9 November 2021

by Galih

Garena Sebut Tidak Akan Buru-buru Bawa Free Fire MAX ke Ranah Esport

Free Fire original masih dipercaya sebagai game resmi untuk turnamen.

Garena International akhirnya merilis versi terbaru darigame battle royalepopulernya dengan judul Free Fire Max. Dirilis pada 28 September 2021 lalu, game terbaru ini menawarkan berbagai peningkatan di berbagai aspek mulai dari grafis hingga gameplay.

Mengingat Free Fire original sangat populer dan memiliki skema esport yang cukup berkembang, maka tidak mengherankan bahwa banyak fans yang mempertanyakan apakah Garena juga akan segera mengembangkan ekosistem esports untuk game terbarunya tersebut.

Lewat pernyataan yang disampaikan oleh Garena kepada media Dot Esports melalui email, Garena memberikan jawaban bahwa mereka masih belum memiliki rencana segera untuk memasukkan Free Fire Max ke dalam turnamen esport. Mereka mengungkapkan bahwa Garena akan tetap mempertahankan Free Fire original sebagai game resmi untuk turnamen.

Image Credit: Garena

Sayangnya Garena tidak memberikan penjelasan lebih lanjut terhadap keputusan tersebut. Apalagi Free Fire MAX telah mendukung crossplay yang memungkinkan akun pengguna Free Fire digunakan dalam Free Fire MAX, sehingga para pemain tidak akan kehilangan semua kosmetik yang sudah dimiliki. Plus game terbarunya ini memang tidak menawarkan improvisasi  terhadap gameplay kompetitifnya.

Dalam perjalanannya, Free Fire memang memiliki pasarnya tersendiri, terutama bagi para gamer mobile yang memiliki smartphone dengan spesifikasi rendah. Hal tersebut membuat game ini populer di negara-negara berkembang seperti Indonesia, India, dan juga negara-negara Amerika Latin.

Meskipun tidak akan digunakan dalam pertandingan, namun Free Fire MAX disebut akan digunakan sebagai platform live streaming dari turnamen esport Free Fire. Pasalnya, Free Fire Max menyajikan pengalaman menonton yang lebih baik lewat grafis yang telah ditingkatkan.

Setelah dirilis sekitar satu bulan, Free Fire Max tercatat telah diunduh sebanyak 50 juta lebih di Google Play. Hasil tersebut memperlihatkan bahwa Free Fire Max ini tetap menarik minat banyak gamer, meskipun memang masih kalah jauh dibandingkan versi original Free Fire yang telah diunduh lebih dari 1 milyar kali.

Free Fire Max juga memiliki jalan yang panjang untuk menyamai versi originalnya yang bahkan berhasil menjadi game keenam dalam daftar game dengan pendapatan terbesar di dunia pada tahun ini.