21 August 2023

by Daniel Hamiaz

Build Lyney Genshin Impact Terbaik: Artifact, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

"You never know what can happen in the blink of an eye..." - Lyney

Sebagai karakter limited pertama asal Fontaine, Lyney menyajikan sebuah pertunjukkan baru dalam bermain Genshin Impact. Meski gameplay-nya terlihat sederhana, namun ternyata banyak hal detail yang perlu diperhatikan. Cara bermain ini mirip dengan personanya sebagai Magician.

Bagaimanakah cara untuk membuat permainannya menakjubkan? Simak ulasan Build Lyney Genshin Impact terbaik berikut ini:

Build Lyney Genshin Impact Terbaik

Overview Gameplay

Lyney merupakan karakter B5 Pyro bersenjata bow dengan Arkhe: Pneuma. Secara sederhana, permainan Lyney berfokus di dua hal, yaitu Charged Attack Lv.2 dan pengumpulan stack yang disebut dengan Prop Surplus Stack. Lyney dikategorikan sebagai karakter DPS on-field. 

Setiap kali Charged Attack Lv.2 dilakukan, Lyney akan membayar sebagian dari HP-nya. Pembayaran HP ini hanya bisa dilakukan jika HP-nya berada di atas 60%. Jika pembayaran berhasil dilakukan, maka Lyney akan mendapatkan 1 Prop Surplus Stack. Jumlah maksimalnya adalah sebanyak 5 tumpuk.

Prop Surplus Stack juga bisa dihasilkan ketika Lyney berhasil melancarkan Elemental Burst. Jadi untuk mendapatkan stack, ada dua cara yang bisa dilakukan, yakni melalui Charged Attack dan Elemental Burst.

Lalu apa fungsi dari Prop Surplus Stack? Fungsinya terikat di Elemental Skill-nya. Saat diaktifkan, Lyney akan mengeluarkan kembang api yang akan memberikan Pyro DMG ke sekitar. Damage ini akan bertambah sesuai dengan jumlah stack yang dimiliki. Selain itu, Lyney juga akan memulihkan HP berdasarkan Stack yang ada. Stack akan di-reset usai menggunakan Elemental Skill.

Mekanik manipulasi HP ini, baik pengurangan maupun pemulihan, sepertinya akan menjadi tema besar untuk karakter-karakter Fontaine mendatang. Hal ini menjadi penting karena mekanik ini sangat berkaitan dengan masing-masing talenta pasif karakter hingga syarat dari Artifact baru, 4-pc Marechaussee Hunter.

Berbeda dengan karakter DPS Pyro lain, Lyney lebih diuntungkan ketika bermain di dalam tim Mono Pyro dibandingkan ketika memanfaatkan reaksi elemen seperti Vaporize atau Melt. Hal ini dikarenakan talenta pasifnya yang akan memberikan tambahan damage secara signifikan ketika musuh yang diserang memiliki aura Pyro. Talenta ini juga akan memberikan tambahan buffdamage lagi berdasarkan jumlah karakter Pyro di dalam tim, sehingga semakin mempertegas cara bermain tersebut.

Meski Lyney tidak seperti Nilou yang benar-benar melarang pemakaian karakter dengan elemen tertentu di dalam timnya, namun perbedaan performa Lyney di tim optimalnya, yakni Mono Pyro, benar-benar terasa jika dibandingkan dengan bermain di komposisi tim yang umum digunakan.

Charged Attack: Card Force Translocation

Sumber damage primer dari Lyney terletak pada Charged Attack-nya, atau lebih tepatnya Charged Attack Lv. 2-nya. Saat ditembakkan, Lyney akan memunculkan topi di sasaran. Topi tersebut dapat memberikan efek taunt kepada musuh sekitar. Jika hancur atau durasinya habis, topi ini akan meledak dan menyerang 1 musuh terdekat.

Jika HP Lyney berada di atas 60%, Charged Attack Lv.2 akan mengurangi darah Lyney sebanyak 20%. Pengurangan ini tidak akan melampaui 60% di bawah HP maksimum Lyney. Jika pengurangan ini berhasil, Prop Surplus Stack akan terkumpul 1 tumpuk, dengan jumlah maksimal sebanyak 5 tumpuk.

Stack akan hilang jika Lyney berada di luar pertarungan selama lebih dari 30 detik.

Elemental Skill - Bewildering Lights

Saat diaktifkan, Lyney akan memberikan serangan Pyro secara area. Damage yang dihasilkan akan bertambah sesuai jumlah Prop Surplus Stack yang sudah dikumpulkan. HP Lyney juga akan pulih berdasarkan Stack yang dikonsumsi.

Elemental Burst - Wondrous Trick: Miracle Parade

Lyney berubah menjadi kucing dalam topi yang akan melaju dengan cepat. Ketika mendekati musuh, kucing ini akan memberikan Pyro DMG. Setelah beberapa detik, Lyney akan meninggalkan topi tersebut di tanah dan kembali ke wujud semula. Topi yang tercipta memiliki atribut yang sama dengan topi dari Charged Attack Lv.2-nya. Setelah itu, Lyney akan mendapatkan 1 Prop Surplus Stack.

Talenta Pasif 1: Perilous Performance

Jika Lyney berhasil mengkonsumsi HP saat menembakkan Charged Attack Lv. 2, damage dari topi yang tercipta akan bertambah serta mengembalikan 3 energi kepada Lyney.

Talenta Pasif 2: Conclusive Ovation

Jika Lyney menyerang musuh yang terkena aura Pyro, maka ia akan mendapatkan:

  • Tambahan damage sebesar 60%.
  • Tambahan damage lagi untuk setiap karakter Pyro selain Lyney yang ada di tim. (20% per satu karakter).

Bonus damage yang bisa didapatkan melalui talenta ini adalah 100%.

Talenta Pasif 3: Trivial Observations

Lyney akan menandai resource yang unik untuk Fontaine di Mini-map.

Prioritas Talenta: Normal Attack > Elemental Burst > Elemental Skill.

Artifact

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, mekanik manipulasi HP Lyney akan berkaitan dengan Artifact-nya. Karena itu, Artifact terbaik Lyney adalah 4-pc Marechaussee Hunter. Selain memberikan bonus damage untuk Charged Attack, Artifact ini juga memberikan stat Crit Rate yang sangat banyak.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan antara 4-pc Lavawalker, 4-pc Retracing Bolide, atau 4-pc Wanderer's Troupe. Anda juga bisa menggunakan kombinasi Artifact seperti 2-pc Marechaussee Hunter, 2-pc Crimson Witch of Flames, atau 2-pc Gladiator's Finale. Artifact-artifact ini bisa digunakan hanya jika Anda belum memiliki 4-pc Marechaussee Hunter yang sesuai.

Main stat yang dicari:

  • Sands: ATK%.
  • Goblet: Pyro DMG Bonus% / ATK%.
  • Circlet: Crit rate/DMG%.

Prioritas sub stat: Crit Rate/DMG% > Energy Recharge% > ATK%.

Senjata

Untuk bagian senjata akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu senjata terbaik dan senjata F2P terbaik.

 

Senjata terbaik Lyney tentu dipegang oleh senjata signature-nya, The First Great Magic. Senjata ini secara otomatis meningkatkan damage dari Charged Attack penggunanya, Ditambah lagi, senjata ini akan memberikan buff berdasarkan jumlah karakter dengan elemen yang sama, sehingga semakin mengerucutkan permainan Lyney yang ke arah Mono Pyro. Substat Crit DMG-nya juga menyeimbangkan stat Lyney yang mendapatkan Crit Rate dari Ascension Stat dan Artifact.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan senjata B5 terbaik Anda seperti Aqua Simulacra, Thundering Pulse, Skyward Harp, Scion of the Blazing Sun, atau The Viridescent Hunt. Senjata dengan substat Crit DMG umumnya memiliki nilai yang lebih, karena mampu menyeimbangkan stat Crit dari Lyney. Jangan lupa untuk memperhatikan juga stat-stat lain yang dari substat Artifact-nya.

