Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Batasan LHR di GPU NVIDIA Berhasil Ditembus, Performa Mining Naik Sampai 70%

19 August 2021Sean Edbert

Kabar buruk untuk stok kartu grafis?

Seperti yang kita tahu, salah satu penyebab stok GPU menipis di pasaran adalah karena diborong oleh para penambang mata uang kripto. Pasalnya, miner membutuhkan tenaga kartu grafis untuk menambang.

Image Credit: TECHADVISOR.com

Dalam upaya menghentikan kekurangan stok kartu grafis, NVIDIA beberapa waktu lalu merilis GPU LHR (Lite Hash Rate) untuk GeForce RTX 3000-series yang akan membatasi peforma mining hingga 50%. Upaya itu membuahkan hasil, diikuti dengan Tiongkok yang melarang penambangan cryptocurrentcy di negaranya, stok kartu grafis mulai kembali normal di beberapa negara. Hal tersebut menyebabkan harga GPU hampir menyentuh MSRP.

Sayangnya, sistem LHR yang diklaim NVIDIA tidak bisa dibobol ini akhirnya berhasil ditembus oleh softwaremining ternama, NBMiner. Versi terbaru dari NBMiner yang dirilis pada 15 Agustus kemarin ini diklaim dapat mengembalikan performa mining hingga 70% pada GeForce RTX 30-series LHR.

Image Credit: Github – NBMiner

Bypass LHR dari NBMiner dikabarkan masih dalam tahap pengembangan. Developer dari NBMiner merekomendasikan para penambang untuk memakai sekitar 68% dari performa kartu grafis untuk menjaga kestabilan sistem. Software ini dapat digunakan di Windows maupun Linux dengan driver NVIDIA GeForce terbaru tanpa masalah. Untuk saat ini, bypass LHR hanya dapat digunakan untuk menambang Ethereum.

Beberapa orang bahkan sudah mencoba bypass LHR dari NBMiner ini. Menurut akun Twitter I_Leak_VN, kartu grafis RTX 3060 Ti dengan bypass LHR dapat mencapai 40.5MH/s (megahash per detik). Jika tidak menggunakan bypass ini, kecepatan hash RTX 3060 Ti hanya menyentuh angka 30MH/s. Angka ini mengartikan GPU LHR mendapat dorongan performa mining sekitar 35% dari software NBMiner.

Meskipun performa mining-nya masih tidak sebanding dengan GPU non-LHR, berita ini mungkin membuat para penambang berpikir untuk menggunakan GPU LHR sebagai alat tambang. Dengan ini, masa depan stok dan harga kartu grafis kemungkinan akan kembali suram.

Di sisi lain, NVIDIA beberapa waktu lalu dikabarkan tengah mengembangkan GPU RTX generasi terbaru, RTX 4000-series. GPU generasi terbaru dari NVIDIA ini akan memakai arsitektur baru “Lovelace” dan mengusung chip 5nm dari TSMC. Anda bisa membaca lebih lengkap tentang ini di sini.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV