24 August 2022

by Galih

Mendekati Perilisannya, Driver Intel Arc Masih Banyak Masalah

Intel tetap berusaha memperbaiki semua masalah yang disebutkan.

Meski sudah terbiasa memproduksi CPU, chipset, dan onboard grafis, Intel nampaknya kesulitan dengan driver untuk Intel Arc.

Rencana Intel untuk dapat mulai memasarkan GPU terbarunya, Intel Arc tahun ini kelihatannya menjadi semakin menantang. Bagaimana tidak, semakin medekati waktu perilisannya semakin banyak juga masalah yang terkuak.

Sebelumnya, masa depan dari GPU Intel ini disebut sudah terancam karena model bisnis yang kurang menarik bagi para penjual. Hal ini disebut berpotensi akan mempengaruhi penjualan Intel Arc, terutama untuk wilayah-wilayah di luar Asia.

Kini, masalah baru muncul terkait driver yang akan digunakan oleh GPU Intel Arc nantinya. Meskipun GPU baru Intel ini memiliki performa yang cukup menjanjikan, namun driver yang kurang sempurna disebut-sebut malah membuat performa GPU-nya turun.

Dikutip dari Videocardz, salah satu reviewer independen yang telah membeli dan mencoba performa dari GPU Intel A380 menyebut bahwa driver yang ada sekarang membuat performa Intel A380 berada di bawah kompetitornya.

Tidak hanya itu, review yang dilakukan oleh Gamers Nexus bahkan menemukan adanya 43 masalah yang berkaitan dengan driver Intel Arc. Parahnya, puluhan masalah tersebut ditemukan hanya dari 1 jenis GPU Intel saja. Padahal Intel memiliki beberapa seri dalam lineup Intel Arc.

Di sisi lain, Intel juga mengeluarkan postingan blog yang menjelaskan keadaan persiapan Intel Arc ini. Salah satunya adalah menjawab berbagai pertanyaan seputar berbagai masalah yang muncul pada driver dari GPU Intel Arc.

Postingan tersebut menyebutkan bahwa setelah mengetahui review dari Gamers Nexus, tim dari Intel langsung berusaha memperbaiki masalah-masalah tersebut. Intel menyebutkan bahwa sudah ada 25 perbaikan terhadap masalah-masalah yang disebutkan.

Salah satu penyebab yang diungkapkan oleh pihak Intel ada pada installer driver yang mereka siapkan. Installer yang disiapkan Intel ini didesain berukuran kecil agar pengguna dapat memulai instalasinya dengan cepat.

Image Credit: Intel

Installer ini nantinya akan mengunduh komponen aplikasi unik yang dibutuhkan sesuai dengan jenis GPU Intel Arc yang dimiliki. Namun sayangnya, proses unduhan lanjutan ini banyak mengalami kegagalan.

Maka dari itu, pada akhir tahun nanti Intel akan mengubah installer driver GPU mereka menjadi paket penuh. Sehingga semua file yang dibutuhkan sudah tersedia dan tidak akan ada lagi masalah installer.

Selain itu, pihak Intel juga menyebutkan bahwa mereka juga telah siap memberikan dukungan sejak hari pertama untuk game-game baru seperti Saints Row dan Madden NFL 23. Sekaligus memberikan perbaikan dan optimalisasi terhadap game-game yang sudah dirilis.

Beberapa perbaikan yang disebutkan antara lain masalah crash pada Stray dan Horizon Zero Dawn, hingga perbaikan performa untuk Marvel Spider-Man. Intel pun berjanji bahwa mereka akan merespon setiap laporan dari press review lainnya.