Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Adakan Pertandingan Eksibisi Game Lokal, Piala Presiden Esports 2020 Mau Dorong Industri Game Lokal

31 January 2020Ellavie Ichlasa Amalia

Game lokal yang diadu dalam Piala Presiden Esports 2020 adalah Ultra Space Battle Brawl yang diterbitkan Toge Productions

Tahun ini adalah tahun kedua Piala Presiden Esports dilaksanakan. Hanya saja, kali ini, turnamen tersebut tidak hanya mengadu tim-tim asal Indonesia saja, tapi tim esports di Asia Tenggara. Beberapa negara tetangga mengadakan kualifikasi untuk mencari tim yang akan mewakili negara mereka. Pada Oktober 2019, babak kualifikasi di Thailand diadakan. Illuminate dan EVOS-MG1 keluar sebagai juara dan akan mewakili Thailand pada babak final yang diadakan pada 1-2 Februari 2020 di Indonesia Convention Exhibigion (ICE), BSD City.

Dalam konferensi pers yang diadakan di Plaza Indonesia, Hari Santosa Sungkari, Deputi Infrastruktur, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) mengatakan bahwa dengan menjadikan Piala Presiden Esports 2020 sebagai turnamen tingkat regional, diharapkan hal ini akan mendorong “sport tourism”. “Kalau babak final, selain atlet esports yang datang, para supporter juga pasti akan datang,” kata Hari. Memang, turnamen esports terbukti memberikan dampak positif pada perekonomian lokal. Sebelum ini, disebutkan bahwa turnamen Rainbow Six Raleigh Major memberikan kontribusi ekonomi langsung sebesar US$1,45 juta atau sekitar Rp20,5 miliar.

Satu hal lain yang membedakan Piala Presiden kali ini dengan tahun lalu adalah game yang dimainkan. Tahun lalu, game yang diadu hanya satu, yaitu Mobile Legends. Kali ini, ada dua game yang akan dipertandingkan, yaitu Free Fire dan Pro Evolution Soccer. Tidak hanya itu, dalam Piala Presiden Esports 2020, juga akan diadakan pertandingan eksibisi dari Ultra Space Battle Brawl, game buatan Mojiken Studio dan dirilis oleh Toge Productions.

Ultra Space Battle Brawl.
Ultra Space Battle Brawl.

“Industri game adalah industri yang sangat besar. Kita tahu begitu banyak game-game lokal yang butuh platform agar bisa jadi lebih diketahui,” kata Ketua Panitia Penyelenggara, Piala Presiden Esports 2020, Giring Ganesha. Dia menjelaskan, pendaftaran untuk pertandingan eksibisi akan dibuka pada hari ini. Namun, jika slot yang tersedia tidak terisi penuh, maka pengunjung pada babak final Piala Presiden Esports 2020 juga bisa ikut serta.

Selain pertandingan eksibisi, Piala Presiden Esports 2020 juga memberikan kesempatan bagi developer lokal untuk memamerkan game-game buatan mereka. “Kita tidak hanya ingin membesarkan industri esports, tapi juga industri game lokal,” ujar Giring. Memang, menurut laporan Statista, pendapatan industri game mobile di Indonesia akan mencapai US$672 juta pada tahun ini. Industri game terlihat begitu menjanjikan sehingga perusahaan telekomunikasi raksasa Indonesia, Telkom pun berniat mendukung game developer lokal dengan menyediakan inkubator.

Sementara itu, Hari memperkirakan bahwa industri game 2,5 kali lipat lebih besar dari industri film. Menurutnya, ini terjadi karena game bisa dimainkan berulang kali. Berbeda dengan film yang ditayangkan di bioskop dalam waktu terbatas. Hari percaya, industri game di Indonesia juga memiliki potensi besar. Sayangnya, developer lokal hanya mendapatkan pangsa pasar sekitar 0,4 persen. Dia mengatakan, pemerintah ingin agar pangsa pasar itu naik menjadi 20 persen dalam waktu 5 tahun.

Play video

7 July 2021

HY ESPORTS - APAKAH KOMUNITAS OFFICIAL ITU PENTING?

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV