Dark
Light

Cari Lokasi Lokal Dengan Google Place Search

1 min read
October 29, 2010

Google memperkenalkan fasilitas pencarian lokal yang berhubungan dengan lokasi yaitu, Place Search. Layanan ini merupakan fasilitas pencarian lokal yang memberikan hasil pencarian di Google Search yang berhubungan dengan berbagai informasi seputar lokasi.

Seperti yang dituliskan di blog mereka, Google mengklusterkan hasil pencarian seputar lokasi spesifik sehingga pengguna bisa membandingkan berbagai hasil pencarian dengan lebih mudah dan dapat mengambil keputusan untuk pergi ke tempat tertentu dengan batuan Place Search.

Hasil pencarian atas lokasi yang baru ini berbeda denan hasil pencarian atas lokasi yang sebelumnya juga telah tersedia di Google, hasil pencarian akan dikelompokkan sehingga lebih nyaman untuk dibaca dan untuk saling memperbandingkan antara hasil pencarian atas lokasi tertentu.

Akan ada diberikan keterangan pins berwarna merah dan setiap hasil pencarian merupakan hasil pencarian unik dengan informasi yang relevan atas tempat tersebut serta berbagai tautan dari web. Informasi detail seperti acara yang digelar di lokasi yang terdapat pada hasil pencarian juga bisa ditemukan termasuk juga tautan dari berbagai situs review.

Google juga menambahkan tautan atau ikon khusus untuk Place Search ini pada bagian kiri di mana terdapat panel yang berisi menu untuk mendapatkan hasil pencarian secara spesifik berada. Hasil pencarian oleh Google ini juga akan muncul secara otomatis ketika Google melakukan prediksi bahwa Anda akan melakukan pencarian yang berhubungan dengan lokasi.

Layanan ini belum secara luas bisa digunakan oleh para pengguna Google di seluruh dunia, Anda yang ingin mencobanya bisa menggunakan tautan ini. Google akan meluncurkan fasilitas ini secara bertahap dan akan tersedia untuk lebih dari 40 bahasa dalam beberapa hari ke depan.


Saya mencobanya dan hasil pencarian yang tampil juga sudah termasuk berbagai lokasi di Indonesia, termasuk review yang akan muncul jika lokasi tersebut memiliki review dari berbagai layanan situs yang memungkinkan pengguna melakukan review sebuah lokasi, termasuk juga review dari layanan lokal seperti Urbanesia.

Daftar hasil pencarian lokasi dari Google ini juga akan memberikan tampilan yang yang cukup lengkap, di mana Anda bisa menemukan lebih banyak tautan relevan dalam sekali pencarian, Google menyebutkan sekitar 30-40 hasil pencarian, dan Google juga menjelaskan dalam uji produk Place Search ini, pengguna bisa melakukan penghematan waktu rata-rata sampai 2 detik dalam proses pencarian lokasi lokal.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Flickr Rilis Fitur Baru: People You May Know

Next Story

Fasilitas Baru Dari Goorme: Goorme Mobile Serta Layanan Pencarian Berbasis Lokasi

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan