Dark
Light

Guide Claude Mobile Legends 2022: Skill, Item Build, Tips, dan Counter-nya

4 mins read
August 7, 2022

Claude merupakan salah satu hero marksman terlincah di Mobile Legends. Marksman ini sulit dikuasai karena ia sangat membutuhkan item dan lemah di early game. Namun, ketika ia bisa melakukan farm secara bebas, ia akan menjadi marksman yang mempunyai burst damage, DPS, serta mobilitas yang sangat tinggi.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari Claude secara detail, simak guide Claude Mobile Legends 2022 berikut.

Guide Claude Mobile Legends 2022

Image Credit: Moonton

Overview Gameplay Claude Mobile Legends

Claude adalah seorang marksman yang menyerang dengan senjata dan rekannya, Dexter. Ia memiliki skill yang bisa meningkatkan movement speed dan skill dash. Berkat skill set-nya yang lincah, Claude menjadi salah satu marksman yang bisa mengincar hero backline dengan mudah.

Seperti marksman pada umumnya, Claude memiliki damage yang tinggi di late game. Namun, Claude tidak mengandalkan item critical ataupun physical attack yang tinggi. Damage tinggi Claude berasal dari item yang memberikan efek unik terhadap basic attack, seperti Demon Hunter Sword dan Golden Staff. Ini karena skill pasif Claude yang membuatnya mengeluarkan dua basic attack.

Penjelasan Skill Claude Mobile Legends

Pasif: Battle Side-by-side

Dexter membantu Claude di setiap basic attack, memberikan physical damage kepada target yang sama. Serangan ini dapat mengaktifkan efek basic attack dari item lain.

Skill 1: Art of Thievery

Claude memancarkan gelombang penganggu ke arah yang ditentukan, memberikan physical damage kepada lawan dalam area berbentuk kipas dan mengurangi movement speed mereka sebesar 20% dan attack speed mereka sebesar 10%. Untuk setiap lawan yang terkena hit, Claude memperoleh 4% movement speed dan attack speed (Claude mendapat 2 stack jika skill ini mengenai hero lawan).

Skill 2: Battle Mirror Image

Claude menciptakan bayangan hologram Dexter di lokasi yang ditentukan. Hologram Dexter akan menyerang lawan di sekitarnya secara otomatis selama 5,5 detik. Basic attack dari hologram Dexter memberikan physical damage dan dapat mengaktifkan efek basic attack yang dimiliki Claude.

Selain itu, skill ini bisa digunakan kembali.

Gunakan kembali: Claude berganti tempat dengan hologram Dexter.

Ultimate: Blazing Duet

Claude dan Dexter menembak lawan di sekitarnya secara terus-menerus selama 3 detik. Jumlah tembakan berskala dengan attack speed Claude. Serangan ini dapat mengaktifkan efek basic attack dari item. Skill ini memberikan 300% damage kepada minion.

Selain itu, skill ini juga memberikan Claude shield yang berskala dengan atribut physical attack.

Prioritas Upgrade Skill: Blazing Duet -> Art of Thievery -> Battle Mirror Image

Untuk penjelasan skill Claude yang lebih detail, bisa Anda cek di game atau laman resmi Mobile Legends.

Emblem Claude Mobile Legends

Support Emblem — Avarice

Image Credit: Moonton

Karena Claude memiliki mana yang boros, ia sangat membutuhkan atribut mana regen. Emblem support merupakan emblem terbaik untuk mengatasi masalah ini. Tidak hanya mana regen, emblem support juga mempunyai talent yang bisa meningkatkan pemasukan gold Claude selain dari minion.

Battle Spell Claude Mobile Legends

Image Credit: Moonton

Tanpa menggunakan battle spell ofensif, Claude sudah memiliki burst damage maupun DPS yang sangat tinggi. Oleh karena itu, battle spell yang bisa meng-counter burst damage dan CC, seperti Flicker, Sprint, atau Purify lebih cocok untuk Claude.

Namun, jika lawan tidak memiliki hal tersebut, Anda bisa menggunakan Vengeance battle spell yang memantulkan damage serta memberikan penggunanya damage reduction. Dengan Vengeance, Claude dapat meningkatkan daya tahannya saat menggunakan ultimate.

Item Build Claude Mobile Legends

Image Credit: Moonton

1. Warrior Boots/Tough Boots

Warrior Boots dan Tough Boots merupakan sepatu yang wajib dibeli di awal game. Ini karena dua sepatu ini memiliki atribut defense yang lumayan di early dan mid game.

