10 Tips dan Trik Penting yang Berguna Saat Bermain Elden Ring

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat bermain game ini.

Belum genap satu bulan dirilis, Elden Ring kini telah mencuri banyak waktu para gamer di seluruh dunia. Beberapa gamer telah berhasil menamatkan game-nya, yang lain bahkan berlomba-lomba untuk menjadi yang tercepat untuk menyelesaikan game-nya kembali.

Di samping itu, banyak juga pemain yang masih menikmati petualangan mereka di Lands Between yang menarik untuk dijelajahi dan memiliki berbagai macam rahasia. Namun tidak sedikit juga gamer yang masih kesulitan untuk menaklukan game yang satu ini.

Maka dari itu saya telah merangkum beberapa tips dan trik yang kelihatannya akan berguna untuk para gamer selama berpetualang. Anda juga dapat membaca kompilasi review Elden Ring untuk mengetahui penilaian game ini lebih jauh

1. Musuh dengan mata menyala emas akan menjatuhkan runes ekstra

Image Credit: Bandai Namco

Mari memulai tips dan trik ini dari hal yang paling dasar untuk para pemain baru. Dalam Elden Ring, ada berbagai macam musuh yang akan dihadapi. Namun bila dalam pertarungan Anda menemukan musuh acak yang memiliki mata menyala keemasan maka jangan sampai melewatkannya.

Pasalnya, musuh dengan jenis tersebut akan menjatuhkan runes lebih banyak daripada musuh biasa. Musuh ini juga tidak memiliki perbedaan kesulitan dengan musuh yang lainnya, sehingga menghabisi musuh-musuh ini tentu akan menguntungkan.

2. Jangan malu untuk kabur dari musuh

Image Credit: Bandai Namco

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh para pemain baru di Elden Ring adalah menganggap bahwa semua musuh yang muncul di awal harus dihabiskan. Seperti dalam game ini karena di awal Anda akan menemui musuh besar pertama yaitu Tree Sentinel.

Banyak pemain yang menganggap bahwa bos opsional ini harus dikalahkan meskipun level karakter pada saat itu masih di awal. Memaksa melawan bos ini kemungkinan besar akan berujung dengan kematian.

Karena pada dasarnya keberadaan bos ini adalah cara FromSoftware mengajari para pemain bahwa tidak masalah untuk menghindari musuh.

3. Gunakan stealth sesering mungkin bila kondisinya memungkinkan

Image Credit: Bandai Namco

Stealth merupakan tambahan teknik baru yang dimasukkan ke dalam Elden Ring dari Sekiro. Dengan teknik ini pemain dapat menyerang musuh dari belakang dan mengeluarkan damage besar tanpa harus repot terdeteksi oleh musuh lainnya. Pemain juga bisa menghemat waktu yang akan terbuang untuk menghadapi banyak musuh.

Apalagi, beberapa lokasi di sekitar Land Between bahkan memang dibuat untuk memfasilitasi para pemain untuk menggunakan gaya stealth ini. Sehingga akan disayangkan bila keberadaan opsi stealth ini tidak digunakan sebaik mungkin di dalam game-nya.

4. Menjeda game-nya tanpa mod untuk beristirahat sejenak

Image Credit: Gamerant

Salah satu hal yang kadang tidak disadari pentingnya oleh para pemain adalah ada tombol jeda atau pause yang biasanya ada untuk game-game apapun terutama untuk game offline. Sayangnya, Elden Ring tidak memberikan kemewahan tersebut sehingga pemain harus mencari cara lain untuk mendapatkan hal tersebut.

Pemain bisa masuk ke dalam menu Inventory, pilih salah satu item yang tersedia, kemudian tekan tombol untuk menu Help, dan yang terakhir pilih Menu Explanation.

Hal ini akan membuka halaman penjelasan dan menghentikan permainan selama menu ini terbuka. Tentunya hal ini sangat berguna bila Anda memiliki keperluan mendadak ataupun butuh jeda sejenak.

5. Jangan malas untuk menandai map sejak awal permainan

Image Credit: destructoid

Beberapa pemain Elden Ring biasanya terlambat menyadari bahwa sistem map dalam Elden Ring tidak seperti game RPG biasa yang akan memperbarui titik lokasi, misi, atau hal penting lainnya secara otomatis ketika pemain melakukan petualangan.

