25 September 2017

by Bambang Winarso

Asus Chromebook Flip C101 Mulai Dijajakan

Asus Chromebook Flip C101 masih membawa layar yang sama, namun dengan peningkatan prosesor dan mendukung aplikasi Android

Asus Flip C100 mendapatkan generasi penerus yang diberi nama Chromebook Flip C101. Seperti pendahulunya, Asus Chromebook Flip C101 mempunyai penampang layar selebar 10,1 yang notabene jelas lebih kecil ketimbang model C302 yang diluncurkan belum lama ini.

Menandai debutnya, Asus Chromebook Flip C101 kini sudah menampakkan diri di situs Asus AS dan juga toko retail Amazon dengan banderol $299. Dengan banderol segitu, jelas notebook ini dirancang untuk mereka yang membutuhkan laptop terjangkau untuk pemakaian normal sehari-hari namun dengan spesifikasi yang pantas.

Asus Chromebook Flip C101 membawa prosesor quad-core OP1 (ARM Rockchip 3399), terdiri dari dual-core Cortex A72 dan quad-core Cortex A53 dan co-prosesor NEON terpisah. Prosesor ini lebih baik dari pendahulunya yang menggunakan Rockchip 3288-C. Padanannya terdapat RAM sebesar 4GB yang juga ditemani memori internal seluas 16GB untuk berbagai keperluan penyimpanan.

Sisi desain merupakan elemen yang menonjol pada sosok Asus Chromebook Flip C101. Konsep desain convertible memungkinkan pengguna untuk mendapatkan sudut lipatan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan, seperti untuk membaca, bermain game, menonton film dan mengetik. Dengan penampang layar hanya 10,1 inci, sisi portabilitas jelas jadi keunggulan C101 ini, meskipun resolusi yang disuguhkan hanya 1280x800 piksel.

Ketersediaan USB tipe C di C101 semestinya menarik perhatian pengguna yang melek teknologi. Selain menawarkan banyak keunggulan dalam hal stabilitas, port ini juga memungkinkan perangkat memperoleh pasokan daya relatif lebih cepat ketimbang port konvensional lainnya. Kemudian hal terbaik lain yang ada di C101 adalah dukungan aplikasi Android di samping sistem operasi utamanya, Chrome OS. Dibalut metal dan juga mendukung input sentuhan, Asus Chromebook Flip C101 bisa menjadi perangkat pendukung produktivitas harian yang dapat diandalkan dan juga menyenangkan.

Sumber berita Asus dan Gizbot.