Sembari Menunggu Street Fighter 6, Inilah 15 Game Fighting Terbaik yang Patut Dicoba di 2022

Beberapa game baku hantam berikut ini dapat menjadi bahan pemanasan sebelum Street Fighter 6 rilis.

Belum lama ini, salah satu seri game fighting terbaik dan legendaris "Street Fighter" telah dikonfirmasi akan mendapat sekuel terbaru. Hal ini disampaikan langsung oleh Capcom, selaku pengembang sekaligus penerbit dari seri Street Fighter. Mendengar hal ini, para penggemar pastinya menjadi tidak sabar menunggu kehadiran Street Fighter 6 ini. Selain logonya yang menjadi bahan gunjingan, respon para penggemar-pun rata-rata positif menyambut Street Fighter teranyar.

Image Credit: Capcom

Meski informasi yang dibocorkan tentang Street Fighter 6 saat ini sangat minim, Capcom berjanji akan mengeluarkan informasi tambahan dan mungkin tanggal rilis resmi Street Fighter 6 pada musim panas 2022 mendatang. Hal ini diungkapkan oleh Capcom melalui Twitter resmi mereka.

Memainkan Street Fighter maupun game fighting lainnya pasti membutuhkan skill yang mumpuni demi bisa mendominasi. Karena itu, Anda pasti membutuhkan pemanasan sebelum Street Fighter terbaru rilis.  Nah, untuk itu, kami telah merangkum 15 game fighting terbaik 2022 yang wajib Anda mainkan di 2022 ini. Tanpa basa-basi lebih lanjut, mari kita mulai.

15 game fighting terbaik 2022 yang wajib Anda Mainkan

1. Tekken 7 (2015)

Image Credit: Bandai Namco

Penggemar game ber-genre game fighting pastinya familiar dengan serial Tekken. Pesaing Street Fighter besutan Bandai Namco ini telah mendunia sejak seri pertamanya di 1994. Dan seri terbarunya, Tekken 7, membawa segudang inovasi dalam segi grafis dan sistem baku hantamnya. Ini membuat Tekken 7 masih sangat layak dimainkan di 2022 meski umurnya sudah hampir 7 tahun dan masuk jajaran game fighting terbaik 2022.

Mengusung Unreal Engine 4 sebagai game engine-nya, grafis dari Tekken 7 ini pastinya tidak diragukan lagi kejernihannya. Selain grafisnya, sistem fighting dari Tekken 7 juga mendapatkan beberapa mekanik baru seperti Rage Arts, Power Crush, dan Screw Hits. Sejumlah elemen baru ini pastinya sangat menarik untuk dicoba pada 54 karakter berbeda yang dapat Anda mainkan.

Tekken 7 rilis pertama kali pada tahun 2015 di mesin-mesin arcade. Lalu, pada 2017, barulah Tekken 7 dibawa ke platform 'rumahan' seperti PlayStation 4, Xbox One, dan PC. Jika Anda tertarik untuk memainkan Tekken 7, Anda dapat menggarapnya dengan harga Rp399 ribu di Steam.

2. Mortal Kombat 11 (2019)

Identik dengan kesadisan dan gore yang dapat membuat bulu kuduk merinding, Mortal Kombat 11 sangat berhak menduduki urutan ke-2 di daftar ini. Game fighting dari NetherRealm Studios dan Warner Bros. Entertainment ini menyuguhkan pengalaman bermain penuh adrenalin dan organ-organ tubuh yang beterbangan. "FATALITY!"

Salah satu hal yang menarik dari Mortal Kombat 11 adalah karakter-karakter yang dapat Anda mainkan. Pasalnya, selain karakter orisinal dari Mortal Kombat (seperti Scorpion atau Sub-Zero), Anda juga dapat memainkan beberapa karakter spesial yang didatangkan dari sejumlah film layar lebar seperti Joker, Terminator, RoboCop, dan Rambo. Namun, karakter-karakter spesial ini hanya bisa digunakan setelah Anda membeli DLC-nya saja.

Mortal Kombat 11 dapat dimainkan di PC, PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, Xbox Series X/S, dan Nintendo Switch.

3. The King of Fighters XV (2022)

The King of Fighters XV atau biasa disingkat menjadi KOF XV merupakan game fighting yang baru saja dirilis pada 17 Februari kemarin. Game fighting besutan SNK ini memiliki gameplay baku hantam yang sedikit berbeda dengan beberapa pesaingnya di atas. Bukan pertarungan 1v1, KOF XV menyuguhkan gameplay baku hantam tag-team 3v3 ikonik seperti pendahulunya.

Sekuel terbaru dari The King of Fighters ini memiliki 39 karakter yang dapat Anda mainkan yang dibagi menjadi 13 tim (3 karakter per tim). Selain itu, KOF XV ini juga mendatangkan beberapa sistem baku hantam baru yang dinamakan Shatter Strike, RUSH, dan MAX MODE. Tentunya, beberapa aspek gameplay baru ini tidak kalah seru dari Tekken 7 di atas.

The King of Fighters XV telah rilis di PC, PlayStation 5, PlayStation 4, dan Xbox Series X/S. Jika Anda tertarik untuk mencoba game baku hantam satu ini, KOF XV dibanderol dengan harga Rp829 ribu untuk edisi Standard dan Rp1.1 juta untuk edisi Deluxe.

4. Guilty Gear -Strive- (2021)

Image Credit: Arc System Works

Seri terbaru dari Guilty Gear yang baru saja diluncurkan pada 2021 lalu membawa segudang fitur dan mekanik yang belum pernah ditemukan pada para pendahulunya. Arc System Works bahkan mengatakan bahwa seri ke-8 ini akan menjadi "perombakan total dari seri Guilty Gear".

Seri teranyar ini menghilangkan banyak mekanik baku hantam dari seri sebelumnya, Guilty Gear Xrd, seperti Blitz Shield/Attack, Danger Time, Dead Angle Attack, dan Instant Kill. Meski begitu, Guilty Gear -Strive- masih mempertahankan sejumlah gameplay khas seperti layout 5 tombol dan banyak lagi. Grafis bergaya anime khas Guilty Gear juga masih dipertahankan di sekuel baru ini.

Guilty Gear -Strive- tersedia di PC (via Steam), PlayStation 5, serta PlayStation 4 dan dibanderol dengan harga Rp749 ribu untuk edisi Standart dan Rp1,08 juta untuk edisi Deluxe.

5. Street Fighter V (2016)

Image Credit: Capcom

Menunggu Street Fighter 6 muncul, pastinya Anda harus memainkan seri sebelumnya kan? Layaknya Tekken 7, Street Fighter V ini mengusung Unreal Engine 4 yang membuat grafisnya super rupawan. Para pemain bahkan sampai memuji grafis dan gameplay dari Street Fighter V ini.

Namun, kurangnya jumlah konten dan karakter yang dimuat dalam seri ke-5 ini membuat sebagian pemain kecewa dan merasa bosan setelah beberapa jam bermain. Karena itu, Capcom langsung menambahkan 30 karakter baru ke Street Fighter V yang awalnya hanya berjumlah 16. Sejumlah karakter baru tersebut ditambahkan melalui update dan DLC. Ini membuat Street Fighter V masih sangat layak untuk dimainkan meski umurnya sudah menginjak 6 tahun.

Street Fighter V hadir secara eksklusif di PlayStation 4 dan PC. Dibanderol dengan harga Rp159 ribu, Street Fighter V juga menyediakan edisi Champion yang memuat semua konten dan karakter baru. Edisi Champion ini dibanderol dengan harga Rp268 ribu di Steam.

6. Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 (2016)

Ingin ikut baku hantam bersama Naruto? Anda dapat melakukannya di seri game Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm. Sesuai namanya, game fighting besutan Bandai Namco ini merupakan hasil adaptasi dari serial anime ternama, Naruto. Tidak tanggung-tanggung, Bandai Namco membawa 106 karakter dari serial anime Naruto untuk ikut baku hantam di Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 ini. Dari 106 karakter tersebut, semuanya dapat Anda gunakan untuk bermain.

Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 memiliki gameplay yang identik dengan pendahulunya, membawa kembali arena pertarungan 3D, wall-run, dan combo-combo yang bervariasi. Menariknya, di sekuel ini, mereka menambahkan fitur tag-team yang memungkinkan ganti karakter di tengah pertarungan layaknya seri KOF di atas.

Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 tersedia di PC, PlayStation 4, Xbox One, serta Nintendo Switch dan dibanderol dengan harga Rp330 ribu.

7. Marvel vs. Capcom: Infinite (2017)

Image Credit: Marvel - Capcom

Marvel vs. Capcom: Infinite merupakan hasil crossover yang membawa banyak karakter dan pahlawan super dari dunia Marvel dan Capcom. Jadi, bagi penggemar Iron Man maupun Resident Evil, game fighting hasil kolaborasi ini mungkin cocok untuk Anda.

