14 September 2023

by Galih

Apple iPhone 15 Event: Semua yang Perlu Anda Ketahui Ada di Sini

iPhone 15 bukan sekadar penggantian ke USB-C

Kehadiran iPhone 15 pada tahun ini memang membawa arus hype unik dari para pecinta gadget dari seluruh dunia. Karena smartphone ini menjadi hasil akhir dari perseteruan antara Apple dengan Uni Eropa pada tahun lalu masalah port USB-C.

Hal tersebut pun terjawab lewat empat model iPhone 15 terbaru yang kesemuanya telah meninggalkan port Lightning. Namun, event Apple's iPhone tahun ini bukan hanya sekedar pergantian port USB-C.

Melalui event ini, Apple juga membawa berbagai macam ubahan mulai dari tampilan hingga kemampuan hardware yang diusung oleh iPhone 15 nantinya. Ditambah dengan Apple Watch Series 9, Apple Watch Ultra 2, dan AirPods dengan USB-C.

iPhone 15 dan iPhone 15 Plus

Model dasar dari iPhone 15 untuk tahun ini mendapat peningkatan yang cukup menarik baik di dalam maupun di luar. Dengan beberapa teknologi yang sebelumnya hanya ada di model Pro, kini telah tersedia di model dasarnya.

Sebut saja fitur Dynamic Island yang kini tersedia di model dasarnya. Layar yang digunakan juga telah ditingkatkan menjadi Super Retina XDR dengan kecerahan hingga 2.000-nit yang membuatnya dua kali lebih terang dari sebelumnya.

Ukuran layar dari iPhone 15 dan 15 Plus memang tidak mendapat ubahan besar. iPhone 15 masih akan menggunakan layar berukuran 6,1 inci. Sedangkan model iPhone 15 Plus tetap menggunakan layar 6,7 inci.

Sektor kamera juga mendapat ubahan yang cukup signifikan. Apple kini mengimplimentasikan kamera utama 48MP dan lensa ultrawide di belakang. Sedangkan di depan iPhone 15 menggunakan lensa kamera TrueDepth.

Lebih kencang, lebih berwarna

Image credit: Apple

Untuk dapur pacunya, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus kini menggunakan chipset A16 yang lagi-lagi merupakan turunan dari Iphone 14 Pro tahun lalu. Yang tentunya membuat performanya naik cukup signifikan.

Selain itu, semua model iPhone 15 akan menggunakan chipset Ultra Wideband generasi kedua. Membuat navigasi menggunakan smartphone ini di tempat ramai akan menjadi lebih akurat.

Di bagian belakang, Apple mengklaim bahwa mereka telah membuat bodi dari iPhone 15 lebih membulat sehingga lebih nyaman saat digenggam. Ditambah dengan backdoor yang kini memiliki tekstur matte.

Untuk pilihan warnanya, Apple menyediakan 5 pilihan untuk model iPhone 15 ini. Ada warna hitam, biru, hijau, kuning, dan merah yang tampil cukup cerah dan mampu memberikan pilihan untuk berbagai preferensi audiens.

Harga yang diumumkan untuk iPhone 15 ini adalah mulai dari $799 atau sekitar Rp12,2 juta. Sedangkan iPhone 15 Plus mulai dari $899 atau sekitar Rp13,8 juta. Keduanya akan tersedia mulai dari 22 September 2023 mendatang.

iPhone 15 Pro and Pro Max

Seperti biasa, seri "Pro" dari iPhone merupakan atraksi utama dari Apple. Dan iPhone 15 Pro membawa banyak perubahan signifikan untuk tetap menjaga tahta mereka sebagai seri flagship smartphone dari Apple.

Pertama, iPhone 15 Pro kini menggunakan bodi berbahan titanium. Material baru ini membuat iPhone 15 Pro memiliki bodi yang kuat sekaligus paling ringan dari model Pro sebelumnya.

Apple juga memperkenalkan tombol Action baru untuk mengantikan tuas silent yang ada di seri iPhone sebelumnya. Tombol baru ini membuat pengguna nantinya daoat mengimplimentasikan lebih banyak fungsi ke dalamnya.

Pengguna dapat mengganti tombol tersebut untuk mengakses kamera, Voice Memo, mode Fokus, Translate, dan berbagai fitur lainnya dengan cepat.

Seri Pro yang menjadi semakin Pro

Image credit: Apple

Teknologi chipset terdepan juga tetap digunakan di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Karena dua smartphone ini akan menggunakan chipset 3-nanometer pertama di industri, yaitu chipset A17 Pro.

Chipset baru ini membawa smartphone Apple ke tingkatan performa yang baru. Karena dengan kemampuan CPU dan GPU yang meningkat, iPhone 15 Pro diklaim dapat menjalankan ray-tracing hardware empat kali lebih cepat dari sebelumnya.

Tidak ketinggalan, peningkatan juga dilakukan di sektor kamera. Lensa kamera 48MP-nya kini didampingi dengan lensar Ultra Wide 12MP, dan juga lensa Telephoto 5X 12 MP yang diklaim lebih tangguh dari sebelumnya.

Kombinasi lensa tersebut membuat iPhone 15 Pro Max memiliki 7 mode lensa untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari ultra wide, portrait dengan pilihan focal length, hingga ke mode macro untuk menangkap obyek berukuran kecil.

Kemampuan gaming setara konsol

Salah satu hal yang mengejutkan dari iPhone 15 Pro ini terletak pada sisi performanya. Karena chipset A17 Pro ternyata memiliki performa yang cukup gila. Hal ini membuat kemampuan gaming-nya memasuki ranah yang baru.

Apple sendiri menyebutkan bahwa iPhone 15 Pro mereka kini dapat menjalankan berbagai game konsol seperti Resident Evil Village, Resident Evil 4 remake, Death Stranding, hingga Assassin's Creed Mirage terbaru.

Sayangnya, Apple hanya mempresentasikan bahwa game-game tersebut akan hadir di iPhone 15 Pro, tapi belum menunjukkan gameplay asli dari game-game tersebut di smartphone-nya. Tapi Apple berjanji bahwa game-game tersebut akan segera hadir.

Masalah harga, iPhone 15 Pro akan diluncurkan mulai $999 atau sekitar Rp15,3 juta. Sedangkan iPhone 15 Pro Max dengan harga $1.199 atau sekitar Rp 18,4 juta. Sesi pre-order untuk smartphone ini akan dibuka pada 15 September mendatang.

Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2

Image credit: Apple

Selain lini seri iPhone 15 terbaru, event Apple ini juga memperkenalkan dua model Apple Watch baru. Yaitu Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2. Keduanya juga mendapatkan beberapa pembaruan.

Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2 kini mendapat peningkatan performa lewat chipset S9 baru. Chipset baru ini diklaim memberikan peningkatan performa hingga 30% dari model sebelumnya.

Model baru ini juga membawa gesture baru unik yang disebut "Double Tap". Seperti namanya, pengguna cukup melakukan tap jempol dan telunjuk sebanyak 2x untuk melakukan berbagai fungsi dengan instan.

Image credit: Apple

Perbedaan spesifikasi kedua smartwatchApple ini ada pada kecerahan layarnya. Di mana Apple Watch Series 9 mampu mencapai 2.000 nits, sedangkan Apple Watch Ultra 2 mampu mencapai kecerahan 3.000 nits.

Apple Watch Series 9 akan dijual dengan harga mulai dari $399 atau Rp6,1 juta. Sedangkan Apple Watch Ultra 2 akan dijual mulai $799 atau Rp 12,2 juta. Dengan waktu perilisan yang sama yaitu pada 22 September mendatang.