12 June 2022

by Hans Thio

Guide Wanwan Mobile Legends 2022, Marksman Lincah yang META

"You can try to catch me!" - Wanwan

Inilah guide Wanwan Mobile Legends 2022 yang wajib Anda baca untuk memastikan kemenangan dengan Marksman super lincah ini.

Setelah mendapatkan buff beberapa patch yang lalu, Wanwan menjadi hero yang wajib di-ban di Draft Pick. Wanwan adalah marksman yang memiliki mobilitas serta damage yang tinggi. Akan tetapi, hero ini sulit untuk dikuasai karena pasif serta ultimate-nya yang rumit.

Untuk memaksimalkan potensi Wanwan, Anda wajib mengetahui combo skill, emblem, battle spell, dan build item terbaiknya. Oleh karena itu, seluruh hal tersebut akan dibahas di guide kali ini. Tanpa basa-basi lebih lanjut, mari kita simak guide Wanwan Mobile Legends 2022.

Guide Wanwan Mobile Legends 2022

Penjelasan Skill Wanwan

Image Credit: Moonton

Pasif: Tiger Pace

Setiap kali Wanwan memberikan damage, ia mengungkap Weakness dan posisi hero lawan selama 6 detik. Wanwan akan memberikan true damage ketika mengenai Weakness mereka dengan skill atau basic attack. Jika Wanwan mengenai semua Weakness target, ia akan meningkatkan damage yang diberikan kepada target sebesar 40% dalam 6 detik.

Saat menggunakan basic attack atau skill-nya, Wanwan dapat bergerak dalam jarak pendek. Kecepatan dari gerakan ini berskala dengan attack speed.

Skill 1: Swallow's Path

Wanwan melemparkan Fire Swallow ke arah yang telah ditentukan, memberikan physical damage kepada lawan di sepanjang jalurnya. Untuk setiap 0,5 detik, Wanwan mengambil Swallow Dagger dari Fire Swallow, memberikan physical damage kepada lawan di jalurnya, dan menyebabkan efek CC Slow kepada mereka sebesar 30% selama 1,5 detik. Musuh yang terkena Swallow Dagger dua kali akan terkena efek CC Stun selama 0,5 detik.

Skill 2: Needles in Flowers

Wanwan menghapus seluruh efek CC dari dirinya (tidak termasuk efek CC Suppress) dan melepaskan jarum mematikan yang memberikan physical damage kepada lawan yang berada di dekatnya.

Ultimate: Crossbow of Tang

Wanwan mengaktifkan crossbow-nya dan menembakkan panah yang memberikan physical damage kepada lawan selama 2.5 detik. Jika Wanwan mengeliminasi hero lawan dengan skill ini, ia akan beralih menyerang target lain, mengaktifkan crossbow-nya selama 1 detik tambahan, dan meningkatkan attack speed-nya sebesar 30% (maksimal 3 kali).

Akan tetapi, Crossbow of Tang hanya dapat digunakan ketika seluruh Weakness lawan terkena. Serangan ini dianggap sebagai basic attack. Jumlah panah yang ditembakkan berskala dengan attack speed-nya.

Prioritas LevelSkill: Crossbow of Tang -> Swallow's Path -> Needles in Flowers

Untuk penjelasan skill yang terperinci, bisa Anda lihat di game atau laman resmi MLBB.

Combo Skill Wanwan

Swallow's Path -> Basic Attack -> Crossbow of Tang

Damage utama dari hero Wanwan berasal dari basicattack dan ultimate-nya, Crossbow of Tang. Oleh karena itu, Wanwan hanya perlu mengaktifkan ultimate-nya untuk memberikan damage yang tinggi kepada hero lawan.

Emblem Wanwan

Marksman Emblem – Weakness Finder

Image Credit: Moonton

Weakness Finder adalah talent emblem marksman yang dapat mengurangi movement speed.Talent ini bisa membuat Wanwan mengenai semua Weakness lawan dengan lebih mudah. Selain itu, emblem marksman juga memiliki atribut attack speed yang dapat meningkatkan damageultimate Wanwan.

Battle Spell Wanwan

Image Credit: Moonton

Basic attack merupakan damage utama Wanwan. Oleh karena itu, Inspire merupakan battle spell yang cocok untuknya. Inspire dapat meningkatkan attack speed serta membuat basic attack memulihkan HP saat mengenai target.

Tidak hanya itu, karena ultimate-nya dianggap sebagai basic attack, Inspire juga bisa meningkatkan damage ultimate Wanwan.