Namun di Elden Ring semuanya harus dilakukan secara manual, sehingga para pemain mau tidak mau harus mencatat dan menandai apapun yang mereka temui di map dan mungkin akan pemain datangi kembali. Sehingga ada baiknya pemain mulai membiasakan diri untuk menandai map sejak awal perjalanan.

6. Bereksperimen dengan Ashes of War

Image Credit: Bandai Namco

Berbeda dengan game souls-like sebelumnya, Elden Ring memperkenalkan sistem baru untuk kemampuan senjata para pemain.

Adalah Ashes of War yang dapat memodifikasi serangan dan memberikan serangan spesial seperti holy projectiles, magic deflection, dan attack power boosts.

Di sisi lain, variasi musuh yang ada dalam Elden Ring juga sangat beragam dengan bos dan musuh yang memiliki kelemahan lewat tipe serangan spesifik. Sehingga ada baiknya untuk para pemain untuk terus mencoba berbagai macam skill.

7. Gunakan Rainbow Stone sebelum melompat dari tebing

Image Credit: Bandai Namco

Terlihat remeh, namun keberadaan Rainbow Stone menjadi penting saat Anda berpetualang di Lands Between. Terutama pada daerah yang dipenuhi dengan tebing dan jurang.

Karena Rainbow Stone ini berguna untuk mengecek apakah melompat dari titik Anda berada ke bawah akan aman atau malah membuat Anda mati.

Cukup dengan melempar Rainbow Stones ini ke bawah, bila batu terebut pecah saat mendarat maka berarti Anda juga akan mati bila melompat. Sebaliknya bila batu tersebut mendarat utuh dan menyala, maka berarti Anda juga akan selamat.

8. Naik dan turun kuda bisa jadi penyelamat penting

Image Credit: FromSoftware

Selama berpetualang di dunia Lands Between yang luas, Anda memang akan ditemani oleh kuda ajaib bernama Torrent yang bisa muncul dan hilang begitu saja saat diperlukan. Namun selain sangat berjasa saat berkelana, Torrent ternyata juga bisa menjadi penyelamat saat pertarungan.

Hal ini dikarenakan animasi naik dan turun dari Torrent ternyata memiliki I-frame, yaitu jeda kecil saat animasi berlangsung yang membuat pemain tidak dapat diserang sama sekali. Dengan sedikit latihan Anda dapat memanfaatkan i-frame ini untuk menghindari serangan musuh.

9. Menangkis musuh yang berada di kuda bisa memberikan auto-kill

Image Credit: Bandai Namco

Musuh yang menggunakan kuda memang terkadang bisa menjadi sangat menjengkelkan. Namun untungnya, bila karakter Anda kuat Anda bisa menangkis serangan dari musuh berkuda tersebut dan membuatnya jatuh dari kuda.

Bila berhasil dieksekusi, tangkisan kepada musuh ini akan memberikan hadiah besar karena musuh yang jatuh dari kuda dapat dieksekusi langsung. Namun perlu diingat bahwa bos besar seperti Tree Sentinel kebal terhadap cara ini.

10. Selalu sedia sabun kemanapun pergi

Image Credit: Bandai Namco

Dunia Elden Ring memang memiliki berbagai tantangan dan rintangan kompleks yang harus dihadapi para pemain. Namun FromSoftware juga memberikan banyak solusi untuk masalah-masalah tersebut.

Seperti masalah racun/poison atau juga Scarlet Rot yang memberikan status effect negatif untuk pemain bila terkena. Untungnya, sabun ternyata merupakan solusi mudah dan cepat untuk menghilangkan efek negatif yang tidak bisa hilang dari racun atau Scarlet Rot ini.

Penutup

Itulah tadi 10 tips dan trik penting yang akan berguna saat berpetualang di dalam Elden Ring. Beberapa tips sebenarnya cukup umum, namun mungkin saja ada pemain di luar sana yang baru mengetahui hal tersebut.

Selain itu, Elden Ring masih menyimpan banyak trik dan juga mekanisme tersembunyi yang mungkin belum terungkap. Sehingga bagi Anda yang masih bermain jangan berhenti berpetualang.