7 September 2017

by Yoga Wisesa

Logitech Hidupkan Kembali Pemakaian Trackball Melalui Mouse MX Ergo

Desain MX Ergo diklaim mampu mengurangi ketegangan otot tangan hingga 20 persen dibanding mouse biasa.

Trackball sudah digunakan sebelum mouse terpilih sebagai input kendali utama PC. Pengguna-annya mungkin tak keintuitif mouse modern, tapi trackball unggul karena tidak dibatasi ruang gerak. Lalu karena sangat akurat, ia juga jadi tipe periferal favorit desainer. Saat ini, Logitech ialah satu dari sedikit perusahaan yang tetap memproduksi trackball untuk konsumen.

Belakangan, perusahaan periferal PC Swiss itu tampak berapi-api dalam memperkenalkan produk baru. Seminggu setelah mengumumkan mouse G603 dan keyboard G613, mereka menyingkap papan ketik dengan kenop customizable untuk profesional. Dukungan Logitech pada ranah kerja tak berhenti di sana. Minggu ini, mereka lagi-lagi menyingkap produk anyar, kali ini adalah mouse trackball bernama MX Ergo.

Logitech menjelaskan bahwa MX Ergo sengaja didesain untuk 'para antusias trackball' serta mereka yang sedang mencari alternatif dari mouse biasa atau touchpad. MX Ergo mengusung rancangan ergonomis buat dioperasikan oleh tangan kanan. Layout-nya menyerupai mouse standar: ada dua tombol utama, scroll wheel di tengahnya, diikuti satu tombol switch DPI.

Dua thumb button (back/forward) ditempatkan mendekati tombol utama untuk memberikan ruang bagi trackball. Uniknya lagi, sisi kiri MX Ergo dapat ditinggikan hingga 20 derajat, memungkinkan kita mencari posisi paling nyaman. Logitech mengklaim, desain MX Ergo mampu mengurangi ketegangan otot tangan hingga 20 persen dibanding mouse biasa. Selanjutnya, Anda bisa mengubah level akurasi dan kecepatan via tombol kecil di dekat trackball.

MX Ergo merupakan mouse wireless, dapat tersambung ke laptop via Bluetooth atau melalui dongle USB Logitech Unifying Receiver. Dengan begini, mouse bisa terkoneksi ke dua sistem sekaligus. Buat mendukung produktivitas, MX Ergo juga dibekali teknologi Logitech FLOW, memungkinkan kita meng-copy dan paste teks, gambar serta file dari satu PC ke PC lain.

Logitech memanfaatkan sensor optik dengan sensitivitas 320-440DPI sebagai jantung dari MX Ergo, lalu memastikan tombolnya bisa bekerja normal hingga 10 juta kali klik. Port microUSB di sana berfungsi untuk charging baterai, dan melalui satu kali proses isi ulang, baterai 500mAh-nya bisa menjaga mouse tetap aktif hingga empat bulan. MX Ergo terhubung ke PC lewat teknologi wireless 2,4GHz, memiliki jarak maksimal pemakaian sejauh 10-meter.

Rencananya MX Ergo akan mulai dipasarkan di bulan September 2017 ini. Untuk segala kenyamanan yang ditawarkanya, Logitech menjajakan produk tersebut di harga yang masuk akal, yakni US$ 100.

Sumber: Logitech.