19 October 2022

by Glenn Kaonang

Gandeng NBA, Sorare Hadirkan Permainan Fantasy Basketball Berbasis NFT

Setelah sukses dengan cabang sepak bola dan bisbol, game NFT Sorare kini resmi merambah cabang olahraga bola basket

Berawal dari fantasy football, game NFT Sorare terus mengembangkan cakupannya ke cabang olahraga lain. Yang terbaru, Sorare baru saja meluncurkan versi beta dari permainan fantasy basketball berbasis NFT-nya dengan bekerja sama dengan liga basket paling populer sedunia, National Basketball Association (NBA).

Kehadiran Sorare: NBA menjadi kian melengkapi penawaran perusahaan asal Prancis tersebut bagi para penggemar permainan fantasy sports. Sebelumnya, Sorare sudah lebih dulu melebarkan sayapnya ke ranah fantasy baseball lewat permainan Sorare: MLB yang diluncurkan pada bulan Mei 2022. Sama seperti Sorare: Football dan Sorare: MLB, Sorare: NBA juga menawarkan kartu-kartu atlet profesional berlisensi resmi.

Juga tidak berubah adalah mekanisme free-to-play yang diterapkan. Para pemain Sorare: NBA sama sekali tidak perlu keluar uang dan bisa mulai bermain menggunakan set kartu gratisan. Namun tentu saja, mereka juga punya opsi untuk membeli kartu NFT, dan kartu-kartu ini pun bisa diperdagangkan di secondary market bersama para pengguna lain.

Sorare: NBA menawarkan kartu NFT dari 30 tim basket yang berlaga di NBA. Distribusinya sendiri dibagi berdasarkan empat tingkat kelangkaan yang berbeda: 5.000 di kategori Limited, 1.000 Rare, 100 Super Rare, dan 1 Unique. Untuk kartu-kartu non-NFT yang didapatkan saat mendaftar akun Sorare, semuanya masuk kategori Common, dan kompetisi di kategori ini akan selalu dipisahkan dari yang lainnya.

Di awal debutnya, Sorare: NBA baru menyediakan turnamen untuk kategori Common. Ini dimaksudkan supaya para pemain punya waktu yang cukup untuk memperbanyak dan melengkapi koleksi kartunya demi menyambut turnamen di kategori yang lebih tinggi.

Untuk mengikuti turnamen di kategori tertentu di Sorare: NBA, pengguna harus memiliki jenis kartu yang sesuai / Sorare

Popularitas Sorare seakan tidak terbendung oleh lesunya pasar NFT belakangan ini. Mengutip informasi yang diterima VentureBeat, Sorare sejauh ini memiliki lebih dari 2 juta pengguna yang tersebar di 185 negara. Dibandingkan tahun lalu, jumlah transaksi kartu di Sorare pada babak pertama 2022 naik hingga lebih dari 7x lipat. Dalam enam bulan terakhir, Sorare mengalami kenaikan volume perdagangan sebesar 250%.

Spesifik untuk Sorare: MLB yang baru berusia beberapa bulan, permainan ini rupanya sudah mampu membukukan volume perdagangan sebesar lebih dari $6 juta. Hebatnya lagi, 85% dari total pemain Sorare: MLB berasal dari luar Amerika Serikat, membuktikan bahwa permainan ini tidak sebatas jago kandang.