Melihat Proses Produksi OPPO A77s di Pabrik Baru OPPO Manufacturing Indonesia

Selain proses perakitan, juga diperlihatkan pengaturan warehouse sampai produk siap dikirimkan

Selain mengusung tampilan kece dengan desain fiberglass leather pada warna sunset orange atau desain klasik OPPO Glow pada model starry black. Keandalan OPPO A77s sebagai smartphone kelas menengah juga terjamin akan kualitasnya.

Bukan hanya dalam hal performa, tetapi juga soal daya tahan bodinya yang pasti awet. Sebab proses produksi OPPO A77s ini dibuat dengan menggunakan standar OPPO Enduring Quality.

Guna membuktikannya, OPPO mengundang para awak media ke pabrik baru OPPO. Dalam cara kunjungan ke pabrik perakitan OPPO A77s ini, redaksi diperlihatkan tentang berbagai proses mulai dari warehouse dari komponen lalu proses merakit sampai dengan produk yang telah siap kirim dari perangkat OPPO A77s.

OPPO A77s sendiri merupakan salah satu produk rilisan OPPO yang cukup menarik. Meski masuk dalam perangkat kelas menengah namun baik dari sisi spesifikasi atau pengembangan produknya, perangkat ini membawa kualitas yang tidak main-main.

Walaupun termasuk dalam lini kelas menengah, produksi perangkat OPPO A77s selalu diutamakan kualitasnya. Untuk itu, hari ini (18/10) kami mengundang media untuk bersama meninjau lini produksi OPPO A77s di pabrik baru OPPO yang terletak di Kecamatan Periuk, Kota Tangerang,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

OPPO A77s Dibuat Dengan OPPO Enduring Quality

OPPO Enduring Quality merupakan sebuah komitmen untuk menghadirkan OPPO A77s dengan kualitas tinggi bagi konsumen. OPPO Enduring Quality terdiri dari 6 (enam) uji utama termasuk di antaranya uji jatuh dari ketinggian, uji jatuh, tahan air, radiasi, perubahan iklim, dan tes kualitas sinyal.

OPPO juga melakukan uji tekan pada tombol daya sebanyak 500.000 kali, uji tekan tombol suara sebanyak 150.000 kali, uji cabut pasang pada lubang audio 3,5mm sebanyak 10.000 kali, dan uji cabut pasang pada port USB sebanyak 20.000 kali. Jadi kecil kemungkinannya pengguna dapat masalah seperti sulit mengisi ulang baterai atau headphone kabelnya ‘kresek-kresek’ karena port-nya longgar.

Awak media diperlihatkan bagaimana proses ini dijalankan, termasuk juga demo uji jatuh. Baik dari jarak dekat maupun jarak agak jauh yaitu kurang lebih 1 meter. Semua uji ini dijalankan dengan sample untuk memastikan perangkat yang diproduksi siap untuk dinikmati oleh konsumen tanpa masalah.

Body OPPO A77s juga sudah mengantongi sertifikasi IP5X yang tahan terhadap debu dan IPX4 yang tahan terhadap cipratan air normal. Jadi lebih tenang, barangkali tak sengaja kecipratan air minum atau tidak bisa meneduh tepat waktu kala hujan rintik-rintik.

Di pabrik OPPO Indonesia, mereka juga melakukan berbagai macam pengujian hingga mencapai 30 jenis uji kontrol kualitas yang berkaitan dengan berbagai aktivitas konsumen saat menggunakan smartphone. Di antaranya uji hasil kamera dan uji speaker.

Tidak hanya pada smartphone, pengujian dilakukan terhadap aksesoris seperti kabel smartphone dengan cara memberikan beban untuk melihat kekuatannya dan memastikan kabel daya tidak mudah putus.

Proses Pembuatan OPPO A77s di OPPO Manufacturing Indonesia

Proses pembuatan OPPO A77s diawasi secara ketat di OPPO Manufacturing Indonesia. OPPO memastikan komponen terpilih dan sudah lolos uji pemeriksaan yang akan masuk ke tahap proses produksi. Pada lini produksi, OPPO akan mengambil sampel acak dari produk OPPO A77s yang sudah dibuat untuk kemudian dilakukan uji kontrol kualitas.

Bagaimana bila ditemukan permasalahan pada lini produksi? Proses produksi pada lini tersebut akan dihentikan sementara dan OPPO akan menguji ulang seluruh unit yang diproduksi. Jika masalah masih terjadi, maka OPPO akan kembali mengulang proses produksi di lini yang bermasalah untuk memastikan setiap konsumen mendapatkan produk terbaik dari OPPO A77s.

OPPO menjelaskan bahwa OPPO A77s dibuat dengan menggunakan OPS (OPPO Production System) mengadopsi Lean Manufacturing System yang telah diterapkan oleh berbagai pabrik vendor besar di dunia. Dengan sistem ini, produksi OPPO A77s akan lebih efisien dalam hal waktu dan kualitas.

Pada sistem ini, proses produksi dipersingkat menggunakan conveyor belt mulai dari tahap assembly hingga packing secara berkelanjutan. Proses produksi OPPO A77s juga telah dimodernisasi dengan menggunakan digitalisasi big data terkait dengan output monitoring yang dilakukan secara real-time baik mesin pada produksi ataupun kualitas produk.

Sekilas mengenai OPPO Manufacturing Indonesia, pabrik baru OPPO ini berdiri di atas lahan seluas 10 hektar dengan keseluruhan berupa lini produksi besar. Untuk kapasitas, jumlah pekerja yang ditampung saat ini sekitar seribuan pekerja. Jumlahnya sendiri fluktuatif, mengikuti dengan permintaan pasar smartphone di Indonesia.

Saat ini untuk produksi OPPO A77s, OPPO Manufacturing Indonesia telah mempersiapkan tiga lini aktif. Sementara satu lini lainnya akan diaktifkan ketika permintaan perangkat ini semakin tinggi, khususnya pada peak season seperti akhir tahun.

Perjalanan yang cukup menarik ketika melihat lini perakitan di pabrik OPPO terbaru. Tidak hanya melihat betapa serius OPPO untuk menggarap pasar Indonesia tetapi juga mendapatkan informati tentang bagaimana peningkatan yang dilakukan OPPO di pabrik baru dibadingkan di pabrik lama untuk menjaga agar pasokan barang tetap lancar sesuai permintaaan konsumen.