Beberapa karakter yang dapat digunakan untuk baku hantam di Marvel vs. Capcom: Infinite ini meliputi Black Panther, Captain America, Thanos, Chris Redfield, hingga Dante dari Devil May Cry. Masih ada 31 karakter lagi yang jika disebutkan di sini pastinya akan sangat panjang. Marvel vs. Capcom: Infinite menyuguhkan gameplay tag-team 2v2 dan arena pertarungan 2D yang identik dengan para pendahulunya.

Marvel vs. Capcom: Infinite dapat dimainkan di PC, PlayStation 4, dan Xbox One. Jika tertarik untuk mencobanya, Anda dapat membeli Marvel vs. Capcom: Infinite dengan harga Rp320 ribu di Steam.

8. Injustice 2 (2017)

Bagi Anda yang gemar menonton atau membaca komik DC Universe, Injustice 2 ini pasti akan cocok untuk Anda. Berbeda dengan Marvel vs. Capcom di atas yang masih ada campur tangan Capcom, Injustice 2 merupakan game fighting hasil adaptasi penuh dari DC Universe dengan karakter-karakter ikoniknya seperti Batman, Superman, Joker, dan masih banyak lagi.

Injustice 2 memiliki beberapa mode bermain yang berbeda, yaitu Campaign, Online, Arcade, dan Multiverse. Menurut saya pribadi, cerita yang disuguhkan oleh Injustice 2 sangat menarik untuk diikuti. Cerita yang berfokus ke perjalanan Batman 2 tahun setelah kejadian Injustice: Gods Among Us ini sangat wajib Anda mainkan.

Menariknya, selain PC, PlayStation 4, dan Xbox One, Injustice 2 juga hadir di platform mobile (Android dan iOS).

9. Dead or Alive 6 (2019)

Dead or Alive 6 atau DOA6 merupakan game fighting yang bisa membuat para pemainnya salah fokus. Pasalnya, karakter-karakter perempuan di DOA6 ini sangat 'mantul' (if you know what i mean...). Lanjut ke gameplay-nya, seri terbaru dari Dead or Alive ini memberikan banyak mekanik yang memudahkan para pemain baru seperti Fatal Rush, Break Blow, dan banyak lagi.

Animasi-animasi di DOA6 juga mendapat peningkatan dari pendahulunya. Salah satunya adalah animasi slow-motion serta efek babak belur saat karakter terkena pukulan. Hal ini memberikan esensi baku hantam DOA6 lebih brutal dan realistis.

Dead or Alive 6 dapat dimainkan di PlayStation 4, Xbox One, dan PC. Jika Anda tertarik untuk melihat Kasumi dan Ayane baku hantam, DOA6 dibanderol dengan harga Rp885 ribu di Steam.

10. Samurai Shodown (2019)

Image Credit: SNK

Samurai Shodown yang rilis di 2019 kemarin merupakan reboot dari game orisinalnya yang rilis pada 1993. Di reboot ini, SNK memberikan banyak peningkatan di segi grafis dan gameplay. Untuk grafisnya, Samurai Shodown 2019 ini merupakan game pertama SNK yang memanfaatkan Unreal Engine 4 sebagai game engine-nya.

Berbicara mengenai gameplay-nya, Samurai Shodown memberikan pengalaman baku hantam tangan kosong maupun bersenjata. Selain itu, SNK juga menambahkan mekanik baru bernama Guard Crush yang berfungsi sebagai counter-block. Jadi, pemain harus lebih lihai membaca situasi saat pertarungan.

Samurai Shodown dapat dimainkan di PC, PlayStation 4, Xbox One, Xbox Series X/S, dan Nintendo Switch.

11. Dragon Ball FighterZ (2018)

Image Credit: Bandai Namco

Sesuai dengan namanya, Dragon Ball FighterZ merupakan game fighting yang diadaptasi dari komik dan anime "Dragon Ball". Game fighting ini membawa 44 karakter ikonik Dragon Ball seperti Goku dan Piccolo ke arena pertarungan. Layaknya beberapa pesaingnya di daftar ini, Dragon Ball FighterZ juga mengusung Unreal Engine 4, membuat grafisnya nyaman dipandang mata.

Dari segi gameplay-nya, Dragon Ball FighterZ mengambil inspirasi dari beberapa game fighting lain di pasaran. Salah satunya adalah skema control dan pertarungan tag-team 3v3 yang diambil dari Marvel vs. Capcom.

Dragon Ball FighterZ dibanderol dengan harga Rp590 ribu (Steam) dan dapat dimainkan di PC, PlayStation 4, Xbox One, dan Nintendo Switch.

12. Super Smash Bros. Ultimate (2018)

Image Credit: Nintendo

Penerus game fighting legendaris dari Nintendo, Super Smash Bros. Ultimate masih membawa gameplay ikonik dari para pendahulunya. Dengan arena pertarungan 2D, pemain harus melemahkan lawan lalu melemparnya keluar arena demi memenangkan permainan. Hm... Ternyata Brawlhalla 'terinspirasi' dari Super Smash Bros toh...

Super Smash Bros. Ultimate memiliki 89 karakter yang dapat Anda mainkan termasuk karakter crossover dari sejumlah game besutan Konami, Sega, Capcom, dan penerbit lainnya. Salah satu hal yang menarik dari seri Super Smash Bros adalah ratusan soundtrack-nya yang digemari oleh para pemain. Sayangnya, belum lama ini, Nintendo ketahuan melayangkan lebih dari 1300 copyright block ke kanal YouTube yang menyediakan beberapa soundtrack untuk didengarkan oleh para penggemar.

Super Smash Bros. Ultimate hanya tersedia di Nintendo Switch dan dibanderol dengan harga US$59 atau sekitar Rp860 ribu.

13. M.U.G.E.N (1999)

Image Credit: ArsTechnica

Menjadi yang tertua di daftar ini, MUGEN merupakan game fighting yang menurut saya paling unik nan aneh. Bahkan, MUGEN sendiri tidak bisa disebut sebagai game fighting. Karena sejatinya, ia merupakan sebuah rangka dari game fighting yang bebas untuk diotak-atik oleh siapapun. Karena itu, MUGEN memiliki banyak versi yang memuat ribuan konten berbeda hasil modifikasi komunitas. Menariknya, kata MUGEN memiliki arti infinite atau tak terbatas dalam bahasa Jepang.

Jika Street Fighter dan Tekken memiliki karakternya masing-masing, MUGEN memiliki semua karakter yang pernah Anda bayangkan. Sampai maskot restoran McDonald (Ronald McDonald) saja ada di game berumur 23 tahun ini. Tentu saja, jika tidak dapat menemukan karakter yang Anda ingin gunakan, Anda selalu bisa menambahkan karakter dari imajinasi Anda untuk ikut bertarung di MUGEN.

MUGEN hanya dapat dimainkan di PC dan memiliki banyak versi berbeda yang dapat Anda temukan di sini.

14. Arms (2017)

Image Credit: Nintendo

Arms merupakan game fighting besutan Nintendo dengan gameplay yang lumayan unik. Sesuai dengan judulnya, pemain bertarung menggunakan karakter dengan tangan yang bisa memanjang, membuatnya menyerang secara jarak jauh. Tangan yang dapat memanjang ini dapat digunakan untuk memukul, melempar, dan menangkis lawan Anda.

Menariknya, untuk menyerang maupun menangkis lawan, Anda juga harus menggerakkan Joy-Con di dunia nyata. Jadi, tidak hanya bermain, Anda juga berolahraga saat memainkan Arms. Arms dapat dimainkan hingga 4 pemain sekaligus, membuatnya sangat seru untuk dimainkan ramai-ramai.

Arms tersedia secara eksklusif di Nintendo Switch dan dibanderol dengan harga US$59 atau sekitar Rp860 ribu.

15. BlazBlue: Chrono Phantasma Extend (2015)

Daftar game fighting terbaik 2022 yang paling terakhir adalah BlazBlue: Chrono Phantasma Extend, yang  merupakan sebuah pembaruan dari versi orisinalnya yang hadir di tahun 2012. Game fighting besutan Arc System Works ini memiliki 28 total karakter yang dapat dimainkan serta gameplay mekanik baru bernama Overdrive.

Soal grafisnya, BlazBlue: Chrono Phantasma Extend mengusung gaya anime yang kental di segala aspek, termasuk background, animasi, serta HUD-nya. Jadi, bagi penggemar anime kemungkinan akan menyukai grafis dari game fighting satu ini.

BlazBlue: Chrono Phantasma Extend dapat dimainkan di PC, PlayStation 3, PlayStation 4, PlayStation Vita, dan Xbox One dengan harga Rp200 ribu.

Penutup

Itulah tadi beberapa game fighting terbaik yang wajib Anda coba di 2022. Meski ada beberapa yang sudah berumur, game-game fighting tadi masih sangat layak untuk dimainkan saat ini. 15 game fighting terbaik 2022 ini pastinya dapat mengisi waktu kosong dan bahkan mengasah kembali skill Anda sembari menunggu kehadiran Street Fighter 6.

Namun, jika Anda lebih tertarik ke game-game open-world seperti GTA V, belum lama ini kami juga membuat daftar rekomendasi game open-world yang bisa Anda temukan di sini.