23 February 2022

by Daniel Hamiaz

Apex Legends Pecahkan Kembali Rekor Jumlah Pemain Mereka di 2022

Rekor hanya mencatat pemain di Steam saja, tidak termasuk dari konsol dan platform lain.

Menuju tahun ketiga, Apex Legends masih ramai digandrungi. Di tanggal 19 Februari kemarin, Apex Legends mencetak ulang rekor pemain online mereka sebelumnya, dengan total pemain sebanyak 392.998 pemain. Jumlah tersebut mengalami peningkatan sekitar 60 ribuan pemain dari rekor sebelumnya.

Walaupun Apex Legends sendiri sudah berusia tiga tahun semenjak perilisan resminya, namun game tersebut baru setahun lebih sedikit masuk ke Steam. Sebelum masuk ke platform milik Valve tersebut, Apex Legends tidak memiliki statistik data yang akurat, terutama data jumlah pemain di tahuin-tahun awalnya.

Ditambah lagi, game besutan Respawn Entertainment dan EA ini juga tersedia di Origin dan konsol. Keduanya juga tidak membuka data statistik mereka, yang seharusnya bisa menambah rekor yang telah disebutkan sebelumnya.

Namun yang pasti, jumlah pemain Apex Legends mengalami perkembangan yang positif semenjak mereka memasukkan game ini ke Steam pada akhir tahun 2020 lalu.

Rekor tersebut juga tidak sekonyong-konyong datang. Gelombang pemain yang datang bermain Apex Legends, sebagian besar mungkin datang karena update terbaru Apex Legends.

Yang pertama adalah event perayaan tahun ketiga Apex Legends. Di update ini, pemain bisa mendapatkan Squad Skins, Reward Tracker yang dibuat oleh komunitas, dan debut dari Prestige Skin. Event ini berlangsung dari tanggal 15 Februari hingga 1 Maret 2022.

Prestige Skins merupakan jenis kosmetik baru yang memiliki tiga tiers. Saat pemain berhasil membuka tier 1 sebuah skin Prestige, maka pemain bisa membuka tier 2 dan tier 3. Cara membukanya sendiri tidak dikenakan biaya tambahan, namun pemain harus menyelesaikan misi tertentu. Selain memiliki desain yang berbeda, Prestige Skins tier 3 juga memiliki efek fhinisher khusus, contohnya Piercing Plasma pada Bloodhound.

Selama event berlangung, pemain juga bisa membeli Legendary Squad Skins, yang memiliki tema tertentu, seperti Hypebeast dan Blackheart.

Selain event, Apex Legends juga baru saja memperkenalkan Mad Maggie sebagai Legends terbaru mereka. Ia dapat mengetahui letak lawan selama beberapa detik setelah ia lukai . Ia juga memiliki Riot Drill yang dapat menempel dan membakar musuh di sekitarnya. Maggie juga bisa melempar sebuah bola yang akan berfungsi sebagai speed-boosting pads.

EA juga nampaknya kian getol menjajakan Apex Legends ke pasar yang lebih luas. Sebelumnya, Apex Legends Mobile diberitakan sudah akan menggelar soft-launch di beberapa negara, termasuk Indonesia.