Dark
Light

Pengguna X Premium Kini Bisa Gunakan Grok AI

1 min read
May 17, 2024
Grok AI merupakan AI chatbot di X.

Per 10 Mei 2024, pengguna X (dulu Twitter) di Indonesia sudah bisa menggunakan Grok AI, AI chatbot serupa Google Bard dan ChatGPT. Tab “Grok” akan muncul di sidebar X versi web, di baris yang sama dengan menu Home, Search, Notifications, dan Messages.

Secara global, Elon Musk mengumumkan peluncuran Grok 1.5 pada akhir Maret 2024. Ketika itu, Musk membanggakan bahwa Grok AI chatbot memiliki kemampuan yang lebih mumpuni dari semua chatbot yang ada. 

Satu hal yang membedakan Grok 1.5 dari kebanyakan AI chatbot lain adalah Grok memiliki dua mode: Fun dan Regular. Dalam mode Regular, Grok akan memberikan jawaban dari pertanyaan pengguna dengan sopan. Sementara dalam mode Fun, Grok akan memberikan jawaban dengan gaya bicara yang lebih humoris dan sarkastis, menurut laporan dari LiveMint

Kemampuan Grok AI untuk bisa memberikan jawaban yang lebih humoris adalah berkat Large Language Model (LLM) Grok-1. Menurut laporan Kompas, inspirasi di balik LLM tersebut adalah JARVIS, model AI dalam film seri Iron Man dan novel The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy. 

The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy jadi salah satu inspirasi dari Grok AI. | Sumber: Hotstar

X menjelaskan, Grok memiliki informasi hingga September 2023. Jadi, jika Anda memberikan pertanyaan akan kejadian yang terjadi setelah itu, Grok mungkin tidak akan bisa menjawab. 

Selain menjawab pertanyaan pengguna seperti kebanyakan AI chatbot, Grok juga akan bisa membuat ringkasan dari unggahan yang populer di X. Pengguna bisa mengakses ringkasan ini di Grok’s Stories. Grok juga memiliki fungsi untuk memberikan akses data X secara real-time pada pengguna. 

Sayangnya, Grok hanya bisa digunakan oleh subscriber X. Secara garis besar, X Premium punya tiga tier: Basic, Premium, dan Premium+. Untuk bisa mendapatkan akses ke Grok, Anda harus menjadi pengguna Premium atau Premium+. Sebagai perbandingan, biaya berlangganan untuk tier Basic adalah Rp33.750 per bulan, sementara Premium dihargai Rp 104.200 per bulan dan Premium+ Rp156.300 per bulan.

Header: Unsplash

Previous Story

ASUS ROG Hadirkan ROG Tessen, Kontroler Portabel untuk Smartphone

Next Story

Samsung Galaxy Users, Gunakan 4 Fitur Ini untuk Keamanan Data Anda

Latest from Blog

Don't Miss

Microsoft dan LinkedIn Sebut AI Sudah Memengaruhi Dunia Kerja di Seluruh Dunia

Bahkan Microsoft Corp dan LinkedIn berani menyebut bahwa AI kini
Pentingnya panduan penggunaan AI di ranah jurnalistik

Pentingnya Panduan Penggunaan AI di Ranah Jurnalistik

Pada 16 Agustus 2023, kantor berita nirlaba asal Amerika Serikat,