Build Xiangling Genshin Impact Terbaik: Artifact, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

"Out of the frying pan, into the fire! Guoba, get them!" - Xiangling

Xiangling merupakan salah satu karakter di Genshin Impact yang mengaburkan batasan antara karakter DPS dan support. Sekilas cara bermainnya seperti karakter support, namun damage yang dihasilkan mampu bersaing dengan karakter DPS lain, bahkan DPS B5 sekalipun. Apa lagi kemampuan hebat Xiangling lainnya? Apa saja yang diperlukan untuk mewujudkan build terbaik Xiangling? Simak penjelasannya berikut ini:

Build Xiangling Genshin Impact Terbaik

 

Overview Gameplay Xiangling

Xiangling merupakan karakter B4 Pyro bersenjatakan polearm. Ia merupakan salah satu dari sedikit karakter yang bisa dimainkan dengan berbagai role, mulai dari main DPS, sub-DPS, enabler, hingga support. Damage Xiangling sebagian besar terletak pada Elemental Burst-nya, sedangkan Elemental Skill-nya berfungsi untuk memberikan damage off-field tambahan.

Xiangling merupakan karakter yang bisa pemain dapatkan secara gratis setelah menyelesaikan lantai 3 Spiral Abyss. Semua kemampuannya sudah tersedia lengkap pada C0 alias tanpa konstelasi. Cara bermain yang mudah juga menjadi kelebihannya, meskipun targeting yang aneh dari Guoba sudah menjadi permasalahan tersendiri sejak Genshin Impact pertama dirilis.

Elemental Burst-nya akan memanggil Pyronado, sebuah serangan Pyro yang akan mengorbit pada karakter aktifWaktu yang dibutuhkan tidaklah panjang untuk mengeluarkan semua skill-nya, sehingga Anda tinggal mengganti ke karakter lain untuk melanjutkan rotasi.

Sebagai karakter Pyro, Xiangling dapat dengan mudah mengakses reaksi kuat seperti Vaporize dan Melt. Setiap ayunan Pyronado tidak memiliki internal cooldown, sehingga Xiangling dapat menghasilkan damage yang sangat tinggi. Untuk reaksi Melt, perlu diingat bahwa elemen Pyro lebih kuat dibandingkan Cryo. Dengan demikian, Xiangling lebih sering digunakan sebagai enabler ketimbang merasakan manfaat dari Melt itu sendiri.

Salah satu kelemahan Xiangling terletak pada energy cost yang tinggi seperti karakter off-field DPS kebanyakan. Namun, cukup dengan memasangkan Xiangling dengan Bennett, permasalahan ini dapat diatasi dengan mudah. Banyak sekali komposisi tim yang terbentuk dari pasangan karakter tersebut, sehingga bisa dikatakan Bennett dan Xiangling merupakan salah satu duet terkuat di Genshin Impact.

Elemental Skill - Guoba Attack

Xiangling akan memanggil Guoba yang akan menyerang musuh secara berkala, memberikan Pyro DMG.

Elemental Burst - Pyronado

Xiangling akan memanggil Pyronado, yang akan berputar mengitari karakter aktif. Musuh yang terkena Burst ini akan menerima Pyro DMG.

Talenta Pasif 1: Crossfire

Jarak serang Elemental Skill akan bertambah sebanyak 20%.

Talenta Pasif 2: Beware, It's Super Hot!

Saat durasi Elemental Skill berakhir, Guoba akan meninggalkan buff di tanah, yang ketika diambil akan menambah ATK sebesar 10% untuk karakter tersebut selama 10 detik.

Talenta Pasif 3: Chef de Cuisine

Saat Xiangling memasak food tipe ATK secara sempurna, ada peluang untuk mendapatkan hasil ganda sebesar 12%.

Prioritas Talenta: Elemental Burst > Elemental Skill

Konstelasi

Konstelasi Penting: C4

Secara sederhana, konstelasi Xiangling dapat dijelaskan seperti ini:

C1: Pyro RES musuh yang terkena serangan Guoba akan berkurang sebanyak 15% selama 6 detik.

C2: Serangan Normal Attack terakhir Xiangling akan menandai musuh. Tanda tersebut akan meledak setelah 2 detik, memberikan damage Pyro secara AoE.

  • (Konstelasi ini tidak terlalu berguna, mengingat Xiangling jarang menggunakan Normal Attack-nya).

C3: Elemental Skill bertambah 3 level.

C4: Durasi Elemental Burst bertambah 40%.

C5: Elemental Burst bertambah 3 level.

C6: Setelah Elemental Burst diaktifkan, anggota tim akan menerima 15% Pyro DMG Bonus hingga durasinya habis.

  • (Konstelasi ini tidak mempengaruhi damage dari Pyronado karena bonus damage yang diberikan baru aktif setelah mengeluarkan Elemental Burst).

Artifact

Karena berorientasi pada Burst, maka Artifact terbaik Xiangling adalah 4-pc Emblem of Severed Fate. Selain memberikan ER% tambahan, Artifact ini juga akan meningkatkan damage Burst Xiangling berdasarkan ER% yang dimilikinya.

Pilihan Artifact lainnya adalah 4-pc Crimson Witch of Flames. Artifact ini akan meningkatkan damage berbasis Pyro dengan angka yang lumayan tinggi. Namun sayangnya, efek 4 setnya tidak bisa dimanfaatkan oleh Xiangling secara utuh.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan kombinasi antara 2-pc Emblem of Severed Fate, 2-pc Crimson Witch of Flames, 2-pc Noblesse Oblige, atau 2-pc Gladiator's Finale.

Rekomendasi ER: 180-200% (DPS) / >200% (enabler)

Main stat yang dicari:

  • Sands: ER% / Elemental Mastery / ATK%
  • Goblet: Pyro DMG Bonus%
  • Circlet: Crit Rate/DMG%

Prioritas substat: Crit Rate/DMG% > Energy Recharge% > ATK% > Elemental Mastery

Senjata

Untuk bagian senjata akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu senjata terbaik dan senjata F2P terbaik.

Secara keseluruhan, Engulfing Lightning merupakan senjata terbaik untuk Xiangling. Senjata ini akan memberikan ER% dan ATK% yang sangat banyak untuk Xiangling, dengan base ATK yang tinggi pula. Dan untuk alternatifnya, Anda tinggal memilih polearm terbaik Anda.

Staff of Homa merupakan senjata yang bagus untuk Xiangling karena memiliki substat Crit DMG yang tinggi, dengan efek pasif yang lumayan bagus. Contoh pilihan senjata lain yang bisa Anda gunakan adalah Wavebreaker’s Fin, Primordial Jade-Winged Spear, Deathmatch, dan Skyward Spine.

Senjata F2P terbaik untuk Xiangling adalah The Catch. Selain karena gratis, substat dan efek pasif dari senjata ini sangatlah bagus untuk Xiangling. Namun, Anda perlu mendapatkan senjata ini hingga refinement 5 untuk hasil yang optimal melalui fitur memancing, yang membutuhkan waktu dan kesabaran. Sebagai alternatif, Anda bisa memakai antara Dragon's Bane, Missive Windspear, Blackcliff Pole, atau Favonius Lance guna mewujudkan build terbaik Xiangling.

Dragon's Bane pada R5 mampu bersaing dengan The Catch, khususnya dalam tim Vaporize. Salah satu kondisi yang paling cocok untuk senjata ini adalah ketika Xiangling berada di tim Raiden National, yang selain reaksi Vaporize akan mudah terpicu, Raiden Shogun juga mampu memenuhi kebutuhan energi Xiangling, sehingga substat ER pada The Catch akan ditutupi oleh Raiden Shogun.

Missive Windspear memiliki efek pasif yang cukup kuat. Namun untuk mengaktifkannya, Xiangling perlu memicu reaksi elemen terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda perlu menyesuaikan rotasi tim Anda saat menggunakan senjata dari event ini.

Komposisi Tim

Tim paling terkenal di Genshin Impact adalah tim National, dan Xiangling merupakan main DPS di tim ini. Dengan kombinasi Xiangling, Bennett, dan Xingqiu, Xiangling mampu menghasilkan damage yang sangat besar. Untuk karakter terakhir, Anda bisa mengisinya dengan karakter yang Anda punya atau yang Anda butuhkan, misalnya seperti Chongyun, Fischl, Sucrose, dan lain sebagainya.

Varian lain dari tim National adalah tim International, yang anggotanya berasal dari 4 negara berbeda di Teyvat. Tim ini beranggotakan Childe, Xiangling, Bennett, dan Kazuha.

Tingkat kesulitan dari tim ini lebih tinggi dibandingkan dengan varian tim National lain, sehingga rotasi yang tepat menjadi kunci dalam memaksimalkan damage yang dihasilkan. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai rotasi ini, Anda bisa cek di bagian tips.

Berbanding terbalik dengan International, tim Raiden National merupakan salah satu varian tim National dengan cara bermain yang paling mudah. Damage yang dihasilkan juga tinggi, khususnya saat melawan musuh bertipe single-target. Dengan kemampuan Raiden Shogun yang bisa mengisi energi 1 tim, stat Energy Recharge Xiangling bisa dikurangi dan diganti dengan stat offensive lain seperti ATK%, Crit Rate/DMG%, atau Elemental Mastery pada Artifact maupun senjata.

Perlu diingat bahwa main DPS di tim ini tetaplah Xiangling dan bukan Raiden Shogun, sehingga prioritas pemilihan senjata DPS (seperti The Catch) untuk Xiangling lebih tinggi dibandingkan Raiden Shogun (kecuali Engulfing Lightning)

Tim Sukokomon merupakan sebuah tim yang memanfaatkan reaksi Swirl terhadap 3 elemen sekaligus dalam satu waktu. Anggota di tim ini adalah Xiangling, Sucrose, Kokomi, dan Fischl.

Istilah Sukokomon merupakan singkatan dari Sucrose Kokomi Pokemon. Tim ini memanfaatkan karakter-karakter dengan skill deployable. Sayangnya, komposisi tim ini belum memiliki karakter alternatif. Tingkat kesulitan bermain tim ini lebih tinggi dibandingkan tim lain karena membutuhkan pengetahuan rotasi dan timing yang pas. Untuk detail rotasi lengkapnya, Anda bisa cek di bagian tips.

Karena tidak adanya Bennett atau karakter Pyro Battery lain di tim ini, Xiangling memerlukan Energy Recharge hingga 300%.

Reverse Melt merupakan salah satu komposisi tim yang memiliki damage output yang sangat tinggi, dengan karakter-karakter yang relatif mudah didapatkan. Secara umum, tim ini berisikan Xiangling, Bennett, Kaeya, dan Rosaria. Di tim ini, karakter Cryo lah yang menjadi main DPS-nya, sedangkan Xiangling dan Bennett akan berperan sebagai enabler dan support.

Varian dari tim Reverse Melt lain adalah Ganyu Melt. Contoh komposisi tim ini adalah Ganyu, Xiangling, Bennett, dan Zhongli/Diona. Jika Anda tidak membutuhkan shielder, Anda bisa mengganti dengan karakter Anemo seperti Kazuha atau Sucrose.

C6 Xiangling akan meningkatkan Pyro DMG anggota tim selama durasi Burst-nya aktif. Dengan demikian, kemampuan ini bisa dimanfaatkan oleh karakter Pyro lain, contohnya seperti Klee dan Bennett. Untuk karakter terakhir, Anda bisa menggunakan karakter Anemo seperti Kazuha atau Venti, atau mungkin Zhongli jika membutuhkan karakter defensif. Perlu diingat bahwa C6 Xiangling tidak akan meningkatkan damage Pyronado Xiangling itu sendiri.

Selain bermain bersama Double Geo, Xiao juga bisa bermain dengan pasangan Bennett & Xiangling. Anggota tim ini berisikan Xiao, Sucrose, Xiangling, dan Bennett. Di tim ini, Bennett akan meningkatkan damage Xiao dan Xiangling secara bersamaan serta menyediakan heal, lalu Sucrose akan membantu memaksimalkan damage Pyro yang dihasilkan Xiangling melalui Viridescent Venerer dan juga menghasilkan partikel energi untuk Xiao.

Tips Xiangling Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

  1. Elemental Skill dan Burst Xiangling menerapkan mekanik Snapshot. Mekanik ini akan mengambil stat terakhir setelah skill digunakan. Ini menjadi salah satu alasan mengapa Xiangling kerap kali dipasangkan dengan Bennett demi mewujudkan build yang terbaik. Hanya dengan berdiri sebentar di Burst Bennett, maka Xiangling akan mendapatkan buff ATK hingga durasi Elemental Burst-nya habis, walaupun Xiangling sudah tidak berada dalam lingkaran Burst Bennett.

  2. Swirl merupakan reaksi antara Anemo dan elemen lain (selain Geo dan Dendro). Untuk menghasilkan reaksi elemen ini, pemain akan memberikan elemen Anemo kepada musuh yang sudah memiliki aura yang menempel di tubuhnya.

Namun ada sebuah teknik swirl dari Xiangling yang tidak melalui cara tersebut. Teknik ini disebut dengan Guoba Swirl. Jadi, sesaat sebelum Guoba akan melancarkan serangan, ada satu momen Guoba akan terinfusi dengan Pyro. Dengan timing yang pas, pemain bisa melakukan Swirl Pyro, tanpa bergantung terhadap musuh. Indikator yang diberikan pada Guoba adalah ketika ada tanda seru di atasnya, sesaat sebelum menyemburkan api. Untuk cara lebih detailnya, Anda bisa cek video di bawah ini:

Berikut ini merupakan rotasi tim International:

?t=157

dan rotasi tim dari Sukokomon:

Perlu diingat bahwa untuk mendapatkan hasil terbaik dari tim Sukokomon, Anda perlu menguasai teknik Guoba Swirl, yang telah dijelaskan sebelumnya.

Penutup

Xiangling merupakan salah satu karakter terbaik, yang bahkan hingga kini belum memiliki pengganti yang sepadan. Kemampuannya dalam memberikan aura Pyro kepada musuh sekitar secara konsisten — tanpa internal cooldown — dan dengan cakupan yang luas sepertinya akan susah untuk ditemukan lagi. Ditambah lagi, Xiangling merupakan karakter gratis, yang menjadikan dirinya sebagai tolok ukur yang sulit disaingi di masa depan.

Itu tadi build Xiangling Genshin Impact terbaik yang bisa Anda praktikkan sendiri. Selamat mencoba!