Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Berapakah Penghasilan Free Fire Per Tahun?

20 September 2021Yabes Elia

Di bulan Agustus 2021, Free Fire masuk peringkat keenam di daftar game dengan pendapatan terbesar di dunia.

Free Fire kerap kali masuk ke dalam 10 game dengan pendapatan terbesar di dunia. Namun berapakah penghasilan Free Fire per tahunnya?

Sebelum kita hitung-hitungan, dari blog post terakhir yang dirilis Sensor Tower, Free Fire berada di posisi keenam dari 10 game dengan penghasilan terbesar. Game rilisan Garena tersebut berada di bawah Pokemon Go tapi berada di atas Roblox. Sedangkan rival beratnya, yang sama-sama Battle Royale di mobile, PUBG Mobile masih bertengger di posisi pertama. Game rilisan Tencent itu dibuntuti oleh saudaranya sendiri, Honor of Kings di peringkat kedua. Sedangkan di peringkat ketiga, ada Genshin Impact dari miHoYo.

Image credit: Sensor Tower

Dari sumber yang sama, Sensor Tower mengestimasi jika penghasilan PUBG Mobile mencapai US$270 juta (sekitar Rp3,8 triliun) pada Agustus 2021 – naik 4,7% dari Agustus 2020. Sedangkan Honor of Kings (atau di sini lebih dikenal dengan Arena of Valor) berhasil meraup US$256 juta (atau Rp3,66 triliun).

Sayangnya, di sumber tersebut tidak disebutkan berapakah penghasilan Free Fire dalam sebulan. Jadi, saya harus mencari di artikel yang berbeda. Namun untungnya, saya mendapatkan angka perkiraannya yang sama-sama dirilis oleh Sensor Tower.

Penghasilan Free Fire Per Tahun 2021

penghasilan free fire per kuartal
Image Credit: Sensor Tower

Di artikel ini, Sensor Tower memperkirakan penghasilan Free Fire (FF) di kuartal pertama (Q1) 2021 mencapai US$254,6 juta (atau Rp3,63 triliun). Sedangkan pada bulan Mei 2021, penghasilan Free Fire per bulan mencapai US$59 juta (Rp843,3 miliar).

Dari dua angka tadi, kita bisa mencoba hitung-hitungan untuk mendapatkan angka penghasilan FF per bulan ataupun durasi lainnya. Bulan Mei punya 31 hari. Berarti, di bulan Mei, penghasilan FF per hari mencapai US$1,9 juta (Rp27,1 miliar). Jika ingin lebih detail lagi, dari ekstrapolasi angka tadi, penghasilan Free Fire per detik menyentuh Rp314 ribu.

Lalu berapa penghasilan Garena dari Free Fire per tahun? Kita bisa menggunakan 2 angka tadi untuk mencari perkiraannya. Dalam 1 tahun, ada 4 kuartal (Q1-Q4). Jika penghasilan Free Fire pada Q1 2021 tadi sama persis di 3 kuartal berikutnya, berarti dalam setahun FF bisa mendapatkan Rp14,56 triliun.

Di sisi lainnya, jika kita ingin menghitungnya dari penghasilan per bulannya dan anggap penghasilan FF di bulan Mei 2021 sama persis dengan bulan-bulan lainnya, penghasilan FF per tahun ada di Rp10,12 triliun.

penghasilan free fire per tahun
Tabel penghasilan Free Fire menurut data perkiraan dari Sensor Tower

Penghasilan PUBG vs FF

Meski memang kelihatannya besar, jangan lupa Free Fire masih berada di peringkat keenam. Bagaimana jika kita hitung-hitungan yang sama untuk PUBG Mobile? Penghasilan PUBG Mobile per bulan (Agustus 2021) mencapai US$270 juta. Jika kita berasumsi angkanya masih sama setiap bulannya, PUBG Mobile mendapatkan penghasilan sebesar Rp46,33 triliun dalam setahun (atau Rp1,4 juta per detik). Jadi, penghasilan PUBG Mobile sekitar 3-5 kali lebih besar ketimbang Free Fire.

penghasilan free fire vs pubg mobile
Tabel perbandingan antara penghasilan Free Fire dan PUBG Mobile menurut data dari Sensor Tower
Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV