10 Game PC dan Konsol Terbaik yang Bisa Dimainkan di Smartphone

Banyak game-game PC dan konsol berkualitas yang kini bisa dimainkan secara praktis.

Semakin berkembangnya teknologi smartphone memang diikuti dengan semakin meningkat juga kemampuannya memainkan game. Bila 10 tahun yang lalu game-game di smartphone masih dipenuhi dengan game-game flash sederhana, maka kini mereka telah mampu mengejar kemampuan PC dan konsol.

Meskipun masih dengan beberapa batasan dan penyesuaian, namun dengan spesifikasi mayoritas smartphone modern saat ini ternyata sudah mampu memainkan game-game yang di-porting dari PC maupun konsol. Hal tersebut pun mendorong semakin banyak developer dan publisher game PC dan konsol yang membawa game-game terbaiknya ke mobile.

Tanpa berlama-lama, berikut adalah daftar 10 game PC dan konsol terbaik yang kini bisa dimainkan di mobile.

1. SpongeBob SquarePants: Battle for Bikini Bottom – Rehydrated

Mari mulai daftar ini dengan game yang menyenangkan karena game penuh SpongeBob akhirnya tersedia di mobile. Dan game ini merupakan versi mobile dari game penuh SpongeBob SquarePants: BFBB-R yang sebelumnya tersedia di PC dan konsol.

Pemain akan tetap dapat menikmati petualangan spons kuning favorit banyak orang ini secara penuh dan dengan kontrol yang telah disesuaikan dengan layar smartphone. Game yang merupakan remake dari game PlayStation 2 ini memang memberikan pengalaman game platforming yang bebas dan fleksibel dibandingkan dengan game mobile kebanyakan.

2. Baldur's Gate II: Enhanced Edition

Bagi para pecinta game role-playing alias RPG maka Baldur’s Gate II tentunya menjadi salah satu game RPG yang pernah ditawarkan. Dengan cerita yang dibangun sangat epik dan juga dipenuhi dengan karakter-karakter yang ikonik dan khas.

Kini versi ‘Enhanced’-nya tersedia di mobile dan tetap akan menawarkan permainan RPG klasik yang imersif seperti saat dirilis pada tahun 2000 silam. Namun tentunya pengembang Beamdog memberikan beberapa improvisasi pada grafis agar game berusia lebih dari 20 tahun ini nyaman dimainkan di smartphone modern.

3. Star Wars Knights of the Old Republic I+II

Jauh sebelum kehadiran Jedi:Fallen Order, Bioware dan Obsidian Entertainment sempat mencuri perhatian banyak gamer melalui Knight of the Old Republic atau yang sering disebut sebagai KoTOR. Seri Star Wars ini merupakan sebuah game action RPG yang dirilis pada 2003-2004 silam.

Game ini membawa banyak revolusi untuk game Star Wars mulai dari karakter-karakter dan lokasi baru dari semesta Star Wars, sekaligus kelas Jedi dan juga lightsaber baru. Membuat game ini benar-benar mengejutkan banyak fans Star Wars pada kala itu. Dan game tersebut kini dapat dimainkan dengan lancar di smartphone.

4. Dead Cells

Saat dirilis game roguelike platformer Dead Cells memang langsung menarik perhatian banyak gamer melalui grafik 2D pixel unik yang diusung. Sekaligus pertarungan intens yang dibawa ke dalam game-nya. Kombinasi tersebut membuat setiap level pada game-nya memiliki keindahannya masing-masing.

Game ini juga dibawa dengan sempurna ke dalam platform mobile yang membuatnya tetap mampu menghadirkan intensitas versi PC dan konsolnya saat dimainkan di smartphone. Anda juga bisa membaca review game-nya di sini.

5. XCOM: Enemy Within

Untuk masalah game turn-based taktis, seri XCOM memang tidak ada duanya. Terutama untuk reboot game-nya yaitu XCOM Enemy Within. Game ini memiliki berbagai elemen dan fitur baru yang diperkenalkan pada serinya. Dan untungnya 2K membawa game ini ke mobile.