Kelebihan dan Kekurangan Wanwan

Image Credit: Moonton

Lincah di Teamfight

Wanwan dapat bergerak dengan cepat menggunakan skill pasifnya, Tiger Pace. Ketika attack speed-nya bertambah, kecepatan dash Tiger Pace akan meningkat. Dash yang cepat ini membuat hero jarak dekat sulit untuk menyerang Wanwan.

Tidak hanya itu. Wanwan juga memiliki Needles in Flowersskill yang dapat menghapus efek CC, dan Crossbow of Tang, ultimate yang mampu membuat Wanwan kebal terhadap semua serangan.

Lemah terhadap Burst Damage

Meskipun Crossbow of Tang dapat membuat Wanwan kebal terhadap semua serangan, ultimate ini hanya bisa diaktifkan setelah mengenai seluruh Weakness lawan.

Karena itu, beberapa hero seperti Kagura, Eudora, dan Harley dapat meng-counter Wanwan dengan mengeliminasinya sebelum ia bisa menggunakan Crossbow of Tang.

Lemah di Early Game

Sama seperti marksman pada umumnya, Wanwan membutuhkan item untuk memberikan damage yang tinggi. Karenanya, Anda harus bermain secara pasif dan melakukan farm secara optimal di early game.

Build Item Wanwan

Image Credit: Moonton

Tidak seperti hero pada umumnya, Wanwan tidak memerlukan movement speed untuk meningkatkan mobilitasnya. Ini karena skill pasif Wanwan, Tiger Pace, memungkinkan Wanwan untuk bergerak lebih cepat dengan attack speed. Selain itu, jumlah panah yang dikeluarkan ultimate-nya juga berskala dengan attack speed.

Oleh karena itu, item yang dapat meningkatkan attack speed akan menjadi pilihan terbaik untuk memaksimalkan damage Wanwan.

1. Corrosion Scythe

Corrosion Scythe merupakan item pertama yang wajib di-build saat bermain Wanwan. Item ini memiliki atribut attack speed yang tinggi serta dua pasif unik yang cocok untuk Wanwan, Corrosion dan Impulse. Berikut penjelasan kedua pasif unik tersebut.

Corrosion: Basic attack akan mengurangi movement speed lawan sebesar 8% (efek berkurang menjadi setengah untuk basic attack jarak jauh) selama 1.5 detik. Efek ini bisa di-stack hingga 5 kali.

Impulse: Saat basic attack mengenai lawan, attack speed akan meningkat sebesar 8%. Efek ini dapat di-stack hingga 5 kali selama 3 detik.

2. Demon Hunter Sword

Demon Hunter Sword adalah item kedua yang wajib digunakan Wanwan. Item ini memiliki pasif unik yang memperkuat basic attack.

Devour: Basic attack akan memberikan 9% dari HP target yang tersisa sebagai physical damage tambahan (hingga 60 terhadap creep dan minion). Pasif unik ini juga membuat basic attack memberikan 3% physical lifesteal selama 3 detik. Efek ini dapat di-stack hingga 5 kali.

Dengan Demon Hunter Swordultimate Wanwan akan memberikan damage yang lebih tinggi kepada lawan yang masih mempunyai banyak HP.

3. Windtalker

Windtalker adalah salah satu item yang memiliki atribut attack speed tertinggi. Item ini sangat cocok untuk meningkatkan damage serta mobilitas Wanwan. Tidak hanya itu, Windtalker juga meningkatkan atribut criticalchance.

4. Wind of Nature/Item Defense

Karena atribut HP serta defense-nya yang rendah, Wanwan lemah terhadap burst damage. Salah satu cara untuk meng-counter tersebut adalah memakai item yang mampu menahan burst damage, seperti Wind of Nature atau item defense.

Wind of Nature merupakan item unik yang hanya efektif ketika digunakan hero marksman. Item ini memiliki skill aktif yaitu Wind Chant. WindChant akan membuat hero Anda kebal terhadap semua physical damage selama 2 detik. Skill aktif ini memiliki cooldown 70 detik.

5. Malefic Roar/Scarlet Phantom

Malefic Roar adalah item yang wajib digunakan ketika melawan tank atau hero yang memiliki banyak physical defense.

Namun, jika hero lawan memiliki physical defense yang rendah, Wanwan bisa menggunakan Scarlet Phantom untuk meningkatkan attack speed serta critical chance-nya.

6. Immortality

Saat memasuki late game, hero-hero lawan akan memiliki item penetration serta damage yang lebih tinggi. Oleh karena itu, Immortality merupakan item yang cocok untuk memperkuat daya tahan Wanwan.