1 June 2022

by Galih

Gara-gara Loot Box, Diablo Immortal Terancam Batal Rilis di Belgia dan Belanda

Gamer di kedua negara tersebut tidak memiliki peluang untuk mencicipi game ini.

Setelah perjuangan yang cukup lama sejak diumumkan pada 2018 silam, game mobile Diablo Immortal akhirnya akan segera dirilis sebentar lagi. Sayangnya meskipun game ini akan dirilis secara global, namun ternyata ada beberapa negara yang tidak akan mendapat game ini.

Negara yang tidak mendapat perilisan Diablo Immortal tersebut adalah Belgia dan Belanda. Awalnya, laman pra-registrasi untuk game-nya sebenarnya muncul di App Store dan Google Play. Namun kemudian dihapus beberapa hari kemudian. Pengecualian perilisan tersebut ternyata berhubungan dengan adanya sistem loot box yang ada di dalam game-nya.

Belgia dan Belanda ternyata menjadi beberapa negara yang sangat ketat terhadap masalah perjudian digital, termasuk sistem loot box yang memberikan hadiah secara acak. Pihak Blizzard pun memberikan pengumuman melalui forum Reddit Diablo bahwa kecuali aturan masalah perjudian tersebut diubah maka Diablo Immortal tidak akan dirilis di dua negara tersebut.

Para gamer dari Belgia dan Belanda pun terikat peraturan negaranya dengan sangat ketat. Bahkan beberapa celah lain yang dirasa bisa dieksploitasi oleh para gamer di sana pun telah ditutup baik oleh Blizzard maupun oleh pemerintah kedua negara tersebut.

Yang pertama, warga negara Belgia dan Belanda tidak diperbolehkan mengunduh game dari negara lain. Dan jika mereka berhasil mengunduh dan menginstal Diablo Immortal ke dalam smartphone mereka, maka besar kemungkinan Blizzard akan menjatuhkan ban kepads pemain itu saat masuk ke dalam game-nya.

Aturan pembatasan perjudian digital di Belgia dan Belanda memang telah dijalankan sejak tahun 2018 silam. Sejak saat itu para publisher game, termasuk Blizzard telah menghentikan penjualan loot box di negara tersebut. Perusahaan game lain seperti Nintendo, EA, dan Konami pun menghentikan penjualan loot box mereka di kedua negara tersebut.

Image Credit: Blizzard Entertainment

Pengecualian Belgia dan Belanda oleh Blizzard memang sebenarnya sedikit dipertanyakan. Karena sebelumnya pada awal tahun ini Pemerintah Belanda telah membatalkan sanksi denda kepada EA yang masih menjual loot box di FIFA 21.

Dalam temuan terbaru pada hukum perjudian Belanda menyebutkan bahwa lisensi perjudian hanya dibutuhkan bila aspek perjudian tersebut merupakan produk utama penuh, bukan sebagai elemen tambahan seperti dalam FIFA.

Mengingat aspek loot box dalam Diablo Immortal masih masuk ke dalam elemen tambahan, seharusnya Diablo Immortal masih memungkinkan untuk dirilis di Belanda. Atau mungkin saja Blizzard ingin bermain aman sehingga memutuskan tidak merilis game-nya di Belanda dan Belgia.