8 December 2022

by Glenn Kaonang

8 Proyek NFT Bagi Penggemar Sepak Bola Sejati

NFT memberi kesempatan bagi para penggemar untuk mengabadikan momen-momen favoritnya di sepak bola

Piala Dunia 2022 menghadirkan berbagai kejutan. Sejumlah tim yang dijagokan menjadi juara justru harus pulang lebih awal usai dikalahkan oleh tim kuda hitam. Momen-momen tidak terlupakan pun beberapa kali terjadi, seperti misalnya gol Jepang ke gawang Spanyol yang memicu perdebatan, sekaligus yang menjadi penentu kepulangan Jerman setelah menjalani hanya babak grup saja.

Dari masa ke masa, sepak bola memang penuh dengan momen-momen yang tidak terduga. Bukan cuma di Piala Dunia tahun ini, di kompetisi sebelum-sebelumnya pun juga sebenarnya banyak momen menarik yang terjadi. Hal yang sama pun juga berlaku untuk kejuaraan dan liga tingkat domestik. Singkat cerita, selama ada bola yang bergulir di lapangan, di situ pasti ada momen yang pantas untuk diabadikan.

Yang menarik, sekarang ada cara bagi para penggemar sejati sepak bola untuk mengoleksi momen-momen terbaik tersebut. Ya, saya berbicara tentang NFT. Maraknya tren NFT dalam dua tahun terakhir memicu munculnya banyak proyek NFT bertema sepak bola. Bahkan liga sepak bola tanah air pun juga punya proyek NFT-nya sendiri.

Sebagian besar proyek NFT sepak bola ini menawarkan kesempatan untuk mengoleksi momen-momen terbaik yang terjadi, akan tetapi ada pula yang berfungsi sebagai permainan untuk dinikmati di kala senggang. Berikut adalah daftar proyek NFT sepak bola yang wajib Anda ketahui.

1. FIFA+ Collect

Kita mulai dari proyek yang datang langsung dari sang penyelenggara ajang Piala Dunia itu sendiri, FIFA. September lalu, asosiasi sepak bola internasional itu memperkenalkan platform NFT-nya sendiri yang diberi nama FIFA+ Collect. Dibangun di atas blockchain Algorand, FIFA+ Collect membuka kesempatan untuk mengoleksi momen-momen terbaik yang pernah terjadi di Piala Dunia dan PIala Dunia Wanita.

Saat artikel ini ditulis, tercatat sudah ada empat koleksi NFT yang dirilis di FIFA+ Collect. Masing-masing dijual per pak berisikan 3 aset NFT dengan tingkat kelangkaan (rarity) yang acak. Harga per paknya berada di kisaran $5 sampai $10, namun bagi yang beruntung mendapatkan NFT dengan rarity Epic atau Iconic, mereka tentu bisa menjualnya di secondary marketplace dengan harga yang lebih tinggi.

2. Aera by OneFootball

AC Milan, Juventus, Lazio, nama-nama ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga para penggemar liga Serie A. Kabar baiknya, mereka sekarang juga dapat mengoleksi momen-momen paling top yang terjadi di liga sepak bola utama Italia tersebut berkat platform NFT Aera by OneFootball.

Agar lebih menarik, Aera sengaja merilis koleksi NFT-nya secara tematik, misalnya momen-momen terbaik yang diciptakan oleh para striker di Serie A di era 90-an — Christian Vieri, Gabriel Batistuta, Oliver Bierhoff, dan masih banyak lagi. Aera dibangun di atas blockchain Flow, sama seperti yang digunakan oleh platform NFT olahraga terpopuler NBA Top Shot.

3. LaLiga Golazos

Lebih tertarik dengan rivalitas abadi Barcelona dan Real Madrid? Well, ada platform NFT bernama LaLiga Golazos yang siap memfasilitasi. Seperti Aera, platform yang baru diperkenalkan pada bulan Oktober kemarin ini juga menggunakan Flow sebagai infrastrukturnya.

Juga serupa adalah rilisan koleksi NFT secara tematik, semisal yang secara khusus menampilkan momen-momen dari laga Madrid Derby (Real Madrid vs. Atlético Madrid), Basque Derby (Real Sociedad vs. Athletic Club), dan tentu saja El Clásico itu tadi.

