Beragam Hal Menarik Ketika Berkunjung ke Perakitan OPPO Find N2 Flip 

Mulai dari lini produksi khusus, alat khusus sampai dengan pekerja ‘dream team’ yang mengerjakan perakitan ponsel Find N2 Flip

Minggu lalu, tim Hybrid berkesempatan untuk berkunjung ke pabrik OPPO yang berada di Tangerang. Lini perakitan yang dilihat adalah lini perakitan Find N2 Flip yang sebentar lagi akan dirilis resmi oleh OPPO untuk pasar Indonesia.

Dari kunjungan pabrik ini, ada beberapa hal menarik yang bisa didapatkan. Tertutama tentang kesiapan OPPO dalam merakit perangkat flagship yang dilakukan di pabrik lokal di Indonesia. 

Tentang Pabrik OPPO Tangerang

Hybrid sendiri sebenarnya sudah pernah berkunjung ke pabrik baru OPPO yang dikembangkan dan disiapkan langsung oleh OPPO di bilangan Tangerang. Waktu itu kami berkunjung untuk melihat lini perakitan seri A dan melihat kesiapan OPPO dalam memenuhi permintaan pasar atas perangkat ini dan juga perangkat OPPO lainnya. 

Pabrik OPPO Indonesia sendiri sudah mulai beroperasi penuh sejak Agustus 2022 dan sudah mampu memproduksi beragam perangkat OPPO, dari seri A sampai dengan seri Reno. Keduanya telah tersedia di pasaran. 

Namun untuk kemampuan perakitan pabrik untuk perangkat flagship, baru dimulai sejak April 2023. Tentunya ini juga menjadi persiapan OPPO dalam menghadirkan perangkat ponsel lipat flagship mereka di pasar lokal dengan TKDN yang bukan lagi software. Sesuai dengan peraturan baru pemerintah, OPPO sudah bisa merakit perangkat flagship di pabrik mereka di Indonesia.

Dalam kunjungan kali ini, Rafqi Ramadan sebagai NPI (New Product Introduction) menjelaskan dengan cukup lengkap tentang berbagai info terkait lini perakitan Find N2 Flip, yang ternyata memiliki beragam perbedaan jika dibandingkan dengan lini perakitan perangkat lain misalnya seri A77s. Perbedaan terletak di panjang lini produksi, hadirnya mesin-mesin baru khusus untuk perangkat Find N2 Flip serta jumlah pekerja yang ada di lini produksi flagship ini. 

Salah satu mesin baru di lini produksi ini ‘bertugas’ untuk menghilangkan adanya gelembung di screen protector peranglat Find N2 Flip. Mengingat ini adalah perangkat lipat, maka hal ini menjadi bagian penting. Mesin untuk pemasangan antigores ini memastikan tertempel dengan rapat dan tidak ada gelembung di layar lengkung. Selain itu ada pula ada area dan mesin humidity yang ‘bertugas’ untuk menjaga tidak ada debu masuk, pemasangan lensa yang dirakit di Indonesia untuk menjadi modul kamera.

Tentang perakitan Find N2 Flip 

Seperti yang dijelaskan di atas, lini perakitan flagship Find N2 Flip ini cukup ‘spesial’ karena beragam perbedaan. Lini produksi yang baru dan khusus ini hanya mengerjakan perangkat OPPO Find N2 Flip di dalam satu ruangan. 

Ada setidaknya 85 orang yang bekerja di lini ini yang terdiri dari 65 orang produksi dan 20 orang untuk pengerjaan packing. Dibandingkan dengan lini A77s (misalnya) jumlahnya jauh lebih banyak, lini A77s hanya membutuhkan 50 orang dalan lini perakitannya. 

Untuk waktu pengerjaan sendiri, lini perakitan OPPO Find N2 Flip membutuhkan waktu 90 menit termasuk merakit, pengetesan dan packaging. Pekerja yang ada di lini ini juga ‘spesial atau khusus’. Dijelaskan perwakilan pabrik bahwa pekerja yang ada di lini perakitan OPPO Find N2 Flip merupakan pekerja terpilih. Pekerja-pekerja ini diambil dari beragam lini perakitan dan punya kemampuan di atas rata-rata dan punya skor tinggi. 

Informasi yang dijelaskan oleh perwakilan pabrik OPPO di Tangerang di atas memberikan gambaran akan keseriusan OPPO dalam menyediakan lini flagship, kesiapan mereka untuk menghadirkan perangat flagship sesuai dengan peraturan pemerintah serta persiapan yang cukup detail termasuk pemilihan operator dan pekerja di lini perakitan yang mengikuti standar tinggi produk flagship. 

Selain dari lini perakitan sampai dengan pengemasan, Hybrid juga diajak untuk melihat proses uji produk dari Find N2 Flip ini. Diantarnya adalah uji standar, humidity, perbedaan suhu, uji untuk port, serta uji jatuh yang terdiri dari beberapa uji misalnya free fall dari jarak 1 meter, lalu 12 kali uji drop di 8 unit dengan setiap unit beda sisi, serta micro drop test dari jarak 10 sentimeter sebanyak 28.000 kali di setiap sisi ponsel. 

Meski telah berkunjung ke pabrik OPPO di Tangerang, namun saya sendiri merasa kunjungan kali ini jadi lebih spesial. Salah satunya adalah karena hadirnya beberapa fasilitas yang biasanya tidak ada di lini perakitan non flagship.

Lini istimewa khusus flagship Find N2 Flip ini juga memberikan gambaran kemampuan OPPO untuk memproduksi perangkat flagsip, juga berkaitan dengan dukungan service. Logika yang saya pakai, jika dirakit di lokal maka urusan service (jika dibutuhkan) akan jadi lebih mudah.

Di sisi lain, kemampuan perakitan perangkat flagship juga memberikan gambaran bahwa, para pekerja lokal di pabrik OPPO juga sudah mampu untuk mengerjakan perakitan dan pengemasan untuk perangkat premium alias flagship. 

OPPO sendiri akan merilis ponsel lipat pertama mereka untuk pasar Indonesia yaitu Find N2 Flip pada tanggal 10 Mei 2023. Rilis ini menjadi gong utama setelah beragam persiapan OPPO untuk perangkat ini, mulai dari lelang sampai dengan pre order.

Untuk informasi harga sendiri belum tersedia, tetapi untuk spesifikasi umum Find N2 Flip bisa dilihat di situs resmi.