21 August 2022

by Daniel Hamiaz

Elden Ring Terjual Lebih Dari 16,6 Juta Kopi Dalam 6 Bulan Saja

Walau dengan genre yang sangat niche, Elden Ring mampu menjadi game tersukses bagi FromSoftware dan Bandai Namco

Elden Ring diketahui baru saja mencetak sebuah rekor fantastis, dengan penjualan yang menyentuh angka 16,6 juta kopi dari seluruh dunia, baik untuk kopi fisik maupun digitalnya hanya dalam kurun waktu 6 bulan saja sejak pertama kali dirilis.

Hal ini dilaporkan melalui laporan finansial Bandai Namco untuk kuartal pertama tahun fiskal 2023.

Dengan angka setinggi ini, Elden Ring menjadi game tersukses dari FromSoftware dan Bandai Namco, yang mengalahkan judul lain seperti seri Dark Soul yang sudah terjual sekitar 27 juta kopi, dengan kombinasi semua franchise-nya selama bertahun-tahun, dan juga Sekiro: Shadows Die Twice dengan 5 juta kopi per tahun 2020.

Perlu diingat bahwa Elden Ring merupakan sebuah game AAA yang memiliki segmen pasar yang spesifik, sehingga menambahkan arti lain ke pada hasil penjualannya. Apalagi, Elden Ring masih belum merilis DLC apapun, sehingga potensi keuntungan yang dapat diraup di kemudian hari.

Berdasarkan laporan keuangan tersebut, penjualan video game Bandai Namco di tahun ini berhasil mendapatkan angka 40,6 juta yen, dengan lebih dari 11 juta kopi terjual dalam waktu 3 bulan terakhir.

Walaupun meraup angka yang fantastis, ternyata mereka mengalami penurunan keuntungan di tahun ini. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh minimnya perilisan judul game besar baru, dan besarnya biaya pengembangan dan investasi terhadapnya.

Jika Anda tertarik untuk mencoba Elden Ring, Anda bisa cek tips dan trik saat bermain Elden Ring di sini.

Sebelumnya pada bulan Mei, Elden Ring terlapor telah terjual sebanyak 13,4 juta kopi sejak dirilis pada 25 Februari 2022. Sehingga jika dihitung per laporan terakhir, sekitar 3,2 juta kopi lagi berhasil terjual sejak bulan Mei.

Bandai Namco dan FromSoftware telah merilis pernyataan bahwa Elden Ring merupakan awal yang fantastis untuk memulai sebuah franchise baru.

"Berbagai upaya diberikan dalam membuat Elden Ring, sehingga kami bisa melampaui ekspektasi dari para fans di seluruh dunia," ungkap Yasuo Miyakawa, bos Bandai Namco saat awal perilisan Elden Ring. "Dengan cara serupa, kami akan memperluas brand kami lebih dari sekadar game, melainkan ke dalam keseharian setiap orang."

Elden Ring dirilis untuk PC, PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, dan Xbox Series X|S.