Untuk senjata F2P terbaik, Anda bisa menggunakan Song of Stillness. Senjata craft terbaru dari Fontaine ini sepertinya tidak perlu diragukan lagi, karena mampu memberikan buff seusai penggunanya mendapat heal. Substat ATK% juga tak kalah menarik untuk ukuran senjata gratis.

Sedangkan untuk pilihan senjata F2P lain, Anda bisa menggunakan Prototype Crescent,Hamayumi, Ibis PiercerFading Twilight, dan Blackcliff Warbow.

Meski secara performa Hamayumi dan Prototype Crescent tidak jauh berbeda dengan Song of Stillness, namun kedua senjata ini memiliki syarat yang lebih merepotkan, sehingga Song of Stillness lebih unggul dari segi kemudahan bermain.

Walaupun efek pasif dari Ibis Piercer tidak terlalu berguna di tim Mono Pyro, namun senjata gratis dari event ini masih bisa digunakan jika Anda benar-benar tidak memiliki senjata yang telah disebutkan di atas.

Fading Twilight juga masih bisa digunakan karena base ATK-nya yang tinggi, substat ER yang cukup membantu, serta efek pasif yang memberikan buff yang konsisten.

Komposisi Tim

Seperti yang telah disebutkan, tim yang disarankan untuk Lyney adalah tim Mono Pyro. Jika membaca talenta pasifnya, maka komposisi tim yang paling ideal adalah 3 karakter Pyro dan 1 karakter bebas. Namun Anda masih bisa menggunakan 2 Pyro jika sedang menghadapi situasi khusus.

Seperti kebanyakan tim Mono Pyro lain, duet dari Bennett-Xiangling sudah tidak perlu diragukan lagi untuk dimasukkan ke dalam tim Lyney. Untuk satu karakter yang tersisa, terdapat beberapa pilihan dan pertimbangan seperti:

Karakter Anemo

Untuk meningkatkan damage dari sebuah elemen, Anemo biasanya menjadi pilihan utama. Karakter Anemo yang mampu memberikan manfaat terbaik di tim Mono Pyro tentunya adalah Kazuha.

Kazuha mampu memberikan Pyro DMG bonus untuk Lyney dan tim, serta menyediakan crowd-control untuk mengumpulkan musuh. Ada juga bantuan dari Viridescent Venerer yang menurunkan Pyro RES musuh secara drastis.

Untuk karakter Anemo lain, Anda bisa menggunakan karakter seperti Lynette, Sucrose, Venti, atau mungkin Jean. Perlu diingat bahwa karakter-karakter ini memiliki batasan-batasan yang membuatnya bergantung terhadap situasi tertentu, sehingga Kazuha menjadi prioritas.

Karakter Dendro

Jika memasukkan karakter Dendro ke tim ini, maka akan terciptalah reaksi Burning. Reaksi ini sebenarnya mampu menjaga aura Pyro yang ada di musuh dengan baik. Hanya saja manfaat tersebut dapat dengan mudah digantikan oleh reaksi Swirl dari Anemo, menjadikan karakter Dendro kurang berguna di dalam tim ini.

Kondisi tertentu yang membuat karakter Dendro bisa digunakan di tim ini adalah ketika sedang berhadapan dengan musuh jenis tertentu, khususnya yang memiliki Elemental Shield. Misalnya saat menghadapi beberapa Abyss Herald Cryo dan Hydro secara bersamaan seperti di beberapa rotasi Spiral Abyss yang lalu.

Karakter Shielder

Berhubung permainan Charged Attack dari Lyney membuatnya rentan terpental, maka karakter shielder bisa menjadi pilihan. Shielder yang digunakan juga tergantung dari karakter mana yang Anda miliki.

Jika membahas shielder, maka pilihan terbaiknya sudah pasti Zhongli. Selain memiliki shield yang kuat dan tahan lama, ia juga memiliki Universal RES shred. Jika Anda benar-benar ingin meningkatkan damage keseluruhan, maka Anda bisa memasangkan Artifact 4-pc Archaic Petra kepada Zhongli.

Sedangkan untuk pilihan lain, Anda bisa menggunakan Diona, Layla, Kirara, atau mungkin Yanfei C4.

Tips Lyney Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam Build Lyney Genshin Impact:

  1. Dari posisi HP penuh menjadi 60% (batas minimum untuk tidak mengurangi HP), maka Prop Surplus Stack yang bisa didapatkan adalah sebanyak dua tumpuk. Setelah itu, perlu cara untuk memulihkan HP (di luar dari Elemental Skill) untuk memulihkan HP dan mengulang siklus di atas, sehingga didapatilah 4 Prop Surplus Stack. Jika ditambah dengan Elemental Burst-nya, maka didapatkan stack yang didapatkan akan maksimal.

Banyak cara dan kombinasi rotasi untuk mendapatkan stack maksimal, salah satunya adalah dengan 2x Charged Attack, lalu diikuti dengan Burst Bennett, lalu Burst Lyney. Setelah Bennett berhasil memulihkan HP Lyney, lalu lancarkan 2x Charged Attack lagi, dan dapatlah 5 tumpuk Prop Surplus Stack. Lalu tutup dengan Elemental Skill dan ulangi rotasi kembali.

Ada juga cara lain yang memulai dengan Elemental Burst, 2x Charged Attack, heal Bennett, 2x Charged Attack lagi, lalu Elemental Skill.

Heal Bennett di atas merupakan penjelasan sederhana terkait alur pengurangan dan penambahan HP Lyney. Untuk skill karakter lain, bisa diselipkan ketika Burst Bennett sedang aktif.

  1. Untuk mengumpulkan stack, Charged Attack Lv.2 yang ditembakkan  sebenarnya tidak akan memandang apakah tembakan mengenai musuh atau tidak (mirip Ganyu dan Tighnari). Selama HP Lyney di atas 60%, maka Charged Attack Lv.2 nya akan menghasilkan stack serta menciptakan topi di tanah.

Manfaatkan informasi ini jika kesulitan untuk mengenai musuh dan menembak ke tanah, karena serangan dari topi bersifat auto-target, sehingga memudahkan permainan. Namun tetap usahakan untuk mengenai musuh, karena sebagian besar proporsi damage Lyney berada di Charged Attack-nya.

  1. Saat menggunakan Elemental Burst, disarankan untuk secepat mungkin mengakhirinya, karena semakin lama Lyney berada dalam mode tersebut, maka damage keseluruhan yang dihasilkan juga akan menurun. Pastikan juga untuk mengakhiri Elemental Burst di tengah-tengah musuh.

Penutup Build Lyney Genshin Impact

Kemampuan mengurangi dan memulihkan HP dari karakter sepertinya akan menjadi tren permainan karakter selama pemain berada di Fontaine. Hal ini dibuktikan sejak diperkenalkannya Artifact baru, lalu diikuti dengan karakter-karakter Fontaine yang memiliki mekanik serupa.

Melihat hal ini, HoYoverse seolah ingin bertolak dari permainan Dendro yang berkutat di Elemental Mastery dan low investment, ke arah yang berfokus kepada stat ATK%, Crit%, dan high investment di senjata dan level talenta.

Sebelumnya, banyak anggapan bahwa tim mono elemen atau permainan tanpa reaksi cenderung lebih inferior dibandingkan dengan permainan reaksi elemen. Namun sejak Lyney dirilis, sepertinya anggapan tersebut akan berangsur-angsur luntur dan akan membuka cara bermain yang lebih banyak.