NVIDIA Umumkan GPU LHR untuk GeForce RTX 30 Series yang Akan Membatasi Performa Mining

NVIDIA ingin GPU RTX mereka berada di tangan para gamer, bukan cypto miner.

Produsen GPU ternama, NVIDIA, mengumumkan sistem limiter penambang Ethereum untuk GPU mereka. Kabarnya, sistem limiter yang bernama Lite Hash Rate atau LHR ini akan diintegrasikan ke GPU GeForce RTX 3060 Ti, 3070, dan 3080. GPU flagship mereka, RTX 3090 tidak disebutkan dalam blog resmi NVIDIA.

"Untuk membantu para gamer mendapatkan GPU GeForce, di bulan Februari, kami menerapkan pengurangan kecepatan hash Ethereum ke semua GPU GeForce RTX 3060 yang berada di pasaran", ucap NVIDIA dalam blog resmi mereka. "Hari ini, kami akan mengurangi kecepatan hash Ethereum untuk GeForce RTX 3080, RTX 3070, dan RTX 3060 Ti. Semua GPU ini akan meluncur ke pasaran pada akhir bulan Mei."

Image Credit: ASUS ROG

Pada akhir bulan Mei dan ke depannya, GPU RTX seri 30 ini akan dirilis ulang dengan LHR. Tidak semua GPU RTX seri 30 dilengkapi dengan LHR, karena sebelumnya NVIDIA meluncurkan versi Full Hash Rate. Oleh karena itu, untuk mengidentifikasi GPU dengan LHR, produsen kartu grafis akan memberi keterangan "LHR" atau "Lite Hash Rate". Keterangan ini terdapat pada box kartu grafis dan daftar produk retail. NVIDIA menegaskan bahwa GPU yang diproduksi sebelum versi LHR tidak akan mendapatkan limiter mata uang crypto.

Sistem Lite Hash Rate yang dirilis pada RTX 3060 12GB diklaim cukup canggih. Sistem ini akan mendeteksi saat pengguna memulai penambangan Ethereum. Lalu, memelankan kerja GPU ke setengah dari kecepatan original. Sistem LHR ini tidak hanya di driver, melainkan sudah tertanam di vBIOS, dan di GPU. Menurut NVIDIA, hal ini membuat sistem LHR sulit dibobol oleh hacker.

GPU GeForce RTX memiliki teknologi-teknologi canggih untuk gaming seperti RTX Real-time Ray Tracing, AI DLSS booster frame rate, NVIDIA Reflex, dan banyak lagi. Sangat disayangkan jika GPU canggih malah digunakan untuk miningOleh karena itu, NVIDIA ingin para gamer untuk mendapatkan RTX seri 30 terbaru mereka.

"Kami percaya tindakan yang kami ambil dapat membuat lebih banyak GPU GeForce dengan harga yang lebih murah ke tangan para gamer di seluruh dunia." Ucap NVIDIA.

Namun untuk saat ini, kelangkaan GPU NVIDIA masih terjadi. Apakah peluncuran sistem LHR ini akan mengakhiri kelangkaan stok GPU NVIDIA?