3 November 2022

by Glenn Kaonang

10 Game Racing Terbaik yang Dapat Dimainkan via Layanan PC Game Pass

Deretan game balapan yang siap memacu adrenalin kapan saja Anda membuka aplikasi Xbox di PC

Ada banyak alasan mengapa game racing atau game balapan disukai banyak orang. Yang paling utama tentu saja adalah karena kebut-kebutan di game sama sekali tidak berbahaya, dan memainkan game racing juga merupakan salah satu cara termudah untuk memacu adrenalin di kala senggang.

Alasan selanjutnya biasanya berkaitan dengan keinginan untuk memanjakan mata, sebab kebanyakan game racing memang memiliki tampilan visual yang sangat memukau, dengan efek pencahayaan dan refleksi yang tampak begitu realistis. Hal ini akan semakin terasa lagi ketika bermain menggunakan PC dengan spesifikasi yang mumpuni.

Kabar baik bagi para pengguna PC, Anda punya banyak opsi game racing menarik yang dapat dimainkan tanpa menguras kantong. Yang perlu dibayar hanyalah satu tarif berlangganan setiap bulan untuk layanan PC Game Pass dari Microsoft.

Di artikel ini, saya telah merangkum 10 game racing terbaik yang bisa dimainkan via PC Game Pass. Sebelumnya, saya sudah pernah membuatkan daftar serupa untuk game survival dan game RPG. Yang menjadi prioritas kali ini adalah bagi yang gemar kebut-kebutan.

Daftar game racing terbaik di katalog PC Game Pass

1. Burnout Paradise Remastered

Burnout merupakan seri game racing legendaris yang sudah ada sejak zaman kejayaan PlayStation 2. Dibandingkan seri game balapan lainnya, Burnout selalu mengedepankan aspek fun, dengan deretan mekanik yang sangat mudah dikuasai dalam waktu singkat.

Burnout Paradise mencoba mengawinkan formula tersebut dengan elemen open-world, dan hasilnya jadilah sebuah game kebut-kebutan yang bisa dinikmati siapa saja. Problemnya, Burnout Paradise merupakan game keluaran tahun 2008, sehingga kualitas grafisnya jelas sudah sangat ketinggalan zaman.

Beruntung EA tidak mau tinggal diam dan membiarkan salah satu game racing terbaiknya hilang dari peredaran begitu saja. Pada tahun 2018, EA merilis Burnout Paradise Remastered dengan tampilan visual yang disempurnakan, lengkap beserta semua konten DLC yang pernah dirilis untuk versi orisinalnya.

2. Dirt 5

Seperti seri-seri sebelumnya, Dirt 5 adalah game balapan yang mengutamakan off-road racing. Nyaris segala macam medan balapan bisa ditemukan di game ini, asalkan bukan jalanan beraspal. Lokasi yang disediakan pun cukup beragam dan mencakup banyak negara, di antaranya Brasil, Tiongkok, Yunani, Maroko, Nepal, Norwegia, dan Afrika Selatan.

Saat bicara soal game racing, sebagian besar dari kita mungkin sama sekali tidak punya ekspektasi mengenai plot cerita atau narasi. Namun itu rupanya tidak mencegah developer Codemasters menyematkan career mode dengan narasi yang apik di Dirt 5, yang menempatkan pemain dalam persaingan sengit melawan pembalap rival bernama Bruno Durand di berbagai kejuaraan.

3. Forza Horizon 4

Saya tahu ini bukan judul terbaru dari seri Forza Horizon, tapi itu bukan berarti game-nya sudah tidak layak lagi untuk dimainkan. Daya tarik utama seri Forza Horizon adalah menjelajahi setting dunia open-world dengan berbagai macam mobil selagi menginjak pedal gas sedalam mungkin, dan di Forza Horizon 4, Anda bisa melakukan hal itu di dataran Inggris Raya yang begitu asri dan hijau.

Secara visual, Forza Horizon 4 masih kelihatan sangat manis di mata meskipun game-nya sudah berusia empat tahun. Pada kenyataannya, yang disempurnakan oleh penerusnya hanyalah dari sisi pencahayaan saja, sementara tekstur kendaraan dan lingkungan di sekitarnya relatif sama.

4. Forza Horizon 5

Tidak bisa dimungkiri, Forza Horizon 5 merupakan salah satu game racing terbaik yang ada di katalog PC Game Pass saat ini. Dibandingkan seri-seri sebelumnya, Forza Horizon 5 mengemas ukuran map yang paling luas. Bukan cuma luas, hampir seluruh isi map yang terinspirasi dataran Meksiko ini pun sangat menarik untuk dijelajahi.

Aspek multiplayer di Forza Horizon 5 kian dimatangkan dengan adanya mode-mode seperti Horizon Arcade maupun EventLab. Spesifik untuk EventLab, fitur ini memungkinkan pemain menciptakan custom game-nya masing-masing. Jadi andai kata bosan dengan konten utama di Forza Horizon 5, masih ada segudang konten ekstra dari komunitas yang menanti untuk dimainkan.

5. Grid Legends

Grid Legends adalah entry kelima dari franchise Grid, sekaligus game balapan terbaru besutan Codemasters. Ada banyak hal baru yang diperkenalkan di Grid Legends, utamanya career mode dengan plot cerita yang kuat, yang mengambil inspirasi dari dokumenter Formula 1: Drive to Survive besutan Netflix.

Juga baru di seri Grid adalah fitur untuk menciptakan mode balapan sendiri, lengkap dengan kustomisasi rute, hambatan, maupun peraturan-peraturan yang lebih spesifik. Jumlah kendaraannya sendiri ada sekitar 100 lebih dan mencakup berbagai varian, mulai dari truk semi-trailer sampai mobil bermesin elektrik.

6. Lonely Mountains Downhill

Paling berbeda di antara yang lain, Lonely Mountains Downhill mengajak pemain untuk adu cepat di atas sepeda selagi menuruni gunung. Tampilannya yang serba poligonal juga kelihatan berbeda sendiri, namun itu tidak mencegah game-nya menawarkan mekanik yang cukup kompleks.

Memainkan Lonely Mountains Downhill terkadang bisa terasa seperti sesi meditasi, apalagi mengingat game-nya berlangsung tanpa alunan musik sedikit pun — hanya suara alam dan ban sepeda yang bergesekan dengan tanah. Jatuh dan menabrak adalah dua hal yang sangat umum terjadi di game ini, jadi jangan sampai itu membuat Anda kaget dan berhenti bermain.

7. MotoGP 22

Game balapan tentu tidak harus selamanya melibatkan mobil. Meski populasi game balap motor cenderung lebih sedikit, setidaknya salah satu yang terbaru dan terbaik ada di katalog PC Game Pass. Dikembangkan oleh Milestone SRL (developer asal Italia yang sudah sangat berpengalaman mengerjakan game balap motor), MotoGP 22 menawarkan tingkat realisme yang sangat mengesankan, lengkap dengan mekanik gameplay yang terasa begitu immersive.

Dari segi konten, tentu saja seluruh isi musim 2022 secara menyeluruh dapat dinikmati di sini, termasuk halnya lebih dari 120 pembalap dan lebih dari 20 sirkuit resmi. Anda lebih menyukai kejuaraan di tahun-tahun sebelumnya? Well, game ini juga menawarkan mode khusus untuk menikmati MotoGP dari musim 2009 secara episodik.

8. Need for Speed Heat

Siapa yang tidak kenal Need for Speed? Salah satu franchise game balapan ini masih eksis hingga sekarang, dan Need for Speed Heat adalah game ke-24 yang dirilis pada tahun 2019. Bintang utama dalam game ini adalah setting dunianya, yang terinspirasi kota Miami dan penuh dengan aktivitas menarik untuk dijalani.

Aktivitasnya pun bisa bervariasi tergantung kapan Anda menjalaninya. Di siang hari, Anda bisa mengikuti ajang balapan resmi yang akan menghadiahi uang untuk dipakai belanja upgrade sekaligus mobil baru. Di malam hari, giliran ajang balapan ilegal yang menanti, dengan hadiah yang tak kalah krusial, yakni reputasi.

9. Need for Speed: Hot Pursuit Remastered

Kalau sudah ada Heat, kenapa masih harus mencantumkan game Need for Speed lain lagi? Simpel, karena Hot Pursuit merupakan game yang sangat berbeda, yang benar-benar menitikberatkan pada aksi adu cepat antara pembalap melawan polisi. Bisa dibilang, rivalitas pembalap dan polisi ibarat nyawa dari game ini secara keseluruhan.

Need for Speed: Hot Pursuit merupakan reboot dari Need for Speed III: Hot Pursuit keluaran tahun 1998. Game bikinan Criterion ini dirilis pada tahun 2010, dan setelah sepuluh tahun, EA memutuskan untuk membuat versi remastered-nya.

10. Wreckfest

Salah besar kalau Anda punya ekspektasi akan ajang balapan yang bersih di sini, sebab seperti yang sudah bisa ditebak dari judulnya, Wreckfest benar-benar mengutamakan aksi tabrak-menabrak yang brutal. Kombinasi kecepatan dan brutalitas yang ditawarkan Wreckfest selalu berhasil memberikan suntikan adrenalin secara instan.

Kalau Anda pernah heran kenapa mobil-mobil di Forza Horizon 5 masih kelihatan bagus meski sudah menabrak sana-sini, Anda akan menjumpai hal yang sebaliknya di sini. Pasalnya, mencapai garis finish dalam kondisi berantakan merupakan hal yang biasa di Wreckfest.