8 September 2022

by Lukman Azis

Serba Baru Di Apple iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max

iPhone 14 Pro dan Pro Max sangatlah istimewa. Sebab mereka hadir dengan desain notch baru, kamera 48 MP baru, dan chipset yang lebih powerful.

Smartphone Apple terbaru, iPhone 14 Series sudah resmi diumumkan. Untuk model iPhone 14 dan 14 Plus memang terasa “kurang wah”, tetapi iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max sangatlah istimewa. Sebab mereka hadir dengan desain notch baru, kamera 48 MP baru, dan chipset Apple A16 Bionic yang lebih powerful.

Notch Bergaya Pill

Sudah lima tahun sejak Apple memperkenalkan iPhone X dengan layar notch bergaya poni di tahun 2017. Bentuk notch tersebut diterapkan hingga sekarang pada iPhone 14 serta 14 Plus, meski ukuran notch-nya sudah jauh menyusut.

Kini Apple akhirnya menyegarkan iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max dengan desain layar notch baru berbentuk pill atau tablet yang diberi nama Dynamic Island. Potongannya lebih kecil dari notch yang biasa, itu dimungkinkan karena kamera di dalamnya 30% lebih kecil, dan sensor proximity disematkan di bawah layar.

Kerja bagus Apple, sekali lagi dengan notch barunya, iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max dapat membedakan diri dengan smartphone flagship berbasis Android. Walaupun itu terlihat aneh dan agak mengganggu, tetapi Dynamic Island ini tempat yang interaktif. Dengan memanfaatkan ruang di sekitar area notch, Dynamic Island dapat beradaptasi secara real-time untuk menampilkan peringatan, notifikasi, maupun aktivitas penting.

Always-On display

Ukuran layarnya 6,1 inci pada iPhone 14 Pro dan 6,7 inci pada Pro Max atau sama seperti iPhone 14 dan model Plus-nya. Menggunakan LTPO Super Retina XDR OLED dengan refresh rate adaptif 1 - 120 Hz, tingkat kecerahan puncaknya lebih tinggi hingga 2.000 nits, dan mendukung Dolby Vision. Always-On display juga hadir khusus untuk model Pro yang dapat menampilkan waktu, widget, dan live activity.

Kamera Utama 48 MP

Kamera Utama 48 MP

Untuk pertama kalinya bagi pengguna iPhone, mereka dapat memotret dengan resolusi tinggi 48 MP. Tidak perlu dibesar-besarkan, resolusi tinggi sudah dinikmati oleh pengguna Android sejak beberapa tahun yang lalu, bahkan 108 MP sudah umum.

Kamera utama 48 MP f/1.78 di bagian belakang iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max menggunakan sensor quad-pixel dan didukung sensor-shift OIS generasi kedua. Secara default tetap menghasilkan foto beresolusi 12 MP dengan ukuran piksel 2,44 μm atau opsi 48 MP dengan piksel piksel 1,22 μm.

Sensor quad-pixel juga memungkinkan opsi perbesaran 2x yang menghasilkan perspektif lebih bagus saat foto portrait dengan memotong dari tengah sensor. Di samping pilihan kamera telephoto 3x 12 MP dengan OIS dan satu lagi 12 MP dengan lensa ultrawide.

Selain itu, Photonic Engine menawarkan peningkatan signifikan pada foto cahaya sedang hingga rendah. Kalau dibandingkan dengan generasi sebelumnya hingga 2x pada kamera utama, 3x pada kamera ultrawide, 2x pada kamera telephoto, dan hingga 2x pada kamera TrueDepth.

Apple A16 Bionic (4 nm)

Berbeda dengan iPhone 14 dan 14 Plus yang masih menggunakan chipset lawas, iPhone 14 model Pro ditenagai chipset baru Apple A16 Bionic. SoC ini dibuat pada proses fabrikasi 4 nm dan dilengkapi dengan CPU 6-core, terdiri dari 2-core kinerja tinggi dan 4-core efisiensi.

Secara keseluruhan, CPU 6-core yang baru ini diklaim 40% lebih cepat daripada kompetitornya dan dua core berkinerja tinggi membutuhkan daya 20% lebih sedikit daripada yang ada di Apple A15. Dengan GPU 5-core yang dipercepat dengan bandwidth memori 50% lebih banyak. Neural Engine 16-core yang disertakan dalam chipset mampu melakukan 17 triliun operasi per detik,

Harga Apple iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max

Layanan Emergency SOS lewat satelit juga hadir pada kedua model iPhone ini, gratis langganan selama dua tahun pertama dan akan diluncurkan pada bulan November di AS dan Kanada. Mereka tersedia dalam pilihan warna space black, silver, gold, dan deep purple dengan konfigurasi memori 128 GB, 256 GB, 512 GB, dan 1TB. Harga Apple iPhone 14 Pro di AS dijual mulai dari US$999 atau sekitar Rp14,8 jutaan dan mulai dari US$1.099 atau Rp16,3 jutaan untuk iPhone 14 Pro Max.

Sumber: Apple