Dark
Light

Google Perbaharui Fasilitas Grafik di Google Docs

1 min read
October 28, 2010

Google melakukan pembaruan pada layanan Google Docs, khususnya untuk layanan dokumen spreadsheet. Perkembangan terbaru yang dirilis Google antara lain fasilitas pengaturan serta tipe baru dari fasilitas grafik yang ada di spreadsheet.

Kini pengguna bisa memilih beberapa tambahan tipe grafik yang tersedia di Google Docs, misalnya annotated time-lines, grafik berbentuk alat ukur, grafik skema organisasi serta grafik bergerak yang memudahkan untuk memvisualisasikan data yang terus berubah.

Seperti yang dijelaskan pada blog mereka, untuk tipe grafik yang telah ada sebelumnya, Google juga memperbaharui tampilan dari berbagai grafik ini, yaitu dengan melakukan pembaruan pada warna, tampilan layout yang diperbaiki serta pilihan untuk melakukan kustomisasi yang lebih baru.

Pilihan untuk melakukan pengaturan grafik juga diperbaharui, fasilitas yang ditambahkan antara lain, rekomendasi tipe grafik yang sesuai dengan data dari label yang dibuat oleh pengguna, pilihan otomatis untuk warna, serta berbagai fasilitas lain.

Pada pilihan pengaturan ini terdapat juga menu Chart, yang memudahkan pengguna untuk melakukan perubahan tipe grafik serta pilihan Customize yang di dalamnya terdapat berbagai pilihan untuk melakukan kustomisasi pengaturan grafik.

Fasilitas tambahan lain yang diberikan Google yaitu fasilitas untuk menerbitkan grafik ke halaman web diluar layanan spreadsheet. Fitur ini akan ditemukan dengan melakukan klik pada grafik, nantinya akan akan muncul menu pilihan pada bagian kiri atas grafik, klik menu ini dan pilih Publish Chart.

Akan muncul kotak yang berisi kode HTML yang bisa disalin dan ditempelkan di situs yang Anda inginkan. Contoh tipe grafik yang menarik untuk ditempelkan di halaman web Anda adalah tipe grafik bergerak.

Untuk mencoba pengaturan terbaru untuk grafik di spreadsheet Google Docs, Anda bisa menuju tautan goo.gl/newcharts. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang berbagai layanan grafik di Google Docs, bisa dibaca ada tautan ini.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Segera Hadir: Sedapur.com, Tempat Berbelanja Rasa di Dunia Maya

Next Story

Flickr Rilis Fitur Baru: People You May Know

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan