Pembahasan Item Defense Mobile Legends beserta Item Counter-nya

Guide ini bisa menyelamatkan nyawa hero Anda.

Item defenseMobile Legends merupakan salah satu aspek penting yang harus dipelajari. Item ini cocok untuk tank karena kemampuannya untuk meningkatkan defense. Meskipun begitu, item defense juga dapat dipakai hero lain untuk bertahan hidup dan menahan lebih banyak damage.

Selain itu, beberapa item defense memiliki pasif unik yang mampu memperkuat dan meng-counter berbagai hero. Untuk memahami item defense dan kapan harus memakainya, kita akan membahas seluruh item defense secara detail. Berikut pembahasan item defense Mobile Legends beserta item counter-nya.

Item Defense Mobile Legends

Antique Cuirass

Image Credit: Moonton

Antique Cuirass merupakan item defense yang dapat meminimalkan physical damage yang diberikan lawan. Item defense ini wajib di-build hero tank karena pasif uniknya yaitu Deter: Ketika terkena hit oleh skill hero lawan, mengurangi physical attack mereka sebesar 8% selama 2 detik (hingga 3 stack).

Dengan Antique Cuirass, lawan yang mengandalkan physical damage akan kesusahan untuk memberikan damage yang tinggi.

Athena's Shield

Image Credit: Moonton

Athena's Shield adalah item terbaik untuk meng-counter hero yang mengandalkan burst magic damage, seperti Kagura, Kadita, atau Selena. Item ini dapat melakukan hal tersebut berkat pasif uniknya, Shield.

Shield akan aktif ketika menerima magic damage. Saat aktif, magic damage yang diterima akan dikurangi sebesar 25% selama 5 detik (termasuk magic damage yang mengaktifkan efek ini). Anda dapat mengaktifkan efek ini kembali setelah meninggalkan pertarungan selama 10 detik.

Tidak hanya itu, item ini juga memiliki atribut HP dan magic defense yang tinggi. Dengan Athena's Shield, hero yang rentan terhadap burst magic damage dapat bertahan hidup saat terkena combo yang dimiliki hero mage.

Radiant Armor

Image Credit: Moonton

Radiant Armor adalah item defense yang ampuh untuk meng-counter hero yang memberikan magic damage terus menerus, seperti Chang'e, Kimmy, dan Valir.

Ini karena pasif unik yang dimiliki Radiant Armor yaitu Holy Blessing: Meningkatkan magic damage reduction sebanyak 3-10 setelah menerima magic damage (berskala dengan level), berlangsung selama 3 detik dan dapat di-stack hingga 6.

Namun, pasif unik Radiant Armor yang memerlukan stack membuatnya tidak cocok digunakan untuk melawan burst magic damage.

Brute Force Breastplate

Image Credit: Moonton

Brute Force Breastplate merupakan item yang cocok untuk hero yang memiliki mobilitas atau defense yang rendah. Item ini mempunyai pasif unik yang dapat meningkatkan defense serta movement speed, Brute Force.

Brute Force: Setelah menggunakan skill atau basic attack, pasif unik ini akan meningkatkan movement speed sebesar 2%, physical defense, dan magic defense sebanyak 4. Efek ini berlangsung selama 4 detik dan dapat di-stack hingga 5 kali.

Dominance Ice

Image Credit: Moonton

Mempunyai pasif unik yang dapat memberikan efek Life Drain, Dominance Ice kerap digunakan untuk meng-counter Esmeralda, Uranus, dan Yu Zhong yang memiliki shield ataupun HP regen yang tinggi.

Pasif unik Dominance Ice, Arctic Cold dapat mengurangi shield dan HP regen hero lawan di sekitar sebesar 50% (tidak termasuk yang terkena efek Life Drain). Selain itu, pasif ini juga mengurangi attack speed mereka sebesar 30%.

Cursed Helmet

Image Credit: Moonton

Cursed Helmet memiliki pasif unik yang dapat memberi magic damage per detik berdasarkan Max HP hero. Dengan pasif uniknya, Burning Soul, hero yang memakai Cursed Helmet dapat memberikan magic damage yang setara dengan 1,2% Max HP hero setiap detik kepada lawan di sekitar.

Damage dari Burning Soul akan meningkat sebesar 150% kepada minion dan creep. Karena itu, Cursed Helmet dapat digunakan oleh tank jungler untuk meningkatkan kecepatan jungling.

Thunder Belt

Image Credit: Moonton

ThunderBelt merupakan item yang multifungsi. Item ini dapat meningkatkan HP, mana regen, cooldown reduction, serta, physicaldefense. Thunder Belt juga memiliki pasif unik yang dapat memberikan efek CC Slow kepada musuh.

Pasif unik Thunderbolt: Dalam 3 detik setelah menggunakan skill, basic attack berikutnya akan memberikan true damage sebanyak 50 + 5% dari Max HP tambahan hero kepada target dan lawan di sekitarnya, serta menyebabkan efek CC Slow kepada mereka sebesar 40-80% (berskala dengan Max HP tambahan hero) selama 1 detik. Efek ini memiliki cooldown selama 1,5 detik.

Oleh karena itu, item ini cocok digunakan hero yang membutuhkan defense dan efek CC Slow untuk mengoptimalkan skill set-nya, seperti Clint, Karrie, dan Karina.

Twilight Armor

Image Credit: Moonton

Twilight Armor dapat digunakan saat Anda menginginkan DPS yang lebih tinggi. Akan tetapi, item ini hanya optimal saat digunakan oleh hero yang memakai banyak item defense. Ini karena pasif uniknya, Twilight dapat mengeluarkan damage tambahan yang berskala dengan HP tambahan.

Twilight: Setiap 1,5 detik, serangan berikutnya akan memberikan magic damage tambahan yang setara dengan 35 + 5% dari HP tambahan milik hero.

Guardian Helmet

Image Credit: Moonton

Merupakan item yang memiliki atribut HP tertinggi, Guardian Helmet cocok digunakan oleh hero yang membutuhkan banyak HP untuk bertahan hidup atau memberikan damage yang lebih tinggi, seperti Masha, Hilda, dan Belerick.

Selain itu, pasif unik Guardian Helmet, Recovery dapat memulihkan 2.5% Max HP setiap detik. Akan tetapi, efek ini akan berkurang menjadi 0.5% Max HP setiap detik selama 5 detik setelah menerima damage).

Karena atribut HP-nya yang tinggi, Guardian Helmet menjadi item terbaik untuk meningkatkan damage pasif unik Cursed Helmet, Thunder Belt, serta Twilight Armor yang berskala dengan Max HP atau HP tambahan.

Immortality

Image Credit: Moonton

Cocok untuk semua hero, Immortality adalah item yang dapat membangkitkan penggunanya. Immortality dapat melakukan hal tersebut dengan pasif uniknya, Immortal: 2,5 detik setelah tereliminasi, hero akan hidup kembali, memperoleh 16% HP, dan shield yang dapat menyerap 220-1200 damage. Shield ini berskala dengan level hero dan bertahan selama 3 detik. Setelah digunakan, pasif unik ini akan memasuki cooldown selama 210 detik.

Walaupun Immortality memiliki atribut yang rendah, pasif uniknya yang sangat berguna membuat item ini wajib di-build.

Oracle

Image Credit: Moonton

Oracle adalah satu-satunya item yang memiliki kemampuan untuk memperkuat efek regen. Item ini dapat memperkuat hero yang memiliki shield, HP regen, ataupun lifesteal yang tinggi. Untuk lebih jelasnya, pasif unik Oracle, Bless dapat meningkatkan shield absorption dan HP regen sebesar 30%.

Oleh karena itu, item ini wajib dipakai oleh hero yang mengandalkan kemampuan sustain untuk bertahan hidup, seperti Esmeralda atau Uranus.

Blade Armor

Image Credit: Moonton

Memiliki pasif unik yang bisa me-reflect damage basic attack, Blade Armor adalah item terbaik untuk meng-counter hero marksman yang mengandalkan basicattack untuk memberikan damage yang tinggi. Berikut penjelasan pasif unik yang dimiliki Blade Armor.

Bladed Armor: Saat diserang dengan basicattack, memberikan` physical damage yang setara dengan 25% dari damage yang diterima (dihitung sebelum damage reduction) + 25% dari physical defense hero kepada penyerang dan menyebabkan efek CC Slow kepada mereka sebesar 15% selama 1 detik.

TIdak hanya itu, item ini mempunyai atribut unik yang mengurangi 20% critical damage yang diterima. Dengan Blade Armor, hero lawan yang mengandalkan basic attack atau critical damage akan kesulitan mencapai damage yang maksimal.

Queen's Wings

Image Credit: Moonton

Queen's Wings merupakan salah satu item yang bisa Anda gunakan untuk memperkuat kemampuan sustain yang tinggi. Item ini mempunyai pasif unik yang dapat memberi efek damage reduction serta meningkatkan lifesteal untuk sementara, Demonize.

Demonize: Mengurangi damage yang diterima sebesar 20% ketika HP kurang dari 40% serta meningkatkan spell vamp Anda sebesar 35% selama 5 detik. Efek ini memiliki cooldown selama 60 detik.

Item Physical untuk Meng-counter Item Defense

Malefic Roar

Image Credit: Moonton

Malefic Roar adalah satu-satunya item physical yang ampuh untuk meng-counter item yang memiliki banyak physical defense. Ini karena atribut dan pasif uniknya yang dapat meningkatkan physical PEN. Berikut penjelasan detail pasif unik Malefic Roar, Armor Buster.

Armor Buster: Setiap physical defense yang dimiliki lawan akan meningkatkan  physical penetration sebesar 0,05% saat memberikan damage padanya. Namun, efek ini dibatasi hingga 20%.

Demon Hunter Sword

Image Credit: Moonton

Dijuluki sebagai pembunuh tank, Demon Hunter Sword merupakan item physical yang bisa meningkatkan damage berdasarkan HP lawan. Untuk lebih jelasnya, inilah penjelasan pasif unik milik Demon Hunter Sword, Devour.

Devour: Basic attack akan memberikan 9% dari HP target yang tersisa sebagai physical damage tambahan. Setiap basic attack memberikan 3% physical lifesteal selama 3 detik. Efek ini dapat di-stack hingga 5 kali.

Dengan Demon Hunter Sword, Anda dapat memberikan damage lebih tinggi kepada hero lawan yang mempunyai banyak item defense.

Item Magic untuk Meng-counter Item Defense Mobile Legends

Divine Glaive

Image Credit: Moonton

Mirip dengan Malefic Roar, Divine Glaive adalah item defense Mobile Legends yang dapat meningkatkan atribut magic PEN. Item ini kerap digunakan oleh hero mage saat melawan hero yang menggunakan Athena's Shield dan Radiant Armor yang mempunyai atribut magic defense tinggi. Berikut penjelasan pasif unik yang dimiliki Divine Glaive, Spellbreaker.

Spellbreaker: Setiap magic defense yang dimiliki lawan akan meningkatkan magic penetration sebesar 0,1% saat memberikan damage padanya. Akan tetapi efek ini dibatasi hingga 20%.

Genius Wand

Image Credit: Moonton

Dapat digunakan secara efektif di early game, Genius Wand merupakan satu-satunya item yang mampu mengurangi magic defense lawan hingga bilangan negatif. Tidak hanya itu, item ini juga memiliki atribut unik yang menambah magic PEN.

Genius Wand memiliki pasif unik yaitu Magic: Memberikan damage kepada hero lawan akan mengurangi 2-9 magic defense mereka (berskala dengan level). Efek ini berlangsung selama 2 detik dan dapat di-stack hingga 3 kali.

Glowing Wand

Image Credit: Moonton

Tidak diketahui oleh banyak orang, item magic ini dapat digunakan untuk melawan hero yang memiliki Max HP yang tinggi. Glowing Wand dapat melakukan hal tersebut dengan pasif uniknya, Scorch.

Scorch: Damage yang diberikan oleh skill akan menyebabkan efek Burn kepada target selama 3 detik, memberikan 1% dari Max HP target sebagai magic damage per detik (damage ini akan meningkat menjadi 2% jika target yang sama terkena beberapa kali).