4 July 2022

by Glenn Kaonang

Game Fantasy Football Berbasis NFT Sorare Kian Laris Berkat Mbappé

Kylian Mbappé resmi bergabung dengan game NFT Sorare sebagai investor sekaligus ambassador

Sorare, sebuah permainan fantasy football yang menggunakan NFT sebagai kartu pemainnya, belakangan ini menerima banyak sorotan setelah berhasil menjalin kemitraan dengan Kylian Mbappé.

Dalam siaran pers, diumumkan bahwa striker muda berdarah Prancis tersebut telah resmi bergabung dengan Sorare sebagai ambassador sekaligus investor. Mbappé menyusul salah satu bek andalan Barcelona, Gérard Piqué, yang sebelumnya sudah lebih dulu berperan sebagai investor dan penasihat strategis Sorare.

Kehadiran Mbappé sebagai ambassador pertama Sorare diharapkan dapat meningkatkan popularitas Sorare secara drastis. Mbappé merupakan salah satu atlet sepak bola paling tenar saat ini, dan penyerang andalan klub Paris Saint-Germain ini berhasil terpilih sebagai cover athlete dari game FIFA selama dua tahun berturut-turut.

Sejauh ini, strategi tersebut rupanya sudah membuahkan hasil. Decrypt melaporkan bahwa, berdasarkan data dari platform analytics CryptoSlam, penjualan NFT Sorare di secondary market meningkat pesat semenjak berita kemitraannya dengan Mbappé diangkat media massa pada tanggal 29 Juni lalu. Dalam kurun waktu hanya sekitar 24 jam, Sorare mencatatkan volume penjualan sebesar $6,6 juta, atau naik sebanyak 795% dari hari sebelumnya.

Angka tersebut jauh melebihi volume transaksi proyek NFT lain yang datanya dipantau oleh CryptoSlam; bahkan proyek setenar CryptoPunks pun hanya mencatatkan volume nyaris $3,2 juta pada periode yang sama. Kalau ditotal, Sorare pekan lalu mencatatkan volume transaksi sebesar $10,1 juta, hanya terpaut sedikit dari Bored Ape Yacht Club yang mencatatkan volume nyaris $12 juta.

Didirikan pada tahun 2018, Sorare sejauh ini tercatat memiliki valuasi perusahaan sebesar $4,3 miliar. Posisi kantornya yang berada di Paris, Prancis tentu membuat kemitraannya dengan Mbappé terkesan semakin ideal, dan kebetulan Prancis sendiri merupakan salah satu negara yang paling banyak mencari tahu soal Sorare di samping Italia.

Di luar sepak bola, Sorare berencana merambah bidang olahraga lain, yaitu bisbol. Pada bulan Mei lalu, Sorare berhasil menjalin kerja sama dengan Major League Baseball (MLB) untuk meluncurkan permainan fantasy baseball berbasis NFT di musim panas tahun ini juga.

Sumber: Financial Times.