20 October 2022

by Glenn Kaonang

10 Game Survival Terbaik yang Bisa Dimainkan via Layanan PC Game Pass

Mulai dari Minecraft hingga Valheim, inilah deretan game survival terbaik yang tersedia di katalog PC Game Pass

Tidak semua orang suka game survival, namun itu tidak mencegah genre tersebut menjadi salah satu yang terpopuler di industri video game modern. Mulai dari Minecraft sampai Valheim, game survival terbukti mampu menjaring banyak penggemar, dan itu mungkin ada kaitannya dengan naluri dasar manusia yang akan selalu berjuang demi bertahan hidup.

Dalam game survival, nyawa pemain biasanya tidak hanya ditentukan oleh sebuah health bar, melainkan juga faktor-faktor pendukung seperti rasa lapar, dahaga, suhu tubuh, imunitas, dan masih banyak lagi. Agar bisa bertahan hidup dalam game survival, eksplorasi dan pengumpulan sumber daya merupakan salah satu kunci utama, demikian pula kegiatan lain seperti berburu, memancing, memasak, maupun crafting.

Game survival juga tidak selamanya terpaku pada kelangsungan hidup satu individu saja. Terkadang, yang harus pemain perhatikan justru adalah kesejahteraan satu koloni. Caranya pun tidak cukup hanya dengan mengatur sumber daya, tetapi juga menegakkan peraturan dan memecahkan berbagai masalah domestik yang muncul.

Di artikel ini, saya telah merangkum 10 game survival terbaik yang bisa Anda temukan di katalog PC Game Pass. Keuntungan utama berlangganan layanan semacam ini adalah, Anda hanya perlu membayar satu tarif tetap setiap bulannya untuk bisa menikmati deretan game yang tersedia, dan bagi para penggemar game survival, ada banyak judul yang menanti untuk dimainkan di PC Game Pass.

Daftar game survival terbaik di katalog PC Game Pass

1. ARK: Survival Evolved

Dalam dunia ARK: Survival Evolved, yang berjuang bertahan hidup bukan hanya Anda seorang, melainkan juga sederet dinosaurus buas yang siap memangsa kapan pun Anda lengah. Kabar baiknya, dinosaurus-dinosaurus ini juga dapat Anda jinakkan dan tunggangi. Dari situ Anda bisa bergabung dengan pemain lain untuk bertempur bersama, atau malah saling beradu satu dengan yang lainnya.

Sejak dirilis secara resmi di tahun 2017, ARK: Survival Evolved telah menerima beraneka ragam konten baru. Kabar baiknya, semua konten ekstra itu telah tersedia dalam versi yang terdapat di PC Game Pass dan bisa dinikmati tanpa perlu membayar biaya tambahan. Sekuelnya, Ark 2, dijadwalkan meluncur tahun depan dan akan langsung tersedia di Game Pass sejak hari pertama.

2. Frostpunk

Frostpunk sebenarnya merupakan sebuah game city-building, akan tetapi elemen survival-nya terasa begitu kental, dan pemain pun tidak akan berhenti dihadapkan dengan krisis demi krisis di sepanjang permainan. Di game ini, tugas utama Anda adalah memimpin sisa peradaban manusia yang sedang berjuang bertahan hidup setelah Bumi mendadak berubah menjadi planet es yang tidak layak ditinggali lagi.

Kunci utama untuk bertahan hidup di Frostpunk terletak pada generator raksasa yang akan menghangatkan apa saja yang berada di sekitarnya. Generator ini tentu saja butuh bahan bakar (batu bara), dan mengumpulkannya butuh usaha ekstra dalam kondisi yang ekstrem seperti di Frostpunk. Di saat yang sama, Anda juga harus memastikan perut para pekerja Anda selalu terisi, dan lagi-lagi ini bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan di Frostpunk.

3. Grounded

Di Grounded, benda-benda di sekitar Anda terasa besar bukan karena ukurannya yang memang masif, melainkan karena karakter Anda yang menciut layaknya Ant-Man. Kondisi tersebut menjadikan hampir semua spesies yang ada di Grounded terkesan mengancam. Semut yang imut-imut mendadak jadi besar dan menyeramkan, sementara yang sudah sering membuat merinding seperti laba-laba malah kelihatan lebih horor lagi saat ukuran tubuhnya membengkak drastis.

Setting unik Grounded menjadikan elemen survival-nya lebih istimewa lagi. Kutu merupakan sumber makanan yang reliabel di sini, demikian pula tetesan embun saat karakter Anda hendak melepas dahaga. Untuk membela diri, ada ranting kayu yang bisa dijadikan tongkat pemukul, sementara bilah rumput sangat berguna untuk membangun markas yang kokoh. Kalau Anda ingin tahu bagaimana rasanya ditembak senter pengecil oleh Doraemon, silakan coba Grounded.

4. Minecraft

Bukan sebatas game survival terbaik di PC Game Pass, Minecraft adalah salah satu game survival terbaik yang dapat dimainkan di platform mana pun. Tentunya ada banyak cara untuk memainkan Minecraft — game ini bahkan umum dipakai sebagai medium belajar — namun sebagai sebuah game survival, Minecraft menawarkan banyak keseruan yang bisa dinikmati, utamanya dari segi crafting dan building.

