19 October 2022

by Glenn Kaonang

DreamWorks Luncurkan NFT Trolls, Bisa Jadi Karakter Metaverse

NFT Trolls ini merupakan hasil kolaborasi DreamWorks dengan Gala, pengembang platform metaverse VOXverse

DreamWorks resmi menjejakkan kakinya ke ranah Web3. Studio film animasi asal Amerika Serikat tersebut belum lama ini meluncurkan koleksi NFT di blockchain Ethereum berdasarkan salah satu franchise film animasi terpopulernya, Trolls.

Total sebanyak 8.888 aset NFT Trolls telah ditawarkan ke publik secara luas melalui marketplace NFT Coinbase sejak tanggal 15 Oktober lalu. Masing-masing asetnya dihargai 0,888 ETH, dan sampai artikel ini ditayangkan, tercatat sudah ada lebih dari 1.500 aset NFT Trolls yang terjual, dengan total volume transaksi nyaris menyentuh angka 1.400 ETH.

Karakter yang hadir dalam koleksi ini cukup bervariasi, mulai dari yang sangat populer seperti Poppy dan Branch, sampai Yarn Snake. Pun demikian, identitas karakter yang didapat masing-masing pembeli masih dirahasiakan dalam sesi minting awal ini, dan wujud lengkapnya baru akan disingkap pada akhir bulan Oktober nanti.

DreamWorks tidak sendirian dalam menggarap proyek NFT perdananya ini. Mereka bekerja sama dengan platform NFT Gala untuk menghadirkan beragam utilitas. Yang paling utama, semua NFT Trolls ini nantinya dapat digunakan sebagai karakter dalam VOXverse, platform metaverse yang sedang Gala kembangkan bersama pencipta game SimCity. Itulah mengapa tampilan NFT-nya sengaja dibuat blocky demi menyesuaikan dengan arahan visual VOXverse.

Di luar itu, menjadi pemilik NFT Trolls juga berarti mempunyai kesempatan untuk memenangkan NFT lahan virtual VOXverse, token Gala Music, serta NFT Gala Film. Melengkapi semua itu adalah akses ke jaket hoodie DreamWorks Trolls x VOX edisi terbatas.

Sebelum Trolls, Gala sudah lebih dulu merilis tiga koleksi NFT lain untuk VOXverse, yaitu Town Star, Mirandus, dan AMC's The Walking Dead — ketiganya diadaptasikan dari game NFT berjudul sama yang masing-masing diterbitkan melalui platform Gala. Sejauh ini belum ada informasi apakah Gala juga akan berkolaborasi dengan brand lain dalam menghadirkan NFT untuk VOXverse.

Dibandingkan studio film lain, DreamWorks terbilang masih malu-malu dalam menjalankan inisiatif Web3-nya. Bandingkan dengan Fox misalnya, yang bahkan memiliki divisi khusus Web3, dengan proyek NFT yang sudah cukup bervariasi.

Via: Rarity Sniper.