Esports Ecosystem

5 Perusahaan akan Luncurkan Produk Co-branding bersama Tencent

26 Aug 2020 | Narendra Soejoedi
Dalam gelaran event Tencent Global Esports Summit, Mars Hou mengumumkan kerja sama terbaru dari Tencent.

Di tengah hambatan dan tantangan aktivitas bisnis dikarenakan pembatasan fisik yang berlaku hampir di seluruh negara di dunia, perusahaan raksasa asal Tiongkok, Tencent, masih terus bergerak di industri gaming dan esports. Aktivitas bisnis Tencent salah satunya terpantau dari gelaran eventTencent Global Esports Summit yang diadakan di Bo’ao, Hainan, beberapa waktu yang lalu.

Pada gelaran event Tencent Global Esports Summit. Mars Hou selaku General Manager dari Tencent Esportsmengumumkan kerja sama terbaru mereka. Secara resmi di tanggal 24 Agustus 2020 kemarin Tencent memperkenalkan sejumlah brand seperti Razer, Asus, Kappa, SKG, hingga Tim Hortons.

Dari deretan nama di atas sudah barang tentu terdengar familiar di telinga mereka yang aktif di dunia gaming dan esports. Hanya saja sampai sekarang Tencent belum membuka secara langsung nilai dan jangka waktu dari kerja sama yang baru diumumkan di gelaran event kemarin.

via: Tencent Esports
via: Tencent Esports

Seperti yang diperkirakan, peripheral brand seperti ASUS dan Razer akan memproduksi produk co-branding bagi Tencent. Kali ini ASUS akan meluncurkan gawai internet router untuk menunjang aktivitas esports yang kian menuntut konektivitas yang mumpuni. Sedangkan brand SKG akan memproduksi alat pijat yang disesuaikan dengan kebutuhan atlet esports dan gamers yang sering kali harus duduk dan menundukkan kepala dalam waktu yang panjang.

Dari sisi apparel, Kappa dikabarkan akan memproduksi jersey dengan standar dan material khusus yang diperkenalkan pada produk terbaru mereka. Tidak lupa juga logo Tencent dan Kappa akan melekat pada produk yang sudah dipamerkan di waktu yang sama. Di masa depan, tampaknya akan lebih banyak teknologi yang diimplementasikan sampai kepada jersey yang dipakai oleh atlet esports.

via: Instagram timhortons
via: Instagram Tim Hortons

Salah satu kerja sama yang menarik dalam event kemarin adalah bergabungnya brand Tim Hortons yang merupakan waralaba kedai kopi yang tersohor di Kanada. Pasalnya, selain minuman beralkohol dan minuman energi, kopi sudah menjadi hal yang sangat akrab bagi khalayak luas, termasuk gamers dan atlet esports. Dalam waktu berjalan akan dirancangkan kafe Tim Hortons dengan tema dan nuansa esports yang kental. Semoga hal ini dapat diwujudkan dalam waktu dekat.

Tidak dapat disangkal bahwa keberadaan Tencent turut menguatkan posisi region Asia dalam peta dunia industri gaming dan esports. Dengan berbagai langkah yang diterapkan, Tencent menjadi salah satu penggerak dalam perkembangan esports di region Asia dan mempunyai pengaruh secara global.