Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

GPU NVIDIA RTX Seri 4000 “Lovelace” Dikabarkan Akan Mengusung Chip 5nm dari TSMC

30 July 2021Sean Edbert

RTX 4000-series dikabarkan akan rilis pada akhir tahun 2022 mendatang.

Setelah suksesnya GeForce RTX 3000-series, NVIDIA dikabarkan tengah mengembangkan GPU RTX generasi terbaru, RTX 4000-series. GPU generasi terbaru dari NVIDIA ini akan meninggalkan basis Ampere dan memakai arsitektur baru NVIDIA, Lovelace. Bukan hanya Lovelace, NVIDIA juga mengembangkan arsitektur baru bernama Hooper. Menariknya, GPU Lovelace ini disebut-sebut juga akan dipakai oleh Nintendo untuk konsol Switch generasi terbaru.

Menurut Taiwan Commercial Times, dua arsitektur GPU besutan NVIDIA, Lovelace dan Hooper akan turun di dua pasar yang berbeda. GPU dengan arsitektur Lovelace akan dijual untuk konsumen dan Hooper untuk pusat data. GPU dengan arsitektur Lovelace dan Hooper akan mengusung chip 5nm dari TSMC.

Image Credit: Hexus.net

Namun menurut bocoran yang dilontarkan oleh Greymon di Twitter, GPU ber-arsitektur Lovelace ini belum diketahui apakah akan menggunakan chip TSMC 5nm standar (N5) atau versi yang memiliki peningkatan performa (N5P). Greymon juga menyebutkan bahwa kartu grafis generasi terbaru dari NVIDIA ini akan rilis paling lambat akhir tahun 2022 mendatang.

Sedikit tambahan, NVIDIA awalnya berencana untuk merilis GPU berbasis Hooper setelah GPU Ampere (A100) meluncur. GPU berbasis Hooper ini akan menggunakan desain chiplet dan proses pengemasan canggih “multi-chip module” atau MCM untuk meningkatkan kinerja artificial intelligence (AI). Performa dari GPU berbasis Hooper ini diklaim tiga kali lebih tinggi dari GPU Ampere untuk pusat data, A100.

Image Credit: NVIDIA

Sebelum menggunakan chip dari TSMC, NVIDIA membeli chip 8nm di Samsung untuk GPU berbasis Ampere mereka. Namun, proses manufaktur dan kapasitas produksi dari Samsung ternyata lebih rendah dari perkiraan. Hal ini menyebabkan NVIDIA tidak bisa memproduksi GPU lebih cepat dan memenuhi permintaan pasar. Hmm, apakah ini artinya RTX 4000-series tidak akan menjadi barang gaib?

Menurut rumor yang dikutip dari TechRadar, RTX 4000-series disebut-sebut akan memiliki 144 streaming multiprocessor untuk mencapai 18,432 CUDA cores. Angka ini hampir dua kali lipat dari RTX 3090 yang memiliki 10,946 CUDA cores. Namun ingat guys, semua ini hanyalah rumor, belum ada konfirmasi resmi dari NVIDIA.

Di sisi lain, GIGABYTE mengumumkan generasi terbaru dari Aorus Gaming Box, yang merupakan kotak grafis eksternal dengan GPU RTX 3080 Ti. Kotak ini dapat menambahkan GPU saat dicolok ke laptop. Anda bisa baca lebih lengkap tentang kotak ajaib ini, di sini.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV