess, Lily.

Nah, bagi Anda yang menyukai anime, Chevalier Historie ini sangat cocok untuk Anda. Pasalnya, karakter-karakter dalam game besutan Kagura Games ini sangat imut-imut dan cocok untuk menjadi waifu khayalan Anda wkwkwk.

Spesifikasi Minimum:

OS: Windows® 7/8/8.1/10 Processor: Intel Core2 Duo or better Memory: 4 GB RAM Graphics: DirectX 9/OpenGL 4.1 capable GPU DirectX: Version 9.0 Storage: 2 GB available space

Laman Steam Chevalier Historie

4. Super Dungeon Maker

Image Credit: rokaplay - Steam

Harga: Rp95.999

Sesuai namanya, Super Dungeon Maker merupakan game sandbox yang memungkinkan Anda bebas berkreasi membuat level dungeon sendiri untuk dimainkan sendiri maupun oleh orang lain. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mencoba dungeon-dungeon unik yang dibuat oleh komunitas Steam.

Pengembang dari Super Dungeon Maker, Rokaplay, mengklaim bahwa mereka mengambil inspirasi dari dua game legendaris, yaitu Super Mario Maker serta serial Zelda lawas untuk menciptakan game petualangan sandbox ini.

Spesifikasi Minimum:

OS: Windows 7 /10 / 11 Processor: Dual-Core: 2Ghz Memory: 512 MB RAM Graphics: 256MB Storage: 700 MB available space

Laman Steam Super Dungeon Maker

5. Crown of Pain

Image Credit: Coldwild Games - Steam

Harga: Rp39.999

Crown of Pain merupakan game puzzle RPG bergaya match-3. Di sini, Anda akan memimpin sebuah tim beranggotakan 4 orang untuk mencari mahkota bernama "Crown of Pain" di sebuah kastil yang dipenuhi oleh monster dan hantu.

Karena mengusung gameplay match-3, pemain harus mencocokkan 3 simbol secara segaris untuk menyerang lawan. Nah, serangan-serangan yang akan dilakukan oleh keempat anggota tim juga akan berbeda-beda berdasarkan simbol yang dipecahkan. Anda juga dapat menggabungkan karakter-karakter serta memilih ability terbaik demi keselamatan tim Anda.

Spesifikasi Minimum:

OS: Windows 7 (SP1+) or later Processor: Intel Core Duo or later (x86, x64 architecture with SSE2 instruction set support) Memory: 512 MB RAM Graphics: DX10, DX11, DX12 capable Storage: 100 MB available space

Laman Steam Crown of Pain

6. VEREDA - Mystery Escape Room Adventure

Image Credit: M9 Games - Steam

Harga: Rp52.999

Menjadi satu-satunya game 3D di daftar game PC offline gratis, VEREDA menyuguhkan pengalaman bermain teka-teki penuh dengan misteri. VEREDA merupakan game petualangan yang menempatkan Anda sebagai seorang agen rahasia yang sedang menyamar.

Suatu hari, Anda ditugaskan untuk menyusup ke suatu kota yang menyimpan sebuah berkas rahasia. Nah, Anda diminta untuk mencari dan mengambil berkas yang isinya tidak diketahui tersebut. Game besutan M9 Games ini sangat cocok untuk menguji kelihaian Anda dalam memecahkan teka-teki.

Spesifikasi Minimum:

OS: Windows 7 SP1+ Processor: 1.1 GHz Processor Memory: 1 GB RAM Storage: 3 GB available space

Laman Steam VEREDA - Mystery Escape Room Adventure

7. Dr. Science Quest

Image Credit: khukhrovr - Steam

Harga: Rp119.999

Super Mario Bros versi modern, itulah deskripsi yang tepat untuk game PC ringan ini. Pasalnya, gameplay dari Dr. Science Quest ini sangat identik dengan game legendaris besutan Nintendo tersebut. Bedanya, Anda akan bermain sebagai seorang ilmuan bernama Dr. Science yang terjebak dalam mimpi buruk.

Mimpi tersebut bercerita tentang semua komputer di laboratorium sang ilmuan teracak-acak dan tersebar ke seluruh tempat. Nah, tugas Anda adalah memungut kembali semua komputer dan mengembalikannya seperti semula. Namun, di mimpi tersebut, beberapa hasil penemuan Dr. Science berubah menjadi antagonis dan akan menembaki Anda saat mencoba mengumpulkan komputer-komputer itu.

Spesifikasi Minimum:

OS: Windows XP\Vista\7\8\10 Processor: 2.3 GHz Dual Core Memory: 1024 MB RAM Graphics: Intel HD 4000 Storage: 168 MB available space

Laman Steam Dr. Science Quest

8. SnakeGame

Image Credit: galesoozka - Steam

Harga: Rp119.999

Bagi gamer kelahiran era 90an akhir hingga 2000an awal pasti familiar dengan game legendaris "Snake". Jika masih belum ingat, Snake umumnya ditemukan pada ponsel-ponsel Nokia jadul sebagai game bawaan pabrik dengan gameplay yang super simpel. Nah, di Februari kemarin, seorang developer indie bernama Oglock99 merilis "reboot" dari game legendaris tersebut dengan judul SnakeGame.

Basis gameplay dari SnakeGame masih identik dengan game lawasnya. Namun, Oglock99 menambahkan sedikit backstory menarik ke game besutannya itu. SnakeGame bercerita tentang ular raksasa yang berhasil kabur dari laboratorium dan tidak sengaja menemukan shotgun. Ular tersebut akhirnya ngamuk dan menembaki serta memakan semua penjaga laboratorium di sana. Tentu saja, Anda akan bermain sebagai sang ular raksasa.

Spesifikasi Minimum:

OS: Windows 7/8/8.1/10 Processor: Intel Celeron 1800 MHz Memory: 1024 MB RAM Graphics: Intel HD Graphics Storage: 12 MB available space

Laman Steam SnakeGame

Penutup

Itu dia tadi 8 game PC offline ringan terbaik rilisan Februari 2022. Semua game di atas dapat Anda nikmati menggunakan laptop low-end sekalipun. Untuk menjalankan game-game ringan di atas ini juga tidak memerlukan koneksi internet, membuatnya sangat cocok untuk dimainkan saat menunggu First Media nyala kembali... Eits. (Bercanda...)

Bagi Anda yang mungkin sedang mengalami kondisi kantong kering, kami juga telah merangkum beberapa game PC gratis yang dapat Anda lihat di sini.