2. Demon Hunter Sword

Demon Hunter Sword merupakan item pertama yang wajib di-build Claude. Item ini esensial untuk Claude karena pasif uniknya yaitu Devour. Devour dapat diaktifkan oleh serangan Dexter. Selain itu, item ini juga meningkatkan sedikit atribut physical attack dan attack speed.

DevourBasic attack akan memberikan 9% dari HP target yang tersisa sebagai physical damage tambahan. Setiap basic attack memberikan 3% physical lifesteal selama 3 detik. Efek ini bisa di-stack hingga 5 kali.

3. Golden Staff

Cocok digabungkan dengan Demon Hunter Sword, Golden Staff merupakan item yang memiliki atribut attack speed serta physical attack. Item ini cocok dipakai bersama Demon Hunter Sword karena pasif uniknya yaitu Endless Strike: Setelah setiap 2 basic attack non-critical, attack speed dari basic attack berikutnya akan meningkat sebesar 100% dan efeknya akan aktif sebanyak 2 kali.

Dengan adanya Golden Staff, pasif unik Demon Hunter Sword dapat diaktifkan dua kali dalam satu basic attack.

4. Brute Force Breastplate/Corrosion Scythe

Claude menjadi sasaran yang empuk saat menggunakan ultimate-nya. Oleh karena itu, item defense seperti Brute Force Breastplate dapat menjadi pilihan yang bagus untuk Claude.

Brute Force Breastplate merupakan item defense yang bisa meningkatkan physical defense, magic defense, dan movement speed dengan pasif uniknya, Brute Force.

Namun, jika Anda ingin membuat item damage, Anda bisa mencoba Corrosion Scythe item physical yang memiliki kemampuan untuk memberikan efek Slow melalui basic attack. Selain itu, Corrosion Scythe juga memiliki atribut dan pasif unik yang meningkatkan attack speed.

5. Malefic Roar

Mempunyai atribut serta pasif unik yang memberikan atribut physical PEN, Malefic Roar menjadi item yang wajib di-build hero physical. Item ini sangat berguna untuk melawan hero yang mempunyai physical defense yang tinggi.

6. Immortality/Wind of Nature

Untuk slot terakhir, Claude dapat memakai item anti burst, seperti Immortality yang mampu memberikan hidup tambahan, atau Wind of Nature yang bisa membuat hero Anda kebal terhadap seluruh physical damage selama 2 detik.

Tips Claude Mobile Legends

1. Claude dapat memeriksa bush dengan kedua skill-nya, Art of Thievery dan Battle Image Mirror. Berkat hal tersebut, Claude bisa mencegah ambush dan gank dari lawan.

2. Claude bisa meng-clear lane dengan cepat menggunakan ultimate-nya. Jika Anda berhasil meng-clear lane lebih cepat dari lawan, Anda bisa melakukan roam dan mencari gold di lane lain atau recall untuk memulihkan HP dan mana.

Dengan metode ini, Claude bisa mendapatkan gold lebih cepat dan membuat Demon Hunter Sword di early atau mid game.

Counter Claude Mobile Legends

Image Credit: Moonton

Claude memiliki kelemahan yang sama seperti marksman lainnya, yaitu efek CC dan burst damage. Karena itu, hero yang memiliki efek CC target seperti Chou, Franco, dan Aurora dapat mematikan pergerakan lincah Claude dengan mudah.

Jika Anda lebih penasaran dengan hero Marksman yang lebih baru, kami juga sempat membuatkan panduan untuk Melissa. Atau, mungkin Anda lebih suka bermain dengan menggunakan Marksman yang tak kalah lincah dengan Claude? Anda bisa mencari tahu lebih jauh soal Wanwan.

Previous Story

Rainbow Six Mobile Sudah Buka Masa Pra-Registrasinya

Next Story

10 Game Pokémon Paling Populer Sepanjang Masa

Latest from Blog

Don't Miss

MPL ID Season 12 Week 5

3 Kejutan di MPL ID Season 12 Week 5: Geek Fam ID Sukses Tundukkan ONIC

Setelah selesainya MPL ID Season 12 Week 4, kini fase
MPL ID Season 12 Week 4

3 Hal Menarik di MPL ID Season 12 Week 4: ONIC Sang Juara Paruh Musim!

MPL ID Season 12 masih melanjutkan fase Regular Season tepatnya