Sistem permainan turn-based juga merupakan mekanisme yang cukup cocok dimainkan menggunakan layar sentuh. Membuat game ini tidak memerlukan banyak penyesuaian saat berpindah ke smartphone.

6. GRID Autosport

Game balap di platform mobile mayoritas didominasi oleh game balap arcade yang mungkin terlalu berlebihan bagi para pecinta game balap. Untungnya Codemaster memahami hal tersebut dan menghadirkan Grid Autosport untuk platform mobile.

Dan secara mengejutkan GRID Autosport dapat dibawa ke dalam smartphone dengan cukup sempurna. Padahal game-nya masih mempertahankan mekanisme mengemudi kontrol penuh seperti versi PC/konsolnya.

7. Injustice 2

Di awal kemunculannya, para fans DC sangat dikejutkan dengan kehadiran Injustice yang notabene sebuah game fighting. Siapa yang menyangka bahwa pertarungan antar superhero DC ala Mortal Kombat ini digemari oleh para fans.

Developer NetherRealm Studio pun memberikan banyak improvisasi pada seri keduanya ini. Dan kabar baiknya, game ini juga dirilis untuk mobile dan juga membawa banyak improvisasi mulai dari grafik dan juga gerakan pertarungan yang lebih dinamis.

8. Dragon Quest VIII

Square Enix memang merupakan salah satu publisher yang cukup rajin membawa game-game klasiknya ke platform mobile. Dan salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah versi mobile dari Dragon Quest VIII ini.

Karena bukan sekedar porting, namun Square Enix juga memberikan improvisasi agar JRPG klasik ini nyaman dimainkan di mobile. Mulai dari perubahan orientasi layar menjadi portrait, ubahan kontrol menjadi sentuh, dan juga fitur quick save yang sangat membantu.

9. ARK: Survival Evolved

Game bertahan hidup bersama atau melawan para dinosaurus ini memang memiliki basis fans yang sangat kuat. Sehingga tidak mengejutkan bila para pemainnya juga cukup antusias saat ARK: Survival Evolved akhirnya dibawa ke platform mobile.

Hebatnya, dunia kompleks yang ada dalam game ini dapat dibawa ke dalam smartphone dengan cukup utuh. Memang ada banyak hal yang harus dikompensasi terutama untuk urusan grafis, tetapi hampir semua hal yang bisa pemain lakukan di versi PC/konsol juga dapat dilakukan di versi mobile-nya.

10. GTA Trilogy

Sepertinya tidak perlu dijelaskan lagi mengapa GTA Trilogy (III, Vice City, San Andreas) masuk ke daftar ini. Karena selain para pemain yang mecintainya, Rockstar juga mencintai ketiga game ini. Yang bahkan kini tengah mempersiapkan versi "Definitive Edition" untuk dirilis di mobile kembali.

Ketiga game porting original dari seri ini masih tersedia di Play Store dan App Store untuk didapatkan sekarang. Ketiga game ini bisa dibilang merupakan porting penuh dari versi PlayStation 2 yang memungkinkan pemain melakukan hampir semua aktivitas yang bisa dilakukan di game aslinya.'

Penutup

Dengan semakin mampunya smartphone jaman sekarang untuk memainkan game-game PC/konsol memang membuat platform mobile menjadi platform yang patut diperhitungkan.

Sehingga tidak mengejutkan bila game-game saat ini bahkan memiliki fitur cross-play yang memungkinkan game-nya dimainkan di PC, konsol, maupun smartphone. Anda juga bisa membaca rekomendasi untuk 10 game PC yang bisa dimainkan secara crossplay dengan Android.

Positifnya, platform mobile juga bisa menjadi tempat bagi para gamer untuk bernostalgia dengan game-game klasik dengan cara yang lebih simpel. Mengingat merilis port mobile dari game-game lama masih menjadi cara yang efektif bagi para publisher game.