19 June 2022

by Adi Nawan

Enak Main Bareng Temen, Inilah 10 Game Multiplayer PC terbaik 2022

Banyak pilihan game-game berkualitas yang bisa dipilih untuk mabar.

Bosan main sendirian terus? Inilah daftar game multiplayer PC terbaik yang bisa Anda mainkan di 2022.

Game multiplayer memang terus berevolusi seiring zamannya. Dari yang awalnya dilakukan secara split-screen di satu perangkat, hingga kini menjadi online yang dapat dimainkan bersama dengan pemain lain di seluruh dunia.

Game-game multiplayer kini juga terus berkembang ke berbagai genre dan gameplay yang bervariasi. Mulai dari bermain bersama secara kooperatif hingga kompetitif dengan melawan para pemain lainnya.

Dengan banyaknya pilihan game online yang tersedia untuk dimainkan sekarang Anda mungkin bingung game multiplayer apa yang terbaik untuk dimainkan sekarang. Dan dalam artikel ini, saya telah mendaftar 10 Game multiplayer PC terbaik 2022 yang dapat dimainkan untuk mabar

Daftar Game Multiplayer PC Terbaik di 2022

1. VALORANT

Riot Games terbilang sukses memodernisasi game shooter berbasis tim klasik seperti Counter Strike: Global Offensive. Dimasukkan elemen kemampuan unik di setiap karakter atau yang dalam game-nya disebut Agent membuat alur pertempuran yang dilakukan lebih dinamis dan juga kreatif.

Dengan visual unik yang cerah, VALORANT memang mengambil tema yang lebih ringan daripada CS:GO yang serius. Keunikan setiap karakter tidak hanya ada pada kemampuan tapi juga pada tampilan dari setiap Agent yang juga membuat gameplay dari VALORANT menyenangkan untuk dimainkan bersama-sama.

2. Apex Legends

Kepopuleran battle-royale memang menggoda EA untuk ikut masuk ke dalamnya. Dan studio Respawn Entertainment sukses merealisasikan konsep tersebut ke dalam Apex Legends. Berawal dari sebuah battle-royale yang mengambil latar dari semesta Titanfall, kini Apex Legends terus berkembang menjadi salah satu game battle-royale terlaris.

Sama seperti VALORANT, setiap karakter di Apex Legends juga dilengkapi dengan beberapa kemampuan unik yang akan menyesuaikan gaya bermain dari para gamer. Seperti biasa bermain bersama dalam game ini akan menyenangkan karena game ini memang mendorong pemain untuk bekerja sama dalam satu tim atau squad.

3. Among Us

Bila Anda bukan pecinta tembak-tembakan namun tetap menginginkan permainan yang bisa dimainkan dengan pemain lainnya maka Among Us bisa menjadi pilihannya. Namun di sini pemain dituntut memiliki kelihaian untuk menebak ataupun menjadi seorang impostor yang memang menjadi tema dari game ini.

Permainan ini sudah meledak semenjak awal dirilis di mobile, dan game ini terus membangun reputasinya menjadi salah satu game yang terus menarik dimainkan. Karena intrik utama dari game ini memang tergantung seberapa lihai pemain yang menjadi impostor. Dan bagaimana pemain lain harus menemukan sang impostor.

4. Dota 2

Genre Multiplayer Online Battle Arena atau MOBA memang menjadi salah satu genre yang terus populer hingga sekarang. Dan meskipun banyak gamer yang lebih memilih memainkan game MOBA di mobile, namun game ini masih tetap menjadi salah satu game paling populer di Steam.

Selain itu, Dota 2 masih memegang rekor jumlah hadiah terbesar untuk turnamen esport ini juga terus berkembang dengan berbagai update, perubahan, dan juga hero-hero baru yang membuatnya terus terasa fresh. Hanya Anda yang baru mungkin akan sedikit merasa mekaniknya sedikit lebih rumit dari MOBA lainnya.

5. Rainbow Six Siege

Bagi para gamer yang menginginkan sebuah game shooter taktis yang lebih serius, maka game ini menjadi pilihan yang baik. Karena game ini bukan hanya sekedar maju untuk menembaki musuh, namun juga tentang perencanaan, komunikasi, dan juga eksekusi dalam menghadapi tim musuh.

Seperti game shooter yang telah disebutkan sebelumnya, Rainbow Six Siege juga memiliki karakter atau dalam game-nya disebut operator yang memiliki kemampuan taktisnya masing-masing. Pertempuran dalam game ini terjadi sangat dekat, intens, dan juga terjadi dengan sangat cepat daripada game-game shooter sebelumnya.

6. Overwatch

Overwatch bisa dibilang menjadi salah satu game yang mempopulerkan konsep shooter dengan gaya yang lebih ceria. Apalagi Overwatch bahkan membuat karakternya seakan-akan karakter dari film animasi apalagi sang pengembang Blizzard juga menitikberatkan kisah sinematik dari karakter-karakternya sejak awal.

Pada awalnya, Overwatch merupakan game shooter berbasis kelas yang mengambil banyak inspirasi dari game milik Valve, Team Fortress 2. Namun seiring berjalannya waktu, Overwatch kini memiliki jumlah karakter atau hero yang lebih beragam dengan pilihan gameplay yang lebih bermacam juga.

7. Monster Hunter: Rise

Siapa yang tidak ingin berpetualangan bersama-sama di dunia eksotis untuk berburu monster-monster raksasa? Karena itulah yang difasilitasi oleh Monster Hunter Rise. Instalasi terakhir dari seri 'berburu monster' ini datang dengan berbagai improvisasi.

Mulai dari mekanisme pertarungan yang lebih ramah untuk pemain baru, hingga alur permainan yang kini lebih berfokus langsung pada perburuan monster-monsternya. Monster Hunter Rise merupakan game yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman.

8. Sea of Thieves

Sangat sedikit game yang mampu menyediakan game online bertemakan bajak laut, apalagi yang memperbolehkan Anda bermain bersama teman-teman dalam satu kru. Dan untungnya Sea of Thieves memfasilitasi semua hal terbaik dari petualangan bajak laut dalam game ini.

Game ini mungkin memiliki visual yang terlalu kartun atau kekanak-kanakan. Tapi diluar hal tersebut Sea of Thieves menghadirkan sebuah simulator bajak laut yang imersif dan bebas. Pemain bisa bermain bersama teman atau pemain lain dan melakukan beragam aktivitas mulai dari mencari harta karun hingga berperang melawan kapal pemain lain.

9. Roblox

Bagi mereka yang tidak terlalu mempermasalahkan visual ala lego yang diusung, maka Roblox merupakan salah satu game multiplayer yang paling fleksibel yang pernah ada. Karena memang game ini membebaskan para pemainnya untuk membuat game apapun di dalamnya.

Sehingga para pemain lain pun bisa memainkan berbagai macam game mulai dari kompetitif, dunia terbuka, petualangan, mini game, dll. Bahkan permainan yang diadaptasi oleh serial Squid Game pun hadir di dalam game ini. Tetapi karena game-nya dibuat oleh komunitasnya, pemain juga harus selektif bila ingin memainkan game yang benar-benar berkualitas.

10. Grand Theft Auto online

Saya memahami bahwa banyak pemain yang sudah lelah dengan Rockstar yang terus memeras Grand Theft Auto Online hingga hampir 8 tahun lamanya. Namun harus diakui juga bahwa Rockstar juga terbilang berhasil menghadirkan sebuah game role-playing bertema kriminal modern yang tetap seru dimainkan.

Di GTA Online pemain benar-benar bebas melakukan hal apapun bersama teman atau pemain lain. Mulai dari menikmati dunia terbuka dari Los Santos, melakukan berbagai aktivitas seperti balapan, hingga tentunya melakukan berbagai misi dan perampokan terstruktur yang menjadi ciri khas dari game-nya.

Penutup

Dan itulah tadi game-game multiplayer PC terbaik yang bisa dimainkan di 2022 ini. Saya paham bahwa masih ada banyak game-game multiplayer lainnya di luar sana. Belum lagi dengan game-game multiplayer baru yang akan datang ke depannya.

Semua tergantung preferensi dari setiap gamer apakah mereka mencari game multiplayer yang kooperatif atau saling bantu-membantu. Atau mereka menginginkan sebuah game online yang kompetitif untuk membuktikan kemampuannya.