Dark
Light

Flickr Rilis Fitur Baru: People You May Know

1 min read
October 28, 2010

Flickr menambah fasilitas baru untuk memudahkan para pengguna layanan foto ini dalam menemukan serta terkoneksi dengan relasi lain yang ada di Flickr. Fitur People You May Know akan memberikan rekomendasi akun pengguna lain yang mungkin dikenal atau ingin dijadikan relasi oleh pengguna tertentu.

Dengan fasilitas ini pengguna bisa menambahkan kontak atau teman baru di akun Flickr mereka, usulan tentang pengguna lain dilakukan berdasarkan relasi yang telah dimiliki oleh seorang pengguna tertentu serta orang lain yang mungkin dikenal oleh pengguna tersebut.

Fasilitas ini bisa ditemukan pada halaman awal Flickr, dibagian kanan, atau dengan mengunjungi halaman pencarian pertemanan yang bisa ditemukan pada menu ‘Contacts’. Seperti yang dituliskan pada blog resmi Flickr, Anda juga bisa langsung menambahkan keterangan, apakah relasi baru yang ditambahkan ini adalah teman atau keluarga.

Untuk mengganti usulan relasi, Anda bisa melakukan refresh, nantinya daftar usulan teman akan berganti, sedangkan jika Anda tidak menginginkan usulan teman tertentu, pengguna bisa menghilangkan profil pengguna tersebut dari daftar usulan, dengan melakukan klik pada tanda ‘x’ dibagian pinggir kotak usulan teman, maka Flickr akan menggantinya dengan usulan relasi yang baru.

Relasi yang diusulkan didasarkan dari relasi yang telah kita miliki, misalnya Anda mengikuti si A, maka usulan teman yang akan muncul sekitar temannya si A tersebut. Jika teman Flickr Anda masih sedikit, Anda bisa juga mengaktifkan fitur lain yang memungkinkan Anda untuk menemukan kontak relasi dari Facebook, Gmail, Yahoo! Mail, serta Hotmail.

Fitur ini memang mirip dengan fitur dengan nama sama yang dimiliki Facebook atau mirip dengan apa yang dimiliki Twitter dengan fitur Who to Follow.

Sebagai sebuah tempat untuk menempatkan serta mengatur foto berbasis online, Flickr bukan hanya tentang mengunggah foto tetapi juga tentang berteman, berelasi serta berkomunitas, fitur ini memang sepertinya menjadi salah satu fitur wajib yang dimiliki sebuah layanan sharing foto seperti Flickr.

Sayangnya, ketika mencoba beberapa kali untuk menemukan relasi yang akan saya tambahkan, Flickr masih memberikan usulan pengguna yang sebelumnya telah saya tambahkan sebagai kontak baru, serta usulan yang diberikan masih kurang variatif, meski ini tentu akan bergantung dari seberapa banyak relasi yang sebelumnya telah dimiliki.

Untuk masalah privasi, bagi mereka¬† yang tidak menginginkan nama Anda atau akun Anda diusulkan pada pengguna lain, Anda bisa mengubah pengaturan profil di menu ‘You’ kemudian pilihan ‘Your Account’. Anda bisa mencari pilihan pengaturan di menu ‘Privacy & Permissions’.

Anda sudah menggunakan fasilitas baru dari Flickr ini? Bagaimana pendapat Anda tentang rekomendasi relasi Flickr ini? Pendapat Anda bisa dituliskan pada kolom komentar.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Google Perbaharui Fasilitas Grafik di Google Docs

Next Story

Cari Lokasi Lokal Dengan Google Place Search

Latest from Blog

Don't Miss

Photopea

Aplikasi Edit Foto dan Desain Grafis Photopea Diperbarui Ke Versi 5.2

Photopea adalah aplikasi edit foto dan desain grafis berbasis web

Instagram Bukan Lagi Aplikasi Berbagi Foto, Tetapi Layanan Hiburan

Hal apa yang Anda ingat saat pertama kali mengenal Instagram?