12 March 2022

by Wiku Baskoro

Tips Menggunakan Canva,10 Sumber Agar Mahir Menggunakan Canva

Kami rangkumkan 10 sumber yang bisa menjadi sumber informasi untuk mendapatkan tips manggunakan Canva

Canva.com adalah layanan yang bisa digunakan untuk membuat desain grafis. Di artikel ini, kami rangkumkan 10 sumber yang bisa menjadi sumber informasi untuk mendapatkan tips menggunakan Canva.

Canva sangat berguna bagi mereka yang tidak memiliki pengetahuan teknis mendalam dalam desain. Para pemula dapat belajar dan membuat desain dengan mudah menggunakan Canva.

Aplikasi Canva dapat diakses menggunakan website atau gawai. Tak hanya itu, hanya dengan satu aplikasi, Anda bisa menemukan beragam template kebutuhan desain mulai dari kebutuhan media sosial, poster, presentasi, dll. 

Untuk belajar cara pakai Canva dan mendapat manfaat Canva, Anda bisa mengikuti kursus online ataupun mengikuti akun di Instagram yang kerap membagikan tips Canva atau tutorial desain Canva.

Berikut 10 sumber untuk bisa membantu mahir menggunakan Canva.

 Akun Instagram tips menggunakan canva 

  1. Canvaology

Akun Instagram dengan jumlah pengikut 28.3K ini banyak memberikan tips dan tutorial membuat konten menggunakan aplikasi Canva. Mulai dari hal mendasar seperti cara mengunggah font di Canva, mengkombinasikan palet warna dan berbagai tips menggunakan Canva lainnya.

2. Canvasigner

Taqin (pemilik akun) membantu pemula yang ingin belajar Canva, mulai dari editing video dan desain hanya dari gawai.  Sebagai Canva Specialist, ia menunjukan kemampuannya dengan konten-konten edukasi di Instagram kepada 24.7 pengikutnya. Pemilik akun ini pun membuka kelas online dan grup diskusi untuk kamu yang ingin lebih detail belajar Canva. 

3. Canvaninja

Fiony Angelika seorang Canva Educator dan desainer menjadikan Instagramnya untuk memberikan informasi seputar Canva dan desain. Kamu akan mendapatkan ilmu gratis mulai rekomendasi font, elemen, tutorial desain menggunakan Canva hingga tips dan trik. Ia pun sering membuka kelas online secara gratis atau berbayar. 

4. Nerry Supanji

Lewat akun ini, kamu akan belajar menggunakan Canva dari gawai. Nerry aktif memberikan tutorial dalam bentuk reels kepada 18.7K pengikutnya. Feednya pun menarik dan informatif, cocok sekali untuk kamu yang ingin mahir Canva. 

5. Syammasfitria

Dalam memberikan tips dan tutorial menggunakan Canva, Syam fokus dalam hal apa yang dibutuhkan UMKM dan creator saat akan membuat desain untuk kebutuhannya. Misalkan saja Syam memberikan tutorial membuat desain kemasan produk dengan Canva atau membuat web untuk UMKM dengan Canva. 

6. Skuygrafer

Kang Dilan  sebagai konsultan Canva dan juga mentor di Rubrik Grafis, fokus memberikan informasi seputar Canva untuk mahasiswa dan UKM. Berbagai konten yang ada di feednya pun mudah dipahami dan kerap kita temukan permasalahannya saat sedang membuat desain. 

Kursus yang bisa diikuti untuk meningkatkan kemampuan Canva

  1. Udemy.com

Udemy merupakan platform belajar dan kursus online. Kamu bisa meningkatkan kemampuan diri dengan mencari kategori yang diminati di sana. Di Udemy pun ada berbagai topik bahasan untuk belajar Canva mulai dari yang level mendasar hingga ahli. Salah satu instruktur untuk belajar menggunakan Canva yakni Jubilee Enterprise yang sudah ahli di bidang kursus online. Kamu bisa memberikan biaya investasi senilai Rp129.000 untuk belajar dasar-dasar Canva, membuat presentasi, hingga bagaimana cara mendapatkan passive income dengan menggunakan Canva. 

  1. Kelas.mu

Program desain grafis dengan Canva ini ditujukan untuk murid SMP dan SMA. Biaya investasinya pun terjangkau hanya Rp75.000 dengan kuota kelas terbatas. Program ini akan mengajarkan agar murid-murid dapat menggunakan Canva untuk berbagai keperluan misalkan membuat presentasi dengan video atau animasi dan membuat desain cetak. 

  1. Maubelajarapa.com

Kelas Canva dari platform kursus online ini cocok diikuti oleh pemilik usaha, pelaku UKM, industri kreatif dan orang-orang yang ingin belajar tentang desain. Hanya dengan biaya investasi senilai Rp200.000, kamu sudah bisa mengikuti 1 kali sesi webinar selama 4 jam dan berhak konsultasi lewat chat grup langsung ke mentor yang sudah berpengalaman. 

  1. Ratakan.com

Ratakan.com merupakan platform produk digital dan kursus online.  Untuk mahir canva melalui ratakan.com, kamu akan menggunakan video yang diunduh melalui link yang akan diberikan setelah membayar biaya investasi senilai Rp125.000. Melalui video tersebut, kamu akan mengetahui cara membuat gambar facebook, Instagram, video iklan, dan kiat-kiat menggunakan Canva. 

 ---

Itulah 10 sumber yang bisa Anda gunakan untuk belajar Canva dan lebih mahir menggunakan Canva dan tau bagaimana cara pakai Canva. Anda juga bisa mendapatkan manfaat Canva dengan mengikuti konten yang dibagikan oleh akun Istagram yang ada di daftar atas. Selamat belajar cara menggunakan Canva. 

Gambar dari Ron Lach from Pexels