Secara presentasi, Minecraft adalah game yang tidak lekang oleh waktu. Malahan, tampilan visual game ini bisa dibuat lebih apik lagi dengan beberapa sentuhan modern, seperti contohnya efek ray tracing. Dari segi konten, Minecraft juga didukung oleh ribuan mod dan map bikinan komunitas. Singkat cerita, selalu ada yang baru di Minecraft bagi para penggemar game survival.

5. No Man's Sky

No Man's Sky versi terbaru sudah sangat berbeda dengan yang dirilis pertama kali di tahun 2016. Game ini telah berevolusi menjadi game survival yang masif dan kaya konten, dan dengan mengandalkan teknik procedural generation, selalu ada planet dan habitat baru yang menanti untuk dieksplorasi di No Man's Sky.

Tentunya tidak semua petualangan itu akan berlangsung damai, sebab Anda juga akan berjumpa dengan banyak makhluk buas yang melihat Anda sebagai tamu tak diundang. Ini juga ditambah dengan kondisi tidak bersahabat di tiap-tiap planet, yang berarti Anda juga harus siap dengan segala peralatan pendukung yang dibutuhkan untuk bertahan hidup.

6. Subnautica

Berjuang sendirian di bawah laut mungkin sudah terdengar menakutkan bagi sebagian orang. Di Subnautica, Anda malah harus menjalani itu selagi berada di suatu planet alien. Sama seperti di Bumi, ekosistem bawah laut di planet tersebut juga penuh dengan makhluk yang menganggap Anda tidak lebih dari sebatas makanan.

Berawal dari sebatas mengumpulkan makanan dan sumber daya lain, progres Anda di Subnautica akan berkembang hingga melibatkan pembangunan markas bawah laut dan armada kapal selam. Merakit perlengkapan-perlengkapan baru juga esensial jika Anda ingin selamat dari seluruh ancaman akuatik yang menanti di Subnautica.

7. State of Decay 2

Zombie apocalypse merupakan salah satu setting yang paling klise untuk sebuah game survival. Namun kalau eksekusinya bagus, kenapa tidak? Kesan itulah yang akan didapatkan saat bermain State of Decay 2. Pemain tidak sendirian di game ini, mereka dibebaskan memilih siapa saja yang ingin direkrut ke dalam timnya, dan mereka juga bebas memilih lokasi serta bagaimana mereka hendak membangun benteng pertahanannya.

Setiap karakter yang Anda temui dalam State of Decay 2 mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Ini penting untuk diperhatikan jika Anda ingin mereka bisa membantu dengan baik dalam kegiatan-kegiatan yang spesifik, seperti misalnya mengumpulkan makanan dan amunisi, atau menahan serbuan zombie yang menyerang markas.

8. The Long Dark

Di The Long Dark, Anda harus bertahan hidup di alam liar bagian utara Kanada yang sama sekali tidak ramah buat Homo sapiens. Suhu yang luar biasa dingin sudah pasti selalu mengancam kapan pun Anda berada di luar ruangan, demikian pula serangan kelompok serigala atau beruang yang bisa datang dari mana saja. Seakan semua itu kurang memberatkan, Anda juga harus selalu ingat untuk menjaga asupan kalori dan tingkat hidrasi di The Long Dark.

Secara umum, mayoritas gamer tidak akan punya ekspektasi apa-apa mengenai plot cerita dari suatu game survival. The Long Dark membuktikan bahwa itu tidak selamanya harus begitu. Game ini memiliki mode campaign yang disajikan secara episodik dan tanpa mengesampingkan elemen-elemen survival-nya yang mengesankan itu tadi.

9. This War of Mine

Industri video game tidak kekurangan game perang, tapi hanya sedikit yang mencoba menceritakannya bukan dari sudut pandang seorang tentara yang terlibat di dalamnya. This War of Mine adalah salah satunya. Di game ini, karakter yang Anda mainkan tidak lebih dari sebatas rakyat biasa yang sedang berjuang bertahan hidup di tengah kota yang menjadi medan perang.

Perjuangan mencari makanan, obat-obatan, tidak ketinggalan pula ancaman eksternal yang selalu menanti — bidikan sniper di siang hari, serbuan scavenger di malam hari — ini merupakan poin-poin penting yang harus selalu diperhatikan untuk bertahan hidup di This War of Mine. Juga langka untuk sebuah game survival adalah keberadaan narasi yang kuat, dan itu bisa didapat dari sejumlah DLC yang semuanya terdapat dalam versi PC Game Pass dari This War of Mine.

10. Valheim

Valheim adalah contoh langka game dengan kesuksesan yang fenomenal meski masih berstatus Early Access. Lupakan sejenak status tersebut, maka Anda akan disambut oleh game survival tulen yang sangat menantang. Hampir semua elemen survival dalam game ini dieksekusi secara apik. Anda pun bisa memilih untuk menikmatinya sendirian, atau bersama dengan pemain-pemain lain (maksimum 10 orang).

Progres di Valheim ditentukan oleh kemenangan Anda atas enemy boss yang menunggu di setiap area, yang juga akan berpengaruh langsung terhadap keberagaman sumber daya maupun resep-resep crafting yang bisa Anda akses. Dari segi presentasi, tampilan visual Valheim terkesan unik dan menyegarkan, terutama di tengah-tengah banyaknya game survival yang lebih condong ke gaya yang realistis.