10 Game Open-World Mirip GTA V yang Wajib Dimainkan

Game-game berikut punya keunikan tersendiri dibandingkan GTA.

Grand Theft Auto V atau GTA V tidak dapat dipungkiri merupakan salah satu game open world terbaik yang pernah dibuat. Representasi kota Los Angeles yang beragam dan mendetail berhasil diubah Rockstar menjadi sebuah taman bermain.

Game ini bahkan menjadi tolak ukur game open-world dan menjadi inspirasi bagi developer-developer lain untuk mengembangkan game di genre serupa.

Beberapa developer bahkan mampu menghadirkan game open-world lain yang semakin meramaikan genre ini sekaligus membuat banyak improvisasi kreatif untuk formula milik GTA.

Dalam daftar ini, saya telah merangkum 10 game open world mirip GTA yang bisa dimainkan sekarang juga:

Super Mario Odyssey

Platform: Nintendo Switch

Super Mario Odyssey mungkin bisa dibilang menjadi game dari seri Super Mario sekaligus game eksklusif Switch yang paling mendekati genreopen world milik GTA.

Pemain akan berperan sebagai Mario, yang akan berpetualang di beberapa level terbuka yang bisa dijelajahi. Meskipun tidak semasif dan seimersif GTA, Super Mario Odyssey tetap memberikan pengalaman dunia terbuka yang unik untuk dijelajahi.

Saints Row The Third - Remastered

Platform: PC Windows, Xbox One, PlayStation 4

Deep Silver merupakan salah satu developer yang berusaha meramu ulang formula dari GTA untuk membuatnya. Perbedaan utama yang dibawa? Humor yang lebih lepas.

Saints Row bisa dibilang mengambil jalur yang dirasa masih terlalu serius pada GTA, yang membuat Saints Row lebih berani bereksplorasi untuk senjata, kendaraan, dan skenario misinya. Hasilnya, sebuah game open-world bertema kriminal yang tidak menahan diri untuk menunjukkan kekoyolannya.

Just Cause 4

Platform: PC Windows, Xbox One, PlayStation 4

Apa jadinya bila game GTA disutradarai oleh Michael Bay? Maka seri Just Cause mungkin adalah jawabannya. Dan seri keempatnya bisa dibilang salah satu yang paling gila.

Pemain akan berperan sebagai Rico Rodríguez yang bertugas untuk membebaskan wilayah yang dikuasai oleh diktator. Caranya? Meledakkan dan menghancurkan semua milik sang diktator dengan cara paling destruktif yang bisa dilakukan.

Sleeping Dogs: Definitive Edition

Platform: PC Windows, Xbox One, PlayStation 4

Karena fokusnya kepada aksi tembak-tembakan, seri GTA tidak memberikan perhatian spesial kepada pertarungan tangannya. Di sinilah Sleeping Dogs unggul banyak dengan menyediakan salah satu mekanisme pertarungan jarak dekat terbaik.

Latar lokasi Hong Kong-nya juga menjadi nilai plus karena mayoritas game-game open world lain mengambil latar di wilayah Amerika atau Eropa. Cerita aksi kriminal ala film Hong Kong juga menjadi salah satu poin plus bagi game ini.

State of Decay 2

Platform: PC Windows, Xbox One, Xbox Series X|S

Bagi para pemain yang menyukai tema zombie dan menginginkan game ala GTA, maka State of Decay 2 merupakan salah satu opsi yang bisa dijadikan pilihan.

Sama seperti game zombie lain, pemain akan diminta untuk bertahan hidup, mencari sumber daya, dan membunuh para zombie. Namun selain itu pemain juga harus membangun kelompok dan menghidupi mereka.

Gangstar: Vegas (2013)

Platform: Android, iOS

Dengan berbagai keterbatasannya, namun platform mobile juga terus mencoba mendorong genre open world ke beberapa game mereka. Salah satu yang paling konsisten tidak lain adalah seri Gangstar milik Gameloft.

Ada banyak seri Gangstar yang telah dibuat, dan menurut saya game terbaik dari seri ini masih dipegang oleh Gangstar: Vegas. Dengan latar Kota Las Vegas yang gemerlap hingga ke padang gurun pasir di pinggiran kota game ini memberikan pengalaman open world terbaik di platform mobile.

Mafia: Definitive Edition

Platform: PC Windows, Xbox One, PlayStation 4

Game open world berlatar masa sekarang mungkin sudah memiliki banyak pilihan, namun game open world dengan latar masa lalu memang sangat jarang dibuat. Untungnya, 2K merupakan salah satu developer yang berkomitmen dalam hal tersebut dengan seri Mafia-nya.

Seri pertama Mafia mungkin menjadi yang paling ikonik dengan latar perkotaan Amerika di tahun 1930-an. Dan lewat remake Definitive Edition yang mereka lakukan, pemain berkesempatan untuk menjelajahi masa lampau ini dengan grafis terbaik dan pengalaman aksi yang lebih imersif.

Metal Gear Solid V: The Phantom Pain

Platform: PC Windows, Xbox One, Xbox 360, PlayStation 4, PlayStation 3

Langkah radikal yang diambil oleh Hideo Kojima untuk membawa seri Metal Gear Solid menjadi sebuah game open world memang pantas diapresiasi tinggi. Ia berhasil membawa seri game spionase miliknya tersebut ke dunia yang baru lewat Phantom Pain.

Game ini memang tidak memiliki dunia seimersif GTA, namun mekanisme stealth ditambah dengan kebebasan untuk melaksanakan misi yang diberikan menjadi nilai plus sendiri untuk game ini. Belum lagi untuk cerita berbobot yang memang menjadi ciri khas untuk seri Metal Gear Solid sejak awal.

Watch Dogs Legion

Platform: PC Windows, Xbox One, Xbox X|S, PlayStation 4, PlayStation 5, Stadia, Amazon Luna

Ubisoft merupakan salah satu publisher yang mendorong konsep open world ini ke hampir semua game modernnya. Dan yang paling mendekati GTA tidak lain adalah Watch Dogs.

Namun tidak hanya sekedar petualangan aksi di kota terbuka, Watch Dogs menyuntikkan aspek hacking yang menjadi ciri khas utamanya. Fitur tambahan ini memberikan interaksi lebih terhadap dunianya apalagi dengan dunia dystopia yang diusung.

Red Dead Redemption 2

Platform: PC Windows, Xbox One, PlayStation 4

Salah satu game open-world yang dapat mengalahkan kedigdayaan GTA tidak lain adalah game milik Rockstar lainnya, yaitu Red Dead Redemption 2. Game ini memiliki banyak hal yang membuatnya lebih superior dari GTA V.

Dunia yang diusung lebih bervariasi, dengan detail dan tingkat interaksi terhadap permainan yang juga lebih tinggi. Ada banyak hal yang dapat dilakukan sekaligus harus diperhatikan oleh para pemain saat berperan menjadi Arthur Morgan di dalam game-nya.

Namun berbagai tambahan yang diberikan tersebut membuat beberapa fans menganggap game ini menjadi terlalu rumit dan tidak sesantai GTA V untuk dimainkan. Yang tidak sepenuhnya salah karena game ini memiliki pendekatan lebih realistis untuk kehidupan koboi di masa lalu daripada GTA yang lebih ke arah satir komedi.