4. Topps

Beralih ke Bundesliga alias liga Jerman, ada platform NFT besutan Topps yang bisa dikunjungi. Secara teknis, Topps sebenarnya juga mengemas NFT dari sejumlah cabang olahraga lain, akan tetapi kebetulan mereka juga memegang lisensi resmi untuk merilis NFT momen-momen terbaik yang terjadi di Bundesliga musim 2022/2023 dan musim-musim sebelumnya.

Sama seperti tiga platform NFT sepak bola sebelumnya, Topps juga merilis NFT-nya dalam bentuk bundel berisi acak. Jumlah bundelnya sendiri dibatasi, sehingga kalau sudah habis, maka satu-satunya cara untuk mengoleksi adalah dengan membeli di secondary marketplace.

5. ELVN

Korea Selatan tampil cukup gemilang di Piala Dunia 2022 meski akhirnya harus bertekuk lutut di hadapan Brasil. Kejuaraan tingkat domestiknya — K League — juga menarik untuk diikuti, dan itu bisa dilihat dari koleksi NFT momen-momen terbaik yang ditawarkan oleh platform ELVN.

Seperti biasa, NFT di ELVN dijual dalam bentuk pak berisi acak, dan masing-masing aset di dalamnya dapat diperdagangkan secara bebas di secondary marketplace. Yang sedikit berbeda adalah, pengguna ELVN juga punya kesempatan untuk mendapatkan NFT langka yang tidak dijual dengan cara mengoleksi minimal 11 NFT.

6. Bolafy

Dan tibalah kita pada liga sepak bola tanah air, yang dikenal dengan nama resmi Liga 1. Adalah Bolafy, platform besutan perusahaan bernama Moflip yang memberi kesempatan kita untuk mengoleksi NFT momen-momen terbaik yang diciptakan oleh Persija Jakarta, PSIS Semarang, maupun klub-klub anyar macam Borneo FC dan Putra Delta Sidoarjo FC.

Demi memudahkan pengguna, Bolafy sama sekali tidak melibatkan mata uang crypto di platformnya. Semua NFT di Bolafy dapat dibeli menggunakan rupiah, dengan harga di kisaran 15 ribu sampai 500 ribu rupiah. Berkat penggunaan blockchain Polygon, biaya minting NFT di Bolafy juga relatif murah, persisnya 2 ribu rupiah saja.

7. Sorare

Sorare adalah permainan fantasy football yang dimainkan menggunakan kartu-kartu NFT. Kalau mau diibaratkan, Sorare ini semacam hasil kawin silang Magic the Gathering dan FIFA Ultimate Team, yang kemudian dikukus dalam panci blockchain sampai benar-benar matang. Popularitas Sorare tidak main-main, dan itu bisa dilihat dari sosok-sosok yang menjadi brand ambassador-nya, yakni Kylian Mbappé dan Lionel Messi.

Tercatat ada lebih dari 300 klub dari berbagai liga yang NFT pemain-pemainnya tercantum di Sorare. Yang menarik, Sorare mengadopsi mekanisme free-to-play, yang berarti pengguna bisa mencoba bermain terlebih dulu menggunakan kartu-kartu non-NFT sebelum mengeluarkan uang.

Sepak bola bukan olahraga favorit Anda? Sorare juga punya permainan yang sama untuk MLB (bisbol) dan NBA (basket).

8. Socios

Terakhir, ada platform NFT sepak bola dari nama yang mungkin sudah tidak asing lagi di dunia crypto, yakni Socios. Sebelumnya hanya berkutat dengan fan token, Socios belum lama ini mulai menjajakan NFT di platformnya. Sejumlah klub besar yang sudah merilis NFT di Socios sejauh ini mencakup Paris Saint-Germain, Valencia, AC Milan, Juventus, dan FC Barcelona.

Kalau fan token Socios dibuat untuk 'memberikan suara' kepada para penggemar sepak bola, NFT-nya diciptakan untuk menyuguhkan insentif-insentif ekstra yang tidak bisa didapatkan dengan uang. NFT Socios di-mint di blockchain Ethereum, yang berarti pengguna bisa memperdagangkannya di berbagai marketplace, termasuk halnya OpenSea.

Gambar header: Peter Galser via